Branding Desa Wisata: Rebranding Desa Wisata Kembang Arum Sleman untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah di Bidang Pariwisata (Sebuh Penelitian)

Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Desa Wisata Kembang Arum terletak di Desa Donokerto Kec. Turi. Kab. Sleman, Yogyakarta dengan m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIBOWO
Format: Buku Teks
Language:Indonesian
Published: BP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39551
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Desa Wisata Kembang Arum terletak di Desa Donokerto Kec. Turi. Kab. Sleman, Yogyakarta dengan mengusung konsep wisata edukasi, dimana anak-anak bisa belajar tentang seni, budaya dan lingkungan alam. Buku ini merupakan hasil penelitian dan perancangan yang dilakukan sebelumnya. Obyek penelitiannya meliputi: rebranding (website, corporate identity program), menggali dan memperkenalkan kearifan lokal kegiatan kepada masyarakat, permainan tradisional, kesenian tradisional, penjualan produk kerajinan tradisional khas DIY, sign system lokasi, dan pelatihan manajemen/tata kelola event. Hasil penelitian yang dilakukan baik melalui wawancara dengan pejabat setempat, warga mauoun pengelola desa wisata menunjukkan bahwa masih perlu upaya rebranding (pembetukan citra yang kuat) bagi desa wisata tersebut. Prosedur kerjanya meliputi: (1) Melakukan media planning dan creative planning, (2) dilanjutkan denga aktivitas branding dan (3) merencanakan kegiatan.