Perancangan Typeface Tapis Terinspirasi Dari Kain Tapis Lampung
Kain Tapis Lampung merupakan kain tenun yang diperindah dengan sulaman benang emas yang sarat dengan nilai kearifan lokal masyarakat Lampung. Karakteristik visual yang terdapat dalam ornamen dan ragam motif pada puluhan jenis kain Tapis menjadi potensial sebagai sumber ide perancangan typeface yang...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39774 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39774 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-397742019-03-14T08:53:58Z Perancangan Typeface Tapis Terinspirasi Dari Kain Tapis Lampung HARJA, Juvicho Tapis typeface desain komunikasi visual FSR ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39774 DK/Har/p/2018 Kain Tapis Lampung merupakan kain tenun yang diperindah dengan sulaman benang emas yang sarat dengan nilai kearifan lokal masyarakat Lampung. Karakteristik visual yang terdapat dalam ornamen dan ragam motif pada puluhan jenis kain Tapis menjadi potensial sebagai sumber ide perancangan typeface yang memiliki identitas budaya Lampung. Dilakukan perancangan dengan metode penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data melalui studi literatur dan buku yang dimiliki oleh Museum Lampung ‘Ruwa Jurai’, observasi lapangan dan wawancara kepada beberapa pengrajin kain Tapis, serta studi typeface yang mengangkat kearifan lokal daerah sebagai ide perancangan, yang sudah ada sebelumnya sebagai sumber referensi. Pengrajin kain Tapis juga dilibatkan dalam perancangan typeface ini untuk merealisasikan gagasan pola huruf yang didapat setelah proses seleksi ragam motif kain Tapis dengan kriteria yaitu motif terpilih memiliki perpaduan kesan bentuk yang senada sebagai upaya memunculkan identitas visual motif Tapis yang otentik. Kriteria seleksi motif juga ditekankan pada motif yang sudah dikenal oleh masyarakat Lampung khususnya. Kesan yang muncul setelah didapatkan dua motif terpilih yaitu motif pucuk rebung dan kapal lesung adalah kesan tegas karena pola vertikal yang dominan dan mewah karena kilau benang emas yang kemudian disederhanakan menjadi ruang negatif dan positif menggunakan teori Gestalt dan prinsip pars prototo sebagai acuan. Kategori huruf pada perancangan ini display typeface dengan jenis huruf sans serif. Output perancangan ini berupa satu set huruf digitaldengan format ‘.ttf’. Diharapkan perancangan ini menjadi apresiasi positif dan memperkaya khasanah huruf dengan gagasan budaya Indonesia. Yogyakarta xvi, 102 hal.: ilus., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Tapis typeface desain komunikasi visual NONE |
spellingShingle |
Tapis typeface desain komunikasi visual NONE HARJA, Juvicho Perancangan Typeface Tapis Terinspirasi Dari Kain Tapis Lampung |
description |
Kain Tapis Lampung merupakan kain tenun yang diperindah dengan sulaman benang emas yang sarat dengan nilai kearifan lokal masyarakat Lampung. Karakteristik visual yang terdapat dalam ornamen dan ragam motif pada puluhan jenis kain Tapis menjadi potensial sebagai sumber ide perancangan typeface yang memiliki identitas budaya Lampung. Dilakukan perancangan dengan metode penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data melalui studi literatur dan buku yang dimiliki oleh Museum Lampung ‘Ruwa Jurai’, observasi lapangan dan wawancara kepada beberapa pengrajin kain Tapis, serta studi typeface yang mengangkat kearifan lokal daerah sebagai ide perancangan, yang sudah ada sebelumnya sebagai sumber referensi. Pengrajin kain Tapis juga dilibatkan dalam perancangan typeface ini untuk merealisasikan gagasan pola huruf yang didapat setelah proses seleksi ragam motif kain Tapis dengan kriteria yaitu motif terpilih memiliki perpaduan kesan bentuk yang senada sebagai upaya memunculkan identitas visual motif Tapis yang otentik. Kriteria seleksi motif juga ditekankan pada motif yang sudah dikenal oleh masyarakat Lampung khususnya. Kesan yang muncul setelah didapatkan dua motif terpilih yaitu motif pucuk rebung dan kapal lesung adalah kesan tegas karena pola vertikal yang dominan dan mewah karena kilau benang emas yang kemudian disederhanakan menjadi ruang negatif dan positif menggunakan teori Gestalt dan prinsip pars prototo sebagai acuan. Kategori huruf pada perancangan ini display typeface dengan jenis huruf sans serif. Output perancangan ini berupa satu set huruf digitaldengan format ‘.ttf’. Diharapkan perancangan ini menjadi apresiasi positif dan memperkaya khasanah huruf dengan gagasan budaya Indonesia. |
format |
Tugas Akhir |
author |
HARJA, Juvicho |
author_facet |
HARJA, Juvicho |
author_sort |
HARJA, Juvicho |
title |
Perancangan Typeface Tapis Terinspirasi Dari Kain Tapis Lampung |
title_short |
Perancangan Typeface Tapis Terinspirasi Dari Kain Tapis Lampung |
title_full |
Perancangan Typeface Tapis Terinspirasi Dari Kain Tapis Lampung |
title_fullStr |
Perancangan Typeface Tapis Terinspirasi Dari Kain Tapis Lampung |
title_full_unstemmed |
Perancangan Typeface Tapis Terinspirasi Dari Kain Tapis Lampung |
title_sort |
perancangan typeface tapis terinspirasi dari kain tapis lampung |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39774 |
_version_ |
1741201153841954816 |