Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 Di Surabaya Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak
Memberikan ajaran sejarah kepada anak-anak tentu tidaklah mudah, meskipun pada fase tersebut anak-anak cenderung mudah menyerap apa yang disampaikan, diperlukan media khusus agar anak-anak mudah tertarik dan ingin menelusurinya. Media buku ilustrasi sebagai wadah untuk menyampaikan sejarah kepada an...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39814 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39814 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-398142019-03-20T11:18:48Z Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 Di Surabaya Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak SEPTRYAWAN, Abi Ilustrasi sejarah desain komunikasi visual FSR ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39814 DK/Sep/p/2018 Memberikan ajaran sejarah kepada anak-anak tentu tidaklah mudah, meskipun pada fase tersebut anak-anak cenderung mudah menyerap apa yang disampaikan, diperlukan media khusus agar anak-anak mudah tertarik dan ingin menelusurinya. Media buku ilustrasi sebagai wadah untuk menyampaikan sejarah kepada anak-anak adalah media yang tepat. Buku ilustrasi selain mampu memberikan penjelasan sejarah secara detail, juga mampu memberikan gambaran berupa ilustrasi kepada anak-anak. Melalui buku ilustrasi, anak-anak juga akan lebih mudah mengingat peristiwa sejarah yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Memberikan informasi sejarah peristiwa dengan mempertimbangkan gaya gambar kartun, teknik digital painting, bahasa, warna dan lain-lain yang mampu menarik perhatian dan minat baca anak-anak terhadap sejarah, sehingga mampu memberikan interpretasi yang berbeda kepada anak-anak bahwa sejarah merupakan bidang ilmu yang menarik dan mampu menjadikannya sebagai media pembelajaran.“Perancangan Buku Ilustrasi tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 di Surabaya, sebagai Media Pembelajaran untuk Anak-Anak”, diharapkan mampu memberi wawasan terkait sejarah kepada anak-anak. Wawasan terkait sejarah diberikan sejak dini selain karena pada usia-usia tersebut anak-anak lebih mudah meresap, juga anak-anak selaku generasi penerus tetap harus melestarikan sejarah agar tetap terus terjaga dan menjadikan sejarah tersebut sebagai pembelajaran hingga di masa depan kelak. Yogyakarta xvii, 234 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Ilustrasi sejarah desain komunikasi visual NONE |
spellingShingle |
Ilustrasi sejarah desain komunikasi visual NONE SEPTRYAWAN, Abi Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 Di Surabaya Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak |
description |
Memberikan ajaran sejarah kepada anak-anak tentu tidaklah mudah, meskipun pada fase tersebut anak-anak cenderung mudah menyerap apa yang disampaikan, diperlukan media khusus agar anak-anak mudah tertarik dan ingin menelusurinya. Media buku ilustrasi sebagai wadah untuk menyampaikan sejarah kepada anak-anak adalah media yang tepat. Buku ilustrasi selain mampu memberikan penjelasan sejarah secara detail, juga mampu memberikan gambaran berupa ilustrasi kepada anak-anak. Melalui buku ilustrasi, anak-anak juga akan lebih mudah mengingat peristiwa sejarah yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Memberikan informasi sejarah peristiwa dengan mempertimbangkan gaya gambar kartun, teknik digital painting, bahasa, warna dan lain-lain yang mampu menarik perhatian dan minat baca anak-anak terhadap sejarah, sehingga mampu memberikan interpretasi yang berbeda kepada anak-anak bahwa sejarah merupakan bidang ilmu yang menarik dan mampu menjadikannya sebagai media pembelajaran.“Perancangan Buku Ilustrasi tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 di Surabaya, sebagai Media Pembelajaran untuk Anak-Anak”, diharapkan mampu memberi wawasan terkait sejarah kepada anak-anak. Wawasan terkait sejarah diberikan sejak dini selain karena pada usia-usia tersebut anak-anak lebih mudah meresap, juga anak-anak selaku generasi penerus tetap harus melestarikan sejarah agar tetap terus terjaga dan menjadikan sejarah tersebut sebagai pembelajaran hingga di masa depan kelak. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SEPTRYAWAN, Abi |
author_facet |
SEPTRYAWAN, Abi |
author_sort |
SEPTRYAWAN, Abi |
title |
Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 Di Surabaya Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak |
title_short |
Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 Di Surabaya Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak |
title_full |
Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 Di Surabaya Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak |
title_fullStr |
Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 Di Surabaya Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak |
title_full_unstemmed |
Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Sejarah Peristiwa 10 Nopember 1945 Di Surabaya Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak |
title_sort |
perancangan buku ilustrasi tentang sejarah peristiwa 10 nopember 1945 di surabaya sebagai media pembelajaran untuk anak-anak |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39814 |
_version_ |
1741201161352904704 |