Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend"
Perancangan tugas akhir ini dibuat berdasarkan rasa suka penulis padakarakter Gundam, robot, dan cerita perang, penulis ingin membuat karakter baruyang berasal dari penggabungan karakter Gundam dengan tokoh wayang purwa.Pada perancangan karya tugas akhir ini, penulis membuat sebuah rancanganConcept...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40050 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-40050 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-400502019-04-23T14:45:18Z Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend" EDIETYA, Oktian Chandra Concept art, komik, karakter, wayang ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40050 DK/Edi/p/2018 Perancangan tugas akhir ini dibuat berdasarkan rasa suka penulis padakarakter Gundam, robot, dan cerita perang, penulis ingin membuat karakter baruyang berasal dari penggabungan karakter Gundam dengan tokoh wayang purwa.Pada perancangan karya tugas akhir ini, penulis membuat sebuah rancanganConcept art karakter untuk komik ‘Rakshasa; Face The Legend’ yang mengambilgenre ‘real robot war’, dan akan digunakan untuk menunjang karakter dan jalancerita dari komik tersebut.Perancangan concept art komik ‘Rakshasa; Face The Legend’menggunakan karakter/tokoh wayang sebagai inspirasi konsep desain karakterrobot utama, dan dengan tujuan mengangkat kembali komik Indonesia sebagaisalah satu budaya seni di Indonesia, dan memperkenalkannya agar masyarakatluas dan generasi muda mau membaca komik Indonesia. Penulis menggunakanpenjelasan sosok karakter wayang dari narasumber, dan menggambarkannyakembali menjadi bentuk baru, namun tetap menggunakan referensi dari wayangkulit purwa gagrak Surakarta.Penulis menggunakan pendekatan lebih modern dan lebih dekat denganmasyarakat seperti robot yang banyak digemari oleh anak-anak, remaja, dandewasa, sebagai bentuk pengenalan kembali dari tokoh-tokoh wayang. Penulismencoba menampilkan kembali karakter dari wayang purwa tersebut dengansajian yang lebih modern sehingga mampu menarik perhatian dan minat pembacakhususnya yang berasal dari kalangan remaja. perancangan karakter-karakter inimenggunakan software 3D yaitu ‘google Sketchup’, yang walaupunmemungkinkan efisiensi waktu untuk penyelesaian, namun juga memilikikekurangan, yaitu terdapat kesulitan apabila digabungkan dengan ilustrasi manual,sehingga harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu sebelum proses drawing. Yogyakarta xix, 189 hal. : il. ; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Concept art, komik, karakter, wayang NONE |
spellingShingle |
Concept art, komik, karakter, wayang NONE EDIETYA, Oktian Chandra Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend" |
description |
Perancangan tugas akhir ini dibuat berdasarkan rasa suka penulis padakarakter Gundam, robot, dan cerita perang, penulis ingin membuat karakter baruyang berasal dari penggabungan karakter Gundam dengan tokoh wayang purwa.Pada perancangan karya tugas akhir ini, penulis membuat sebuah rancanganConcept art karakter untuk komik ‘Rakshasa; Face The Legend’ yang mengambilgenre ‘real robot war’, dan akan digunakan untuk menunjang karakter dan jalancerita dari komik tersebut.Perancangan concept art komik ‘Rakshasa; Face The Legend’menggunakan karakter/tokoh wayang sebagai inspirasi konsep desain karakterrobot utama, dan dengan tujuan mengangkat kembali komik Indonesia sebagaisalah satu budaya seni di Indonesia, dan memperkenalkannya agar masyarakatluas dan generasi muda mau membaca komik Indonesia. Penulis menggunakanpenjelasan sosok karakter wayang dari narasumber, dan menggambarkannyakembali menjadi bentuk baru, namun tetap menggunakan referensi dari wayangkulit purwa gagrak Surakarta.Penulis menggunakan pendekatan lebih modern dan lebih dekat denganmasyarakat seperti robot yang banyak digemari oleh anak-anak, remaja, dandewasa, sebagai bentuk pengenalan kembali dari tokoh-tokoh wayang. Penulismencoba menampilkan kembali karakter dari wayang purwa tersebut dengansajian yang lebih modern sehingga mampu menarik perhatian dan minat pembacakhususnya yang berasal dari kalangan remaja. perancangan karakter-karakter inimenggunakan software 3D yaitu ‘google Sketchup’, yang walaupunmemungkinkan efisiensi waktu untuk penyelesaian, namun juga memilikikekurangan, yaitu terdapat kesulitan apabila digabungkan dengan ilustrasi manual,sehingga harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu sebelum proses drawing. |
format |
Tugas Akhir |
author |
EDIETYA, Oktian Chandra |
author_facet |
EDIETYA, Oktian Chandra |
author_sort |
EDIETYA, Oktian Chandra |
title |
Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend" |
title_short |
Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend" |
title_full |
Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend" |
title_fullStr |
Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend" |
title_full_unstemmed |
Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend" |
title_sort |
perancangan concept art karakter untuk komik "rakshasa face the legend" |
publisher |
ISI Yogyakarta |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40050 |
_version_ |
1741201206299066368 |