Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian Dan Garap Kendhangan
Skripsi yang berjudul “Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian dan Garap Kendhangan” ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan pola penyajian dan garap kendhangan Tari Sekar Pudyastuti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif an...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39663 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39663 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-396632019-02-21T09:19:13Z Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian Dan Garap Kendhangan MEGAWATI, Annisa Sari kendhangan sekar pudyastuti Karawitan FSP ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39663 KW/Meg/k/2018 Skripsi yang berjudul “Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian dan Garap Kendhangan” ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan pola penyajian dan garap kendhangan Tari Sekar Pudyastuti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis struktur penyajian, bentuk gending, dan pola kendhangan yang digunakan dalam penyajian Tari Sekar Pudyastuti. Tari Sekar Pudyastuti merupakan sebuah tari klasik gaya Yogyakarta karya K.R.T. Sasmintadipura yang diciptakan pada tahun 1979, yang berfungsi sebagai tari permohonan dan berkembang menjadi tari penyambutan. Penyajian Karawitan Tari Sekar Pudyastuti diawali dengan Lagon Jugag Laras Pelog Pathet Barang yang digunakan untuk mengiringi kapang-kapang majeng dan dilanjutkan dengan Ladrang Srikaton Mataram, kemudian Bawa Sekar Kinanthi Mangu, Ladrang Mugirahayu, kembali ke Ladrang Srikaton Mataram, serta diakhiri dengan Lagon Jugag Laras Pelog Pathet Barang untuk mengiringi kapang-kapang mundur. Sebagai iringan tari tunggal, Karawitan Tari Sekar Pudyastuti memiliki keunikan, satu tari yang menggunakan iringan dua gending bentuk yang sama yaitu bentuk ladrang. Hasil kesimpulan diperoleh bahwa garap kendhangan Tari Sekar Pudyastuti disesuaikan dengan struktur dan pola gerak tarinya yang merupakan pengembangan dari pola gerak dasar tari putri gaya Yogyakarta. Hal ini dapat diketahui dari sedikitnya sekaran kendhangan uyon-uyon yang diadopsi ke dalam Tari Sekar Pudyastuti meskipun bentuk dan struktur penyajiannya banyak persamaan dengan garap uyon-uyon. Yogyakarta xiv, 106 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
kendhangan sekar pudyastuti Karawitan NONE |
spellingShingle |
kendhangan sekar pudyastuti Karawitan NONE MEGAWATI, Annisa Sari Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian Dan Garap Kendhangan |
description |
Skripsi yang berjudul “Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian dan Garap Kendhangan” ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan pola penyajian dan garap kendhangan Tari Sekar Pudyastuti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis struktur penyajian, bentuk gending, dan pola kendhangan yang digunakan dalam penyajian Tari Sekar Pudyastuti. Tari Sekar Pudyastuti merupakan sebuah tari klasik gaya Yogyakarta karya K.R.T. Sasmintadipura yang diciptakan pada tahun 1979, yang berfungsi sebagai tari permohonan dan berkembang menjadi tari penyambutan. Penyajian Karawitan Tari Sekar Pudyastuti diawali dengan Lagon Jugag Laras Pelog Pathet Barang yang digunakan untuk mengiringi kapang-kapang majeng dan dilanjutkan dengan Ladrang Srikaton Mataram, kemudian Bawa Sekar Kinanthi Mangu, Ladrang Mugirahayu, kembali ke Ladrang Srikaton Mataram, serta diakhiri dengan Lagon Jugag Laras Pelog Pathet Barang untuk mengiringi kapang-kapang mundur. Sebagai iringan tari tunggal, Karawitan Tari Sekar Pudyastuti memiliki keunikan, satu tari yang menggunakan iringan dua gending bentuk yang sama yaitu bentuk ladrang. Hasil kesimpulan diperoleh bahwa garap kendhangan Tari Sekar Pudyastuti disesuaikan dengan struktur dan pola gerak tarinya yang merupakan pengembangan dari pola gerak dasar tari putri gaya Yogyakarta. Hal ini dapat diketahui dari sedikitnya sekaran kendhangan uyon-uyon yang diadopsi ke dalam Tari Sekar Pudyastuti meskipun bentuk dan struktur penyajiannya banyak persamaan dengan garap uyon-uyon. |
format |
Tugas Akhir |
author |
MEGAWATI, Annisa Sari |
author_facet |
MEGAWATI, Annisa Sari |
author_sort |
MEGAWATI, Annisa Sari |
title |
Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian Dan Garap Kendhangan |
title_short |
Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian Dan Garap Kendhangan |
title_full |
Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian Dan Garap Kendhangan |
title_fullStr |
Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian Dan Garap Kendhangan |
title_full_unstemmed |
Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya K.R.T. Sasmintadipura: Struktur Penyajian Dan Garap Kendhangan |
title_sort |
karawitan tari sekar pudyastuti karya k.r.t. sasmintadipura: struktur penyajian dan garap kendhangan |
publisher |
FSP ISI Yk. |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39663 |
_version_ |
1741201131896307712 |