Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi)
Prasiadalah naskah lontar bergambar yang umumnya menggambarkan ceritaceritakepahlawanan dunia pewayangan yang adiluhung, seperti salah satunyacerita Ramayana.Pokok bahasan penelitian ini adalah kajian ikonologis prasiRamayana dengan fokus adegan penyamaran Rahwana sebagai seorang brahmanayang dibuat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39920 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39920 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-399202019-04-05T13:45:49Z Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi) SUARDANA, I Wayan Prasi Ramayana, ikonografi, seni rupa prasi, senim PPS ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39920 DIS/SR/Sua/a/2016 Prasiadalah naskah lontar bergambar yang umumnya menggambarkan ceritaceritakepahlawanan dunia pewayangan yang adiluhung, seperti salah satunyacerita Ramayana.Pokok bahasan penelitian ini adalah kajian ikonologis prasiRamayana dengan fokus adegan penyamaran Rahwana sebagai seorang brahmanayang dibuat oleh tiga orang seniman terkemuka Desa Sidemen, Karangasem, Bali.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitiansebagai berikut: (1) Bagaimana Ida Bagus Jelantik Purwa, Ida Bagus Raka, danIda Ayu Budawati menggambarkan secara tekstual adegan 'Penyamaran Rahwanasebagai seorang brahmana dalam rangka menculik Sita' dalam kisah Ramayanamenyangkut struktur, bentuk visual, dan ornament, serta bagaimana hubunganantara ketiga seniman prasitersebut dengan seniman prasi sebelumnya di Sidemen?, (2) Apatema dan konsep yang membentuk karya tiga seniman prasi dariSidemen tersebut dan apa bedanya dengan prasi lainnya dari luar Sidemen danmengapa prasi karya tiga seniman tersebut menarik, unik, dan memiliki artisendiri ?, (3) Apa makna simbolik yang dapat diinterpretasikan dari karya-karyatiga seniman dari Sidemen tersebut dan apa hubungan karya-karya tersebutdengan tatanan kehidupan Desa Sidemen dan Bali sebagai daya dukungkebudayaan yang ada.Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif-interpretatif.Metode ini digunakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentangmakna di balik penggambaran visual adegan 'Rahwana sebagai seorang brahmanadalam rangka menculik Sita' dalam cerita Ramayana, terkait dengan pokokbahasan struktur, bentuk visual, ornamen, konsep, tema, makna intrinsik, dansimbol dengan menggunakan metode ikonologi Panofsky. Untuk memperkuatanalisis data, penelitian ini juga menggabungkan pendekatan sejarah, antropologi,dan estetika.Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studipustaka, wawancara, dan observasi. Termasuk dalam proses analisis data adalahreduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan yang semuanya terjalinsebelum, selama, dan setelah pengumpulan data berlangsung.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing dari tiga senimanprasi di Desa Sidemen tersebut memiliki gaya prasi yang berbeda, tetapi semuadipengaruhi oleh gaya lukisan wayang Kamasan, gaya yang berasal dari periodeMajapahit di Jawa Timur. Hal ini juga menunjukkan bahwa di balik tema yangsedang dibahas, tersirat juga konsep 'moralitas' yang terkait dengan Sita, dan'imoralitas' dan 'kriminalitas' yang terkait dengan Rahwana. Berdasarkan uraianikonografis dan interpretasi ikonologis, masing-masing seniman mencobaseinformatif mungkin menampilkan simbol yang melekat pada tokoh Sita danRahwana, meskipun tidak semua seniman menggambarkan adegan tersebutsepenuhnya. Yogyakarta xxiii + 302 hal.; ilus.: 30 cm DIS/SR/Sua/a/2016 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Prasi Ramayana, ikonografi, seni rupa prasi, senim DIS/SR/Sua/a/2016 |
spellingShingle |
Prasi Ramayana, ikonografi, seni rupa prasi, senim DIS/SR/Sua/a/2016 SUARDANA, I Wayan Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi) |
description |
Prasiadalah naskah lontar bergambar yang umumnya menggambarkan ceritaceritakepahlawanan dunia pewayangan yang adiluhung, seperti salah satunyacerita Ramayana.Pokok bahasan penelitian ini adalah kajian ikonologis prasiRamayana dengan fokus adegan penyamaran Rahwana sebagai seorang brahmanayang dibuat oleh tiga orang seniman terkemuka Desa Sidemen, Karangasem, Bali.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitiansebagai berikut: (1) Bagaimana Ida Bagus Jelantik Purwa, Ida Bagus Raka, danIda Ayu Budawati menggambarkan secara tekstual adegan 'Penyamaran Rahwanasebagai seorang brahmana dalam rangka menculik Sita' dalam kisah Ramayanamenyangkut struktur, bentuk visual, dan ornament, serta bagaimana hubunganantara ketiga seniman prasitersebut dengan seniman prasi sebelumnya di Sidemen?, (2) Apatema dan konsep yang membentuk karya tiga seniman prasi dariSidemen tersebut dan apa bedanya dengan prasi lainnya dari luar Sidemen danmengapa prasi karya tiga seniman tersebut menarik, unik, dan memiliki artisendiri ?, (3) Apa makna simbolik yang dapat diinterpretasikan dari karya-karyatiga seniman dari Sidemen tersebut dan apa hubungan karya-karya tersebutdengan tatanan kehidupan Desa Sidemen dan Bali sebagai daya dukungkebudayaan yang ada.Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif-interpretatif.Metode ini digunakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentangmakna di balik penggambaran visual adegan 'Rahwana sebagai seorang brahmanadalam rangka menculik Sita' dalam cerita Ramayana, terkait dengan pokokbahasan struktur, bentuk visual, ornamen, konsep, tema, makna intrinsik, dansimbol dengan menggunakan metode ikonologi Panofsky. Untuk memperkuatanalisis data, penelitian ini juga menggabungkan pendekatan sejarah, antropologi,dan estetika.Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studipustaka, wawancara, dan observasi. Termasuk dalam proses analisis data adalahreduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan yang semuanya terjalinsebelum, selama, dan setelah pengumpulan data berlangsung.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing dari tiga senimanprasi di Desa Sidemen tersebut memiliki gaya prasi yang berbeda, tetapi semuadipengaruhi oleh gaya lukisan wayang Kamasan, gaya yang berasal dari periodeMajapahit di Jawa Timur. Hal ini juga menunjukkan bahwa di balik tema yangsedang dibahas, tersirat juga konsep 'moralitas' yang terkait dengan Sita, dan'imoralitas' dan 'kriminalitas' yang terkait dengan Rahwana. Berdasarkan uraianikonografis dan interpretasi ikonologis, masing-masing seniman mencobaseinformatif mungkin menampilkan simbol yang melekat pada tokoh Sita danRahwana, meskipun tidak semua seniman menggambarkan adegan tersebutsepenuhnya. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SUARDANA, I Wayan |
author_facet |
SUARDANA, I Wayan |
author_sort |
SUARDANA, I Wayan |
title |
Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi) |
title_short |
Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi) |
title_full |
Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi) |
title_fullStr |
Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi) |
title_full_unstemmed |
Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi) |
title_sort |
adegan penyamaran rahwana sebagai brahmana dalam penculikan sita karya tiga seniman prasi di desa sidemen karangasem bali (kajian ikonografi dan ikonologi) |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2016 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39920 |
_version_ |
1741201181297868800 |