Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar

Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta patung tradisi sebagai patung yang disakralkan masih ada saat ini dan mengalami perubahan bentuk serta gaya. Gunjiar pematung tradisional yang tinggal di desa Krebet masih memegang nilai-nilai kesakralan sebagai perwujudan bentuk patung sepasang penganti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUPONO
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39763
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-39763
record_format oai_dc
spelling isilib-397632019-03-12T11:57:57Z Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar SUPONO Gunjiar, patung loro blonyo paes, Yogyakarta PPS ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39763 TES/SP/Sup/p/2019 Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta patung tradisi sebagai patung yang disakralkan masih ada saat ini dan mengalami perubahan bentuk serta gaya. Gunjiar pematung tradisional yang tinggal di desa Krebet masih memegang nilai-nilai kesakralan sebagai perwujudan bentuk patung sepasang pengantin dengan pakaian adat Jawa yang duduk berdampingan lengkap dengan segala atribut dan aksesoris yang melekat pada patung tersebut yang disebut loro blonyo paes. Loro blonyo paes merupakan simbol kerukunan pasangan suami istri dalam berumah tangga dan kesuburan.Perwujudan bentuk patung loro blonyo paes Yogyakarta karya Gunjiar terdiri atas tiga bagian yaitu: pertama bagian kepala, kedua bagian tengah badan dan anggota tubuh lainnya meliputi kedua tangan dan ketiga bagian bawah meliputi kedua kaki sekaligus sebagai dasar atau pondasi. Patung loro blonyo paes Yogyakarta karya Gunjiar untuk ukuran laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan, dalam bahasa seni patung proporsi anatomi diperhitungkan dalam pembuatan kebentukan model. Posisi laki-laki dengan sikap duduk bersila dan perempuan duduk dengan sikap duduk timpuh, badan agak condong ke depan, hal ini adanya gerak atau gestur pada bentuk patung tersebut. Dengan posisi kedua kepala tegap pandangan mata lurus kedepan sehingga kesan patung loro blonyo paes Yogyakarta terlihat realis.Makna patung loro blonyo paes Yogyakarta Gunjiar memegang teguh idealis dalam berkarya tidak merubah dan masih menjaga nilai-nilai kesakralannya sebagai patung tradisi. Gunjiar memiliki sudut pandang setiap hasil karya apapun mempunyai kekuatan yang diberikan Tuhan, sehingga dalam konsep kreatif berkarya memegang teguh keyakinan sebagai orang Jawa yang memiliki laku spiritual. Gunjiar meyakini perwujudan bentuk patung loro blonyo paes Yogyakarta memiliki kekuatan roh. Dalam konsep berkarya bagi Gunjiar adalah bentuk ibadah kepada Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta isinya dengan segala misteri di dalamnya. Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta merupakan patung tradisi yang disakralkan dan diharapkan menjadi sebuah identitas Kota Yogyakarta. Yogyakarta xii + 103 hal.; ilus.: 30 cm TES/SP/Sup/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Gunjiar, patung loro blonyo paes, Yogyakarta
TES/SP/Sup/p/2019
spellingShingle Gunjiar, patung loro blonyo paes, Yogyakarta
TES/SP/Sup/p/2019
SUPONO
Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar
description Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta patung tradisi sebagai patung yang disakralkan masih ada saat ini dan mengalami perubahan bentuk serta gaya. Gunjiar pematung tradisional yang tinggal di desa Krebet masih memegang nilai-nilai kesakralan sebagai perwujudan bentuk patung sepasang pengantin dengan pakaian adat Jawa yang duduk berdampingan lengkap dengan segala atribut dan aksesoris yang melekat pada patung tersebut yang disebut loro blonyo paes. Loro blonyo paes merupakan simbol kerukunan pasangan suami istri dalam berumah tangga dan kesuburan.Perwujudan bentuk patung loro blonyo paes Yogyakarta karya Gunjiar terdiri atas tiga bagian yaitu: pertama bagian kepala, kedua bagian tengah badan dan anggota tubuh lainnya meliputi kedua tangan dan ketiga bagian bawah meliputi kedua kaki sekaligus sebagai dasar atau pondasi. Patung loro blonyo paes Yogyakarta karya Gunjiar untuk ukuran laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan, dalam bahasa seni patung proporsi anatomi diperhitungkan dalam pembuatan kebentukan model. Posisi laki-laki dengan sikap duduk bersila dan perempuan duduk dengan sikap duduk timpuh, badan agak condong ke depan, hal ini adanya gerak atau gestur pada bentuk patung tersebut. Dengan posisi kedua kepala tegap pandangan mata lurus kedepan sehingga kesan patung loro blonyo paes Yogyakarta terlihat realis.Makna patung loro blonyo paes Yogyakarta Gunjiar memegang teguh idealis dalam berkarya tidak merubah dan masih menjaga nilai-nilai kesakralannya sebagai patung tradisi. Gunjiar memiliki sudut pandang setiap hasil karya apapun mempunyai kekuatan yang diberikan Tuhan, sehingga dalam konsep kreatif berkarya memegang teguh keyakinan sebagai orang Jawa yang memiliki laku spiritual. Gunjiar meyakini perwujudan bentuk patung loro blonyo paes Yogyakarta memiliki kekuatan roh. Dalam konsep berkarya bagi Gunjiar adalah bentuk ibadah kepada Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta isinya dengan segala misteri di dalamnya. Perwujudan patung loro blonyo paes Yogyakarta merupakan patung tradisi yang disakralkan dan diharapkan menjadi sebuah identitas Kota Yogyakarta.
format Tugas Akhir
author SUPONO
author_facet SUPONO
author_sort SUPONO
title Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar
title_short Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar
title_full Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar
title_fullStr Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar
title_full_unstemmed Patung Loro Blonyo Paes Yogyakarta Subjektivitas dalam Konsep Kreatif Gunjiar
title_sort patung loro blonyo paes yogyakarta subjektivitas dalam konsep kreatif gunjiar
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39763
_version_ 1741201151712296960