Bentuk Kerangka Manusia pada Mebel Kayu
Pencitaan karya seni dilakukan melalui proses yang kompleks. Bentuk kerangkaManuisa sebagai sumber inspirasi karya seni, memiliki fungsi paling penting yaitumelindungi tubuh. Selain rangka dalam tubuh manusia terdapat tulang yang bersifat keras,dan berfungsi melindungi bagian dalam tubuh yang mudah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 Kriya Seni Jurusan Kriya FSR ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39955 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-39955 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-399552019-04-09T09:48:07Z Bentuk Kerangka Manusia pada Mebel Kayu NOFIANTORO, Deni Kerangka manusia, Metode penciptaan, Mebel Prodi S-1 Kriya Seni Jurusan Kriya FSR ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39955 KK/Nof/b/2019 Pencitaan karya seni dilakukan melalui proses yang kompleks. Bentuk kerangkaManuisa sebagai sumber inspirasi karya seni, memiliki fungsi paling penting yaitumelindungi tubuh. Selain rangka dalam tubuh manusia terdapat tulang yang bersifat keras,dan berfungsi melindungi bagian dalam tubuh yang mudah terluka jika terkena benturankeras. Dalam tubuh manusia terdapat banyak macam tulang dan memiliki fungsi masingmasing.Kerangka manuisa memiliki bentuk tulang yang berbeda antara tulang punggung,tulang tangan , tulang kaki.yang akan di visualkan di dalam mebel kayu.Dalam proses penciptaan mebel berbentuk kerangka manuisa ini menggunakanmetode penciptaan konsep tiga pilar dari SP.Gustami yaitu. Eksplorai, perancangan, danPerwujudan. Landasan teori yang digunakan dalam proses penciptaan karya ini menggunakanlandasan teori desain teori fungsional, teori ergonomis, teori estetika, teori bentuk, dan teoriantrometriHasil dari karya seni kriya kayu ini berupa karya yang sepenuhnya mengambil idedari bentuk kerangka manusia. Secara keseluruhan pembutan karya ini mengeksplor bentukkerangka manusia menjadi karya kriya yang kreatif, dalam bentuk mebel antara lain karyatiga dimensi, kursi goyang, meja, rak buku dan lampu gantung. Secara tekstual karya tersebutdari bentuk kerangka manuisa pada mebel kayu ini, sehingga dapat mewakili representasidari pengalaman estetis yang ada. Yogyakarta xvii + 82 hal.; ilus.: 30 cm KK/Nof/b/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Kerangka manusia, Metode penciptaan, Mebel KK/Nof/b/2019 |
spellingShingle |
Kerangka manusia, Metode penciptaan, Mebel KK/Nof/b/2019 NOFIANTORO, Deni Bentuk Kerangka Manusia pada Mebel Kayu |
description |
Pencitaan karya seni dilakukan melalui proses yang kompleks. Bentuk kerangkaManuisa sebagai sumber inspirasi karya seni, memiliki fungsi paling penting yaitumelindungi tubuh. Selain rangka dalam tubuh manusia terdapat tulang yang bersifat keras,dan berfungsi melindungi bagian dalam tubuh yang mudah terluka jika terkena benturankeras. Dalam tubuh manusia terdapat banyak macam tulang dan memiliki fungsi masingmasing.Kerangka manuisa memiliki bentuk tulang yang berbeda antara tulang punggung,tulang tangan , tulang kaki.yang akan di visualkan di dalam mebel kayu.Dalam proses penciptaan mebel berbentuk kerangka manuisa ini menggunakanmetode penciptaan konsep tiga pilar dari SP.Gustami yaitu. Eksplorai, perancangan, danPerwujudan. Landasan teori yang digunakan dalam proses penciptaan karya ini menggunakanlandasan teori desain teori fungsional, teori ergonomis, teori estetika, teori bentuk, dan teoriantrometriHasil dari karya seni kriya kayu ini berupa karya yang sepenuhnya mengambil idedari bentuk kerangka manusia. Secara keseluruhan pembutan karya ini mengeksplor bentukkerangka manusia menjadi karya kriya yang kreatif, dalam bentuk mebel antara lain karyatiga dimensi, kursi goyang, meja, rak buku dan lampu gantung. Secara tekstual karya tersebutdari bentuk kerangka manuisa pada mebel kayu ini, sehingga dapat mewakili representasidari pengalaman estetis yang ada. |
format |
Tugas Akhir |
author |
NOFIANTORO, Deni |
author_facet |
NOFIANTORO, Deni |
author_sort |
NOFIANTORO, Deni |
title |
Bentuk Kerangka Manusia pada Mebel Kayu |
title_short |
Bentuk Kerangka Manusia pada Mebel Kayu |
title_full |
Bentuk Kerangka Manusia pada Mebel Kayu |
title_fullStr |
Bentuk Kerangka Manusia pada Mebel Kayu |
title_full_unstemmed |
Bentuk Kerangka Manusia pada Mebel Kayu |
title_sort |
bentuk kerangka manusia pada mebel kayu |
publisher |
Prodi S-1 Kriya Seni Jurusan Kriya FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39955 |
_version_ |
1741201187687890944 |