Giyah Supanggah: Jejak Seniman Wayang Topeng Dalang Klaten
Penelitian ini tentang seorang seniman perempuan Giyah Supanggah. Iamerupakan seniman wayang topeng perempuan dalam kelompok wayang topengdalang Klaten. Ia keturunan dalang Mokaton (Somokaton), bernama Jaka PurwaPandaya putra dari Widhi Harsono. Giyah Supanggah diakui sebagai senimanserba bisa, kare...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S1 Seni Tari Jurusan Tari FSP ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39645 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini tentang seorang seniman perempuan Giyah Supanggah. Iamerupakan seniman wayang topeng perempuan dalam kelompok wayang topengdalang Klaten. Ia keturunan dalang Mokaton (Somokaton), bernama Jaka PurwaPandaya putra dari Widhi Harsono. Giyah Supanggah diakui sebagai senimanserba bisa, karena selain piawai menari topeng, ia juga seorang dalang wayangtopeng, dalang wayang kulit, pesinden dan pengrawit, bahkan juga bisa menatahdan menyungging (membuat wayang). Menurut cerita para tokoh seniman diKlaten, sekarang ini hanya Giyah yang menjadi dalang perempuan sekaliguspenari topeng di Kabupaten Klaten. Walaupun banyak dalang perempuan diKlaten hanya Giyah yang mampu menari topeng dan masuk dalam kelompokwayang topeng dalang.Penelitian ini akan menggunakan pendekatan biografi dan antropologi.Biografi merupakan bagian dari penulisan sejarah seseorang, secara fakta sosialkarena biografi juga menjelaskan permasalahan sebuah kebudayaan lokal baiktradisi maupun konsep kehidupan secara umum. Biografi menjelaskan riwayathidup seseorang yang memiliki peran penting bagi keberlangsungan karya atauide gagasan yang dapat bermanfaat untuk orang banyak dalam penjelasan secaraluas.Sosok Giyah Supanggah sebagai seorang dalang perempuan danpengalaman hidupnya dalam bergelut dan mempertahankan kesenian topengdalang sangat menarik untuk diteliti. Life history tidak hanya berisikan catatanhidup yang dilalui oleh seorang tokoh, namun pendekatan ini mampu menembuskonstruksi sosial dari sebuah pengalaman seseorang yang dapat menggambarkanrealitas sosial yang ada di dalam lingkungannya. Sosok Giyah mampumemerankan dan menguasai kesenian yang umumnya dilakukan oleh laki-laki,dengan teknik yang tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan. Giyahadalah dalang perempuan yang mampu mengangkat emansipasi wanita Jawapada masa sekarang. |
---|