Kajian Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Randai Salisiah Adaik Sebagai Materi Pembelajaran Seni Budaya Di Sma Kelas Xi Semester I

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan a) Struktur dan tekstur drama randai Salisiah Adaik. b) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya sebagai materi pembelajaran seni budaya di SMA kelas XI semester I khususnya seni drama. Penelitian ini merupakan penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YAMIN, Ash Habil
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39576
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan a) Struktur dan tekstur drama randai Salisiah Adaik. b) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya sebagai materi pembelajaran seni budaya di SMA kelas XI semester I khususnya seni drama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek naskah dan pertunjukan drama randai Salisiah Adaik. Subjek penelitian pertama, Struktur drama meliputi alur, karakter, latar, dan tema. Kedua, tekstur drama meliputi dialog, suasana, dan spektakel. Ketiga, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya. Waktu penelitian berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, mulai bulan Maret sampai dengan bulan April 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Valididasi data dilakukan dengan metode triangulasi dengan sumber dan metode. Analisis data yang dilakukan dalam penulisan ini analisis data interaktif. Analisis struktur drama meliputi alur, karakter, latar, dan tema. Alur drama dimulai dari tahap eksposisi, rangsangan, konflik, rumitan, klimaks, krisis, leraian, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam drama randai Salisiah Adaik adalah nilai-nilai pendidikan karakter religius (agama), cinta damai, kreatif, peduli lingkungan, semangat kebangsaan, toleransi, sosial (gotong royong dan mandiri) yang berguna bagi bahan ajar bagi guru siswa setingkat SMA untuk membentuk karakter siswa. Pelaksanaan program sekolah berupa pembiasaan budaya berkaitan dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan kepada peserta didik.