Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta
Seni budaya merupakan salah satu peninggalan dari para leluhur yang secara turun-temurun terjaga, terawat, dan dipelajari menjadi sebuah tradisi yang beraneka ragam dimiliki suatu daerah. Sudah sepatutnya sebagai bangsa berbudaya sekaligus pewaris merasa bangga juga melestarikannya. Besarnya peran d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39824 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39824 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-398242019-03-21T10:58:19Z Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta PUTRI, Meilina Ratria Metode Pembelajaran Teknik Bernyanyi Seni Drama Tari dan Musik FSP ISI Yk. 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39824 SDTM/Put/t/2018 Seni budaya merupakan salah satu peninggalan dari para leluhur yang secara turun-temurun terjaga, terawat, dan dipelajari menjadi sebuah tradisi yang beraneka ragam dimiliki suatu daerah. Sudah sepatutnya sebagai bangsa berbudaya sekaligus pewaris merasa bangga juga melestarikannya. Besarnya peran dan fungsi musik dalam masyarakat dapat lihat bahwa musik sebagai sarana pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal yaitu merupakan pendidikan di sekolah yang diperoleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan mengikuti syarat-syarat yang jelas. Adapun pendidikan non formal yaitu jalur pendidikan di luar jalur pendidikan formal. Diharapkan adanya mata pelajaran Seni Budaya, materi seni musik dapat diapresiasi dan diekspresikan oleh peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Guna tercapainya proses pembelajaran yang baik hendaknya pengajar terlebih dahulu mempersiapkan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini agar peserta didik mengenal dan memahami serta mampu menyanyikan lagu daerah dengan teknik yang benar menggunakan metode ceramah, demonstrasi, imitasi, dan diskusi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan hasil data berbentuk deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Metode pembelajaran diatas digunakan agar peserta didik mengetahui teknik bernyanyi seperti intonasi, artikulasi, pernafasan, phrasering dengan teknik yang tepat dan benar. Yogyakarta xiv, 81 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Metode Pembelajaran Teknik Bernyanyi Seni Drama Tari dan Musik NONE |
spellingShingle |
Metode Pembelajaran Teknik Bernyanyi Seni Drama Tari dan Musik NONE PUTRI, Meilina Ratria Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta |
description |
Seni budaya merupakan salah satu peninggalan dari para leluhur yang secara turun-temurun terjaga, terawat, dan dipelajari menjadi sebuah tradisi yang beraneka ragam dimiliki suatu daerah. Sudah sepatutnya sebagai bangsa berbudaya sekaligus pewaris merasa bangga juga melestarikannya. Besarnya peran dan fungsi musik dalam masyarakat dapat lihat bahwa musik sebagai sarana pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal yaitu merupakan pendidikan di sekolah yang diperoleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan mengikuti syarat-syarat yang jelas. Adapun pendidikan non formal yaitu jalur pendidikan di luar jalur pendidikan formal. Diharapkan adanya mata pelajaran Seni Budaya, materi seni musik dapat diapresiasi dan diekspresikan oleh peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Guna tercapainya proses pembelajaran yang baik hendaknya pengajar terlebih dahulu mempersiapkan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini agar peserta didik mengenal dan memahami serta mampu menyanyikan lagu daerah dengan teknik yang benar menggunakan metode ceramah, demonstrasi, imitasi, dan diskusi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan hasil data berbentuk deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Metode pembelajaran diatas digunakan agar peserta didik mengetahui teknik bernyanyi seperti intonasi, artikulasi, pernafasan, phrasering dengan teknik yang tepat dan benar. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PUTRI, Meilina Ratria |
author_facet |
PUTRI, Meilina Ratria |
author_sort |
PUTRI, Meilina Ratria |
title |
Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta |
title_short |
Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta |
title_full |
Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta |
title_fullStr |
Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Yogyakarta |
title_sort |
teknik bernyanyi lagu daerah di sekolah menengah pertama negeri 12 yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yk. |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39824 |
_version_ |
1741201163429085184 |