Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi)

Prasiadalah naskah lontar bergambar yang umumnya menggambarkan ceritaceritakepahlawanan dunia pewayangan yang adiluhung, seperti salah satunyacerita Ramayana.Pokok bahasan penelitian ini adalah kajian ikonologis prasiRamayana dengan fokus adegan penyamaran Rahwana sebagai seorang brahmanayang dibuat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUARDANA, I Wayan
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39920
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-39920
record_format oai_dc
spelling isilib-399202019-04-05T13:45:49Z Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi) SUARDANA, I Wayan Prasi Ramayana, ikonografi, seni rupa prasi, senim PPS ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39920 DIS/SR/Sua/a/2016 Prasiadalah naskah lontar bergambar yang umumnya menggambarkan ceritaceritakepahlawanan dunia pewayangan yang adiluhung, seperti salah satunyacerita Ramayana.Pokok bahasan penelitian ini adalah kajian ikonologis prasiRamayana dengan fokus adegan penyamaran Rahwana sebagai seorang brahmanayang dibuat oleh tiga orang seniman terkemuka Desa Sidemen, Karangasem, Bali.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitiansebagai berikut: (1) Bagaimana Ida Bagus Jelantik Purwa, Ida Bagus Raka, danIda Ayu Budawati menggambarkan secara tekstual adegan 'Penyamaran Rahwanasebagai seorang brahmana dalam rangka menculik Sita' dalam kisah Ramayanamenyangkut struktur, bentuk visual, dan ornament, serta bagaimana hubunganantara ketiga seniman prasitersebut dengan seniman prasi sebelumnya di Sidemen?, (2) Apatema dan konsep yang membentuk karya tiga seniman prasi dariSidemen tersebut dan apa bedanya dengan prasi lainnya dari luar Sidemen danmengapa prasi karya tiga seniman tersebut menarik, unik, dan memiliki artisendiri ?, (3) Apa makna simbolik yang dapat diinterpretasikan dari karya-karyatiga seniman dari Sidemen tersebut dan apa hubungan karya-karya tersebutdengan tatanan kehidupan Desa Sidemen dan Bali sebagai daya dukungkebudayaan yang ada.Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif-interpretatif.Metode ini digunakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentangmakna di balik penggambaran visual adegan 'Rahwana sebagai seorang brahmanadalam rangka menculik Sita' dalam cerita Ramayana, terkait dengan pokokbahasan struktur, bentuk visual, ornamen, konsep, tema, makna intrinsik, dansimbol dengan menggunakan metode ikonologi Panofsky. Untuk memperkuatanalisis data, penelitian ini juga menggabungkan pendekatan sejarah, antropologi,dan estetika.Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studipustaka, wawancara, dan observasi. Termasuk dalam proses analisis data adalahreduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan yang semuanya terjalinsebelum, selama, dan setelah pengumpulan data berlangsung.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing dari tiga senimanprasi di Desa Sidemen tersebut memiliki gaya prasi yang berbeda, tetapi semuadipengaruhi oleh gaya lukisan wayang Kamasan, gaya yang berasal dari periodeMajapahit di Jawa Timur. Hal ini juga menunjukkan bahwa di balik tema yangsedang dibahas, tersirat juga konsep 'moralitas' yang terkait dengan Sita, dan'imoralitas' dan 'kriminalitas' yang terkait dengan Rahwana. Berdasarkan uraianikonografis dan interpretasi ikonologis, masing-masing seniman mencobaseinformatif mungkin menampilkan simbol yang melekat pada tokoh Sita danRahwana, meskipun tidak semua seniman menggambarkan adegan tersebutsepenuhnya. Yogyakarta xxiii + 302 hal.; ilus.: 30 cm DIS/SR/Sua/a/2016 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Prasi Ramayana, ikonografi, seni rupa prasi, senim
DIS/SR/Sua/a/2016
spellingShingle Prasi Ramayana, ikonografi, seni rupa prasi, senim
DIS/SR/Sua/a/2016
SUARDANA, I Wayan
Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi)
description Prasiadalah naskah lontar bergambar yang umumnya menggambarkan ceritaceritakepahlawanan dunia pewayangan yang adiluhung, seperti salah satunyacerita Ramayana.Pokok bahasan penelitian ini adalah kajian ikonologis prasiRamayana dengan fokus adegan penyamaran Rahwana sebagai seorang brahmanayang dibuat oleh tiga orang seniman terkemuka Desa Sidemen, Karangasem, Bali.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitiansebagai berikut: (1) Bagaimana Ida Bagus Jelantik Purwa, Ida Bagus Raka, danIda Ayu Budawati menggambarkan secara tekstual adegan 'Penyamaran Rahwanasebagai seorang brahmana dalam rangka menculik Sita' dalam kisah Ramayanamenyangkut struktur, bentuk visual, dan ornament, serta bagaimana hubunganantara ketiga seniman prasitersebut dengan seniman prasi sebelumnya di Sidemen?, (2) Apatema dan konsep yang membentuk karya tiga seniman prasi dariSidemen tersebut dan apa bedanya dengan prasi lainnya dari luar Sidemen danmengapa prasi karya tiga seniman tersebut menarik, unik, dan memiliki artisendiri ?, (3) Apa makna simbolik yang dapat diinterpretasikan dari karya-karyatiga seniman dari Sidemen tersebut dan apa hubungan karya-karya tersebutdengan tatanan kehidupan Desa Sidemen dan Bali sebagai daya dukungkebudayaan yang ada.Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif-interpretatif.Metode ini digunakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentangmakna di balik penggambaran visual adegan 'Rahwana sebagai seorang brahmanadalam rangka menculik Sita' dalam cerita Ramayana, terkait dengan pokokbahasan struktur, bentuk visual, ornamen, konsep, tema, makna intrinsik, dansimbol dengan menggunakan metode ikonologi Panofsky. Untuk memperkuatanalisis data, penelitian ini juga menggabungkan pendekatan sejarah, antropologi,dan estetika.Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studipustaka, wawancara, dan observasi. Termasuk dalam proses analisis data adalahreduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan yang semuanya terjalinsebelum, selama, dan setelah pengumpulan data berlangsung.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing dari tiga senimanprasi di Desa Sidemen tersebut memiliki gaya prasi yang berbeda, tetapi semuadipengaruhi oleh gaya lukisan wayang Kamasan, gaya yang berasal dari periodeMajapahit di Jawa Timur. Hal ini juga menunjukkan bahwa di balik tema yangsedang dibahas, tersirat juga konsep 'moralitas' yang terkait dengan Sita, dan'imoralitas' dan 'kriminalitas' yang terkait dengan Rahwana. Berdasarkan uraianikonografis dan interpretasi ikonologis, masing-masing seniman mencobaseinformatif mungkin menampilkan simbol yang melekat pada tokoh Sita danRahwana, meskipun tidak semua seniman menggambarkan adegan tersebutsepenuhnya.
format Tugas Akhir
author SUARDANA, I Wayan
author_facet SUARDANA, I Wayan
author_sort SUARDANA, I Wayan
title Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi)
title_short Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi)
title_full Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi)
title_fullStr Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi)
title_full_unstemmed Adegan Penyamaran Rahwana Sebagai Brahmana dalam Penculikan Sita Karya Tiga Seniman Prasi di Desa Sidemen Karangasem Bali (Kajian Ikonografi dan Ikonologi)
title_sort adegan penyamaran rahwana sebagai brahmana dalam penculikan sita karya tiga seniman prasi di desa sidemen karangasem bali (kajian ikonografi dan ikonologi)
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39920
_version_ 1741201181297868800