Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya
Di zaman modern seperti saat ini, persaingan antar daerah di Indonesia dalam mempromosikan potensi wilayahnya semakin gencar saja. Banyak di antara daerah tersebut telah melakukan upaya branding yang bertujuan untuk membangun citra serta memperkenalkan potensi daerah masing-masing kepada masyarakat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39760 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39760 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-397602019-03-12T09:55:55Z Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya ISMOYO, Sindu Lintang Temanggung, City Branding, Identitas Visual, Wisat Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39760 DK/Ism/p/2019 Di zaman modern seperti saat ini, persaingan antar daerah di Indonesia dalam mempromosikan potensi wilayahnya semakin gencar saja. Banyak di antara daerah tersebut telah melakukan upaya branding yang bertujuan untuk membangun citra serta memperkenalkan potensi daerah masing-masing kepada masyarakat luas. Akan tetapi, Kabupaten Temanggung sendiri saat ini masih belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum ada arahan, atau identitas visual yang seharusnya dimiliki ketika hendak melakukan kegiatan promosi.Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi Kabupaten Temanggung untuk ikut merancang sebuah identitas visual yang jelas dan dapat merepresentasikan potensi yang ada. Apalagi mengingat Kabupaten Temanggung termasuk daerah yang memiliki kekayaan wisata alam dan budaya, serta berada di lokasi strategis karena letaknya tepat di tengah-tengah propinsi Jawa Tengah. Tentunya Temanggung memiliki potensi besar apabila digarap dengan baik. Berangkat dari hal tersebut, penulis kemudian mengupayakan sebuah rancangan yang menarik sebagai wujud perancangan brand atau identitas visual yang jelas bagi Temanggung. Dalam hal ini, perancangan diwujudkan dalam Perancangan City Branding. City Branding dapat menciptakan satu merek atau identitas visual untuk kota sehingga dapat menjadi nilai jual bagi para masyarakat maupun pendatang.Metode perancangan yang digunakan yaitu analisis SWOT. Pada metode analisis SWOT menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Kabupaten Temanggung. Metode perancangannya dimulai dari tahap pengumpulan data, melakukan studi visual dan studi kasus di Kabupaten Temanggung, yang kemudian barulah dibuat konsep dan diwujudkan menjadi sebuah rancangan identitas visual beserta promosi yang jelas bagi Kabupaten Temanggung. Yogyakarta xix + 230 hal.; ilus.: 30 cm DK/Ism/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Temanggung, City Branding, Identitas Visual, Wisat DK/Ism/p/2019 |
spellingShingle |
Temanggung, City Branding, Identitas Visual, Wisat DK/Ism/p/2019 ISMOYO, Sindu Lintang Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya |
description |
Di zaman modern seperti saat ini, persaingan antar daerah di Indonesia dalam mempromosikan potensi wilayahnya semakin gencar saja. Banyak di antara daerah tersebut telah melakukan upaya branding yang bertujuan untuk membangun citra serta memperkenalkan potensi daerah masing-masing kepada masyarakat luas. Akan tetapi, Kabupaten Temanggung sendiri saat ini masih belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum ada arahan, atau identitas visual yang seharusnya dimiliki ketika hendak melakukan kegiatan promosi.Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi Kabupaten Temanggung untuk ikut merancang sebuah identitas visual yang jelas dan dapat merepresentasikan potensi yang ada. Apalagi mengingat Kabupaten Temanggung termasuk daerah yang memiliki kekayaan wisata alam dan budaya, serta berada di lokasi strategis karena letaknya tepat di tengah-tengah propinsi Jawa Tengah. Tentunya Temanggung memiliki potensi besar apabila digarap dengan baik. Berangkat dari hal tersebut, penulis kemudian mengupayakan sebuah rancangan yang menarik sebagai wujud perancangan brand atau identitas visual yang jelas bagi Temanggung. Dalam hal ini, perancangan diwujudkan dalam Perancangan City Branding. City Branding dapat menciptakan satu merek atau identitas visual untuk kota sehingga dapat menjadi nilai jual bagi para masyarakat maupun pendatang.Metode perancangan yang digunakan yaitu analisis SWOT. Pada metode analisis SWOT menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Kabupaten Temanggung. Metode perancangannya dimulai dari tahap pengumpulan data, melakukan studi visual dan studi kasus di Kabupaten Temanggung, yang kemudian barulah dibuat konsep dan diwujudkan menjadi sebuah rancangan identitas visual beserta promosi yang jelas bagi Kabupaten Temanggung. |
format |
Tugas Akhir |
author |
ISMOYO, Sindu Lintang |
author_facet |
ISMOYO, Sindu Lintang |
author_sort |
ISMOYO, Sindu Lintang |
title |
Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya |
title_short |
Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya |
title_full |
Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya |
title_fullStr |
Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya |
title_full_unstemmed |
Perancangan City Branding Kabupaten Temanggung Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya |
title_sort |
perancangan city branding kabupaten temanggung sebagai destinasi wisata alam dan budaya |
publisher |
Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39760 |
_version_ |
1741201151151308800 |