Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya

Di zaman modern seperti saat ini, persaingan antar daerah di Indonesia dalam mempromosikan potensi wilayahnya semakin gencar saja. Banyak di antara daerah tersebut telah melakukan upaya branding yang bertujuan untuk membangun citra serta memperkenalkan potensi daerah masing-masing kepada masyarakat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ISMOYO, Sindu Lintang
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39760
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-39760
record_format oai_dc
spelling isilib-397602019-03-12T09:55:55Z Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya ISMOYO, Sindu Lintang Temanggung, City Branding, Identitas Visual, Wisat Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39760 DK/Ism/p/2019 Di zaman modern seperti saat ini, persaingan antar daerah di Indonesia dalam mempromosikan potensi wilayahnya semakin gencar saja. Banyak di antara daerah tersebut telah melakukan upaya branding yang bertujuan untuk membangun citra serta memperkenalkan potensi daerah masing-masing kepada masyarakat luas. Akan tetapi, Kabupaten Temanggung sendiri saat ini masih belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum ada arahan, atau identitas visual yang seharusnya dimiliki ketika hendak melakukan kegiatan promosi.Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi Kabupaten Temanggung untuk ikut merancang sebuah identitas visual yang jelas dan dapat merepresentasikan potensi yang ada. Apalagi mengingat Kabupaten Temanggung termasuk daerah yang memiliki kekayaan wisata alam dan budaya, serta berada di lokasi strategis karena letaknya tepat di tengah-tengah propinsi Jawa Tengah. Tentunya Temanggung memiliki potensi besar apabila digarap dengan baik. Berangkat dari hal tersebut, penulis kemudian mengupayakan sebuah rancangan yang menarik sebagai wujud perancangan brand atau identitas visual yang jelas bagi Temanggung. Dalam hal ini, perancangan diwujudkan dalam Perancangan City Branding. City Branding dapat menciptakan satu merek atau identitas visual untuk kota sehingga dapat menjadi nilai jual bagi para masyarakat maupun pendatang.Metode perancangan yang digunakan yaitu analisis SWOT. Pada metode analisis SWOT menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Kabupaten Temanggung. Metode perancangannya dimulai dari tahap pengumpulan data, melakukan studi visual dan studi kasus di Kabupaten Temanggung, yang kemudian barulah dibuat konsep dan diwujudkan menjadi sebuah rancangan identitas visual beserta promosi yang jelas bagi Kabupaten Temanggung. Yogyakarta xix + 230 hal.; ilus.: 30 cm DK/Ism/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Temanggung, City Branding, Identitas Visual, Wisat
DK/Ism/p/2019
spellingShingle Temanggung, City Branding, Identitas Visual, Wisat
DK/Ism/p/2019
ISMOYO, Sindu Lintang
Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya
description Di zaman modern seperti saat ini, persaingan antar daerah di Indonesia dalam mempromosikan potensi wilayahnya semakin gencar saja. Banyak di antara daerah tersebut telah melakukan upaya branding yang bertujuan untuk membangun citra serta memperkenalkan potensi daerah masing-masing kepada masyarakat luas. Akan tetapi, Kabupaten Temanggung sendiri saat ini masih belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum ada arahan, atau identitas visual yang seharusnya dimiliki ketika hendak melakukan kegiatan promosi.Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi Kabupaten Temanggung untuk ikut merancang sebuah identitas visual yang jelas dan dapat merepresentasikan potensi yang ada. Apalagi mengingat Kabupaten Temanggung termasuk daerah yang memiliki kekayaan wisata alam dan budaya, serta berada di lokasi strategis karena letaknya tepat di tengah-tengah propinsi Jawa Tengah. Tentunya Temanggung memiliki potensi besar apabila digarap dengan baik. Berangkat dari hal tersebut, penulis kemudian mengupayakan sebuah rancangan yang menarik sebagai wujud perancangan brand atau identitas visual yang jelas bagi Temanggung. Dalam hal ini, perancangan diwujudkan dalam Perancangan City Branding. City Branding dapat menciptakan satu merek atau identitas visual untuk kota sehingga dapat menjadi nilai jual bagi para masyarakat maupun pendatang.Metode perancangan yang digunakan yaitu analisis SWOT. Pada metode analisis SWOT menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Kabupaten Temanggung. Metode perancangannya dimulai dari tahap pengumpulan data, melakukan studi visual dan studi kasus di Kabupaten Temanggung, yang kemudian barulah dibuat konsep dan diwujudkan menjadi sebuah rancangan identitas visual beserta promosi yang jelas bagi Kabupaten Temanggung.
format Tugas Akhir
author ISMOYO, Sindu Lintang
author_facet ISMOYO, Sindu Lintang
author_sort ISMOYO, Sindu Lintang
title Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya
title_short Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya
title_full Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya
title_fullStr Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya
title_full_unstemmed Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya
title_sort perancangan city branding kabupaten temanggung sebagai destinasi wisata alam dan budaya
publisher Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39760
_version_ 1741201151151308800