Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm
Kosmetik adalah serangkaian produk yang fungsi dasarnya adalah merias, mempercantik, mengubah penampilan, memberi warna maupun dimensi. Saat ini dapat ditemukan pelbagai jenis kosmetik yang tersebar di pasaran luas, baik diperuntukkan bagi kaum perempuan maupun laki-laki. Hal tersebut mendorong prod...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39811 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39811 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-398112019-03-20T09:52:52Z Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm DEFI, Zintha Kemasan Analisis Wacana Kritis desain komunikasi visual FSR ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39811 DK/Def k/2018 Kosmetik adalah serangkaian produk yang fungsi dasarnya adalah merias, mempercantik, mengubah penampilan, memberi warna maupun dimensi. Saat ini dapat ditemukan pelbagai jenis kosmetik yang tersebar di pasaran luas, baik diperuntukkan bagi kaum perempuan maupun laki-laki. Hal tersebut mendorong produsen kosmetik untuk berlomba-lomba menonjolkan keunggulan produk agar dapat bersaing dalam kompetisi ritel Dalam kemunculannya theBalm cosmetics berhasil memupuk brand image dalam benak konsumen yaitu dengan menerapkan gaya visual desain retro pin up pada desain kemasannya. Namun beberapa diantaranya, terdapat figur maskulin yang mendominasi visual kemasan. Diasumsikan theBalm cosmetics memanfaatkan figur tersebut sebagai praktik komodifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, berupaya memaparkan representasi figur maskulin pada kemasan theBalm melalui teori analisis wacana kritis Teun A. van Dijk, dalam menganalisis menggunakan referensi teori desain kemasan, kemudian ditelaah menggunakan perspektif maskulinitas dan komodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya konten maskulin diterapkan pada kemasan theBalm. Nilai maskulin disisipkan dalam elemenelemen kemasan baik dalam elemen verbal maupun visual. Maskulinitas yang direpresentasikan dalam kemasan adalah maskulinitas yang diidealkan (hegemony masculinity) serta maskulinitas yang lebih lunak (soft masculinity). Penelitian ini membuktikan adanya praktik komodifikasi terhadap figur maskulin dimana figur tersebut sengaja dibubuhkan demi meraih keuntungan. Yogyakarta xiv, 119 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Kemasan Analisis Wacana Kritis desain komunikasi visual NONE |
spellingShingle |
Kemasan Analisis Wacana Kritis desain komunikasi visual NONE DEFI, Zintha Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm |
description |
Kosmetik adalah serangkaian produk yang fungsi dasarnya adalah merias, mempercantik, mengubah penampilan, memberi warna maupun dimensi. Saat ini dapat ditemukan pelbagai jenis kosmetik yang tersebar di pasaran luas, baik diperuntukkan bagi kaum perempuan maupun laki-laki. Hal tersebut mendorong produsen kosmetik untuk berlomba-lomba menonjolkan keunggulan produk agar dapat bersaing dalam kompetisi ritel Dalam kemunculannya theBalm cosmetics berhasil memupuk brand image dalam benak konsumen yaitu dengan menerapkan gaya visual desain retro pin up pada desain kemasannya. Namun beberapa diantaranya, terdapat figur maskulin yang mendominasi visual kemasan. Diasumsikan theBalm cosmetics memanfaatkan figur tersebut sebagai praktik komodifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, berupaya memaparkan representasi figur maskulin pada kemasan theBalm melalui teori analisis wacana kritis Teun A. van Dijk, dalam menganalisis menggunakan referensi teori desain kemasan, kemudian ditelaah menggunakan perspektif maskulinitas dan komodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya konten maskulin diterapkan pada kemasan theBalm. Nilai maskulin disisipkan dalam elemenelemen kemasan baik dalam elemen verbal maupun visual. Maskulinitas yang direpresentasikan dalam kemasan adalah maskulinitas yang diidealkan (hegemony masculinity) serta maskulinitas yang lebih lunak (soft masculinity). Penelitian ini membuktikan adanya praktik komodifikasi terhadap figur maskulin dimana figur tersebut sengaja dibubuhkan demi meraih keuntungan. |
format |
Tugas Akhir |
author |
DEFI, Zintha |
author_facet |
DEFI, Zintha |
author_sort |
DEFI, Zintha |
title |
Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm |
title_short |
Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm |
title_full |
Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm |
title_fullStr |
Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm |
title_full_unstemmed |
Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm |
title_sort |
kajian maskulinitas pada kemasan kosmetik : analisis wacana kritis terhadap kemasan produk kosmetik thebalm |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39811 |
_version_ |
1741201160762556416 |