Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran

Keragaman paradigma dan model pembelajaran selalu bermula dari keinginan untuk memenuhi kebutuhan siswa. Jika komputer selalu meningkat untuk mencapai kebutuhan desain dan gaming, maka begitu pula spesifikasi pembelajaran dan pengajaran akan meningkat seiring kebutuhan siswa yang semakin beragam dar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HUDA, Miftahul
Format: Buku Teks
Language:Indonesian
Published: Pustaka Pelajar 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=39996
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Keragaman paradigma dan model pembelajaran selalu bermula dari keinginan untuk memenuhi kebutuhan siswa. Jika komputer selalu meningkat untuk mencapai kebutuhan desain dan gaming, maka begitu pula spesifikasi pembelajaran dan pengajaran akan meningkat seiring kebutuhan siswa yang semakin beragam dari hari ke hari. Sebagai buku petunjuk, buku ini memperlihatkan sketsa besar pembelajaran dan pengajaran, paradigma-pradigma yang mendasarinya dan model-modelnya yang sekaligus menandai perkembangan keduanya. Isi buku disajikan dalam tujuh bab dengan fokus pembahasan yang berbeda-beda. Bab 1 mengulas scaffolding tentang pengajaran dan pembelajaran serta bagaimana kedua paradigma ini memiliki karakteristik yang berbeda. Bab 2 membahas paradigma pengajaran yang dalam praktiknya berguna untuk melihat beberapa kecenderungan umum masyarakat dalam menganggap, mengasumsikan dan memperlakukan praktik ‘mengajar’ itu sendiri. Bab 3 merupakan pengimbang dari bab sebelumnya dengan tetap menekankan pada paradigma sebagai isu utama. Bab 4 membahas buku berjudul Models of Teaching karya Bruce Joyce dan Marsha Weill sebagai rujukan utama. Bab 5 menyajikan model-model pembelajaran dan Bab 6 membahas spektrum luas metode pembelajaran.