Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta

Seni budaya merupakan salah satu peninggalan dari para leluhur yang secara turun-temurun terjaga, terawat, dan dipelajari menjadi sebuah tradisi yang beraneka ragam dimiliki suatu daerah. Sudah sepatutnya sebagai bangsa berbudaya sekaligus pewaris merasa bangga juga melestarikannya. Besarnya peran d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRI, Meilina Ratria
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39824
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-39824
record_format oai_dc
spelling isilib-398242019-03-21T10:58:19Z Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta PUTRI, Meilina Ratria Metode Pembelajaran Teknik Bernyanyi Seni Drama Tari dan Musik FSP ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39824 SDTM/Put/t/2018 Seni budaya merupakan salah satu peninggalan dari para leluhur yang secara turun-temurun terjaga, terawat, dan dipelajari menjadi sebuah tradisi yang beraneka ragam dimiliki suatu daerah. Sudah sepatutnya sebagai bangsa berbudaya sekaligus pewaris merasa bangga juga melestarikannya. Besarnya peran dan fungsi musik dalam masyarakat dapat lihat bahwa musik sebagai sarana pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal yaitu merupakan pendidikan di sekolah yang diperoleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan mengikuti syarat-syarat yang jelas. Adapun pendidikan non formal yaitu jalur pendidikan di luar jalur pendidikan formal. Diharapkan adanya mata pelajaran Seni Budaya, materi seni musik dapat diapresiasi dan diekspresikan oleh peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Guna tercapainya proses pembelajaran yang baik hendaknya pengajar terlebih dahulu mempersiapkan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini agar peserta didik mengenal dan memahami serta mampu menyanyikan lagu daerah dengan teknik yang benar menggunakan metode ceramah, demonstrasi, imitasi, dan diskusi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan hasil data berbentuk deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Metode pembelajaran diatas digunakan agar peserta didik mengetahui teknik bernyanyi seperti intonasi, artikulasi, pernafasan, phrasering dengan teknik yang tepat dan benar. Yogyakarta xiv, 81 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Metode Pembelajaran
Teknik Bernyanyi
Seni Drama Tari dan Musik
NONE
spellingShingle Metode Pembelajaran
Teknik Bernyanyi
Seni Drama Tari dan Musik
NONE
PUTRI, Meilina Ratria
Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta
description Seni budaya merupakan salah satu peninggalan dari para leluhur yang secara turun-temurun terjaga, terawat, dan dipelajari menjadi sebuah tradisi yang beraneka ragam dimiliki suatu daerah. Sudah sepatutnya sebagai bangsa berbudaya sekaligus pewaris merasa bangga juga melestarikannya. Besarnya peran dan fungsi musik dalam masyarakat dapat lihat bahwa musik sebagai sarana pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal yaitu merupakan pendidikan di sekolah yang diperoleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan mengikuti syarat-syarat yang jelas. Adapun pendidikan non formal yaitu jalur pendidikan di luar jalur pendidikan formal. Diharapkan adanya mata pelajaran Seni Budaya, materi seni musik dapat diapresiasi dan diekspresikan oleh peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Guna tercapainya proses pembelajaran yang baik hendaknya pengajar terlebih dahulu mempersiapkan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini agar peserta didik mengenal dan memahami serta mampu menyanyikan lagu daerah dengan teknik yang benar menggunakan metode ceramah, demonstrasi, imitasi, dan diskusi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan hasil data berbentuk deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Metode pembelajaran diatas digunakan agar peserta didik mengetahui teknik bernyanyi seperti intonasi, artikulasi, pernafasan, phrasering dengan teknik yang tepat dan benar.
format Tugas Akhir
author PUTRI, Meilina Ratria
author_facet PUTRI, Meilina Ratria
author_sort PUTRI, Meilina Ratria
title Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta
title_short Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta
title_full Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta
title_fullStr Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta
title_full_unstemmed Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta
title_sort teknik bernyanyi lagu daerah di sekolah menengah pertama negeri 12 yogyakarta
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39824
_version_ 1741201163429085184