Pembelajaran Ansambel Musik Campuran Di SMP Negeri 5 Yogyakarta Sebagai Sarana Toleransi
Dalam penelitian ini, penulis menitik beratkan dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dengan materi ansambel sebagai sarana toleransi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tentang proses, permasalahan, dan sikap yang timbul ketika berlangsungnya pembelajaran ansambel musik campuran di dalam...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39578 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam penelitian ini, penulis menitik beratkan dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dengan materi ansambel sebagai sarana toleransi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tentang proses, permasalahan, dan sikap yang timbul ketika berlangsungnya pembelajaran ansambel musik campuran di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi tempat penelitian, tinjauan pustaka, dan dokumentasi. Format observasi dalam penelitian ini diambil dari kegiatan guru dan siswa. Kemudian dicatat dalam kegiatan lapangan dan dianalisis. Hasil akhir disesuaikan dengan indikator capaian penelitian. Pengalaman belajar siswa tentang ansambel musik campuran yang bertujuan pemahaman nilai toleransi. Dalam hal ini toleransi beragamalah yang menjadi poin penting. Karena sikap religius tidak hanya menjadi bahan penelitian, tetapi juga merupakan visi dan misi sekolah. Toleransi diambil dari 18 nilai karakter bangsa. Proses pembelajaran ansambel musik campuran menuntut para siswa untuk bekerja sama dengan anggota kelompoknya masing-masing. Hal ini yang menjadikan para siswa dapat saling bertoleransi. |
---|