Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar
Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta patung tradisi sebagai patung yang disakralkan masih ada saat ini dan mengalami perubahan bentuk serta gaya. Gunjiar pematung tradisional yang tinggal di desa Krebet masih memegang nilai-nilai kesakralan sebagai perwujudan bentuk patung sepasang penganti...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39763 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39763 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-397632019-03-12T11:57:57Z Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar SUPONO Gunjiar, patung loro blonyo paes, Yogyakarta PPS ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39763 TES/SP/Sup/p/2019 Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta patung tradisi sebagai patung yang disakralkan masih ada saat ini dan mengalami perubahan bentuk serta gaya. Gunjiar pematung tradisional yang tinggal di desa Krebet masih memegang nilai-nilai kesakralan sebagai perwujudan bentuk patung sepasang pengantin dengan pakaian adat Jawa yang duduk berdampingan lengkap dengan segala atribut dan aksesoris yang melekat pada patung tersebut yang disebut loro blonyo paes. Loro blonyo paes merupakan simbol kerukunan pasangan suami istri dalam berumah tangga dan kesuburan.Perwujudan bentuk patung loro blonyo paes Yogyakarta karya Gunjiar terdiri atas tiga bagian yaitu: pertama bagian kepala, kedua bagian tengah badan dan anggota tubuh lainnya meliputi kedua tangan dan ketiga bagian bawah meliputi kedua kaki sekaligus sebagai dasar atau pondasi. Patung loro blonyo paes Yogyakarta karya Gunjiar untuk ukuran laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan, dalam bahasa seni patung proporsi anatomi diperhitungkan dalam pembuatan kebentukan model. Posisi laki-laki dengan sikap duduk bersila dan perempuan duduk dengan sikap duduk timpuh, badan agak condong ke depan, hal ini adanya gerak atau gestur pada bentuk patung tersebut. Dengan posisi kedua kepala tegap pandangan mata lurus kedepan sehingga kesan patung loro blonyo paes Yogyakarta terlihat realis.Makna patung loro blonyo paes Yogyakarta Gunjiar memegang teguh idealis dalam berkarya tidak merubah dan masih menjaga nilai-nilai kesakralannya sebagai patung tradisi. Gunjiar memiliki sudut pandang setiap hasil karya apapun mempunyai kekuatan yang diberikan Tuhan, sehingga dalam konsep kreatif berkarya memegang teguh keyakinan sebagai orang Jawa yang memiliki laku spiritual. Gunjiar meyakini perwujudan bentuk patung loro blonyo paes Yogyakarta memiliki kekuatan roh. Dalam konsep berkarya bagi Gunjiar adalah bentuk ibadah kepada Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta isinya dengan segala misteri di dalamnya. Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta merupakan patung tradisi yang disakralkan dan diharapkan menjadi sebuah identitas Kota Yogyakarta. Yogyakarta xii + 103 hal.; ilus.: 30 cm TES/SP/Sup/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Gunjiar, patung loro blonyo paes, Yogyakarta TES/SP/Sup/p/2019 |
spellingShingle |
Gunjiar, patung loro blonyo paes, Yogyakarta TES/SP/Sup/p/2019 SUPONO Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar |
description |
Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta patung tradisi sebagai patung yang disakralkan masih ada saat ini dan mengalami perubahan bentuk serta gaya. Gunjiar pematung tradisional yang tinggal di desa Krebet masih memegang nilai-nilai kesakralan sebagai perwujudan bentuk patung sepasang pengantin dengan pakaian adat Jawa yang duduk berdampingan lengkap dengan segala atribut dan aksesoris yang melekat pada patung tersebut yang disebut loro blonyo paes. Loro blonyo paes merupakan simbol kerukunan pasangan suami istri dalam berumah tangga dan kesuburan.Perwujudan bentuk patung loro blonyo paes Yogyakarta karya Gunjiar terdiri atas tiga bagian yaitu: pertama bagian kepala, kedua bagian tengah badan dan anggota tubuh lainnya meliputi kedua tangan dan ketiga bagian bawah meliputi kedua kaki sekaligus sebagai dasar atau pondasi. Patung loro blonyo paes Yogyakarta karya Gunjiar untuk ukuran laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan, dalam bahasa seni patung proporsi anatomi diperhitungkan dalam pembuatan kebentukan model. Posisi laki-laki dengan sikap duduk bersila dan perempuan duduk dengan sikap duduk timpuh, badan agak condong ke depan, hal ini adanya gerak atau gestur pada bentuk patung tersebut. Dengan posisi kedua kepala tegap pandangan mata lurus kedepan sehingga kesan patung loro blonyo paes Yogyakarta terlihat realis.Makna patung loro blonyo paes Yogyakarta Gunjiar memegang teguh idealis dalam berkarya tidak merubah dan masih menjaga nilai-nilai kesakralannya sebagai patung tradisi. Gunjiar memiliki sudut pandang setiap hasil karya apapun mempunyai kekuatan yang diberikan Tuhan, sehingga dalam konsep kreatif berkarya memegang teguh keyakinan sebagai orang Jawa yang memiliki laku spiritual. Gunjiar meyakini perwujudan bentuk patung loro blonyo paes Yogyakarta memiliki kekuatan roh. Dalam konsep berkarya bagi Gunjiar adalah bentuk ibadah kepada Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta isinya dengan segala misteri di dalamnya. Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta merupakan patung tradisi yang disakralkan dan diharapkan menjadi sebuah identitas Kota Yogyakarta. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SUPONO |
author_facet |
SUPONO |
author_sort |
SUPONO |
title |
Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar |
title_short |
Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar |
title_full |
Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar |
title_fullStr |
Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar |
title_full_unstemmed |
Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar |
title_sort |
patung loro blonyo paes yogyakarta subjektivitas dalam konsep kreatif gunjiar |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39763 |
_version_ |
1741201151712296960 |