Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend"

Perancangan tugas akhir ini dibuat berdasarkan rasa suka penulis padakarakter Gundam, robot, dan cerita perang, penulis ingin membuat karakter baruyang berasal dari penggabungan karakter Gundam dengan tokoh wayang purwa.Pada perancangan karya tugas akhir ini, penulis membuat sebuah rancanganConcept...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: EDIETYA, Oktian Chandra
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40050
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40050
record_format oai_dc
spelling isilib-400502019-04-23T14:45:18Z Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend" EDIETYA, Oktian Chandra Concept art, komik, karakter, wayang ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40050 DK/Edi/p/2018 Perancangan tugas akhir ini dibuat berdasarkan rasa suka penulis padakarakter Gundam, robot, dan cerita perang, penulis ingin membuat karakter baruyang berasal dari penggabungan karakter Gundam dengan tokoh wayang purwa.Pada perancangan karya tugas akhir ini, penulis membuat sebuah rancanganConcept art karakter untuk komik ‘Rakshasa; Face The Legend’ yang mengambilgenre ‘real robot war’, dan akan digunakan untuk menunjang karakter dan jalancerita dari komik tersebut.Perancangan concept art komik ‘Rakshasa; Face The Legend’menggunakan karakter/tokoh wayang sebagai inspirasi konsep desain karakterrobot utama, dan dengan tujuan mengangkat kembali komik Indonesia sebagaisalah satu budaya seni di Indonesia, dan memperkenalkannya agar masyarakatluas dan generasi muda mau membaca komik Indonesia. Penulis menggunakanpenjelasan sosok karakter wayang dari narasumber, dan menggambarkannyakembali menjadi bentuk baru, namun tetap menggunakan referensi dari wayangkulit purwa gagrak Surakarta.Penulis menggunakan pendekatan lebih modern dan lebih dekat denganmasyarakat seperti robot yang banyak digemari oleh anak-anak, remaja, dandewasa, sebagai bentuk pengenalan kembali dari tokoh-tokoh wayang. Penulismencoba menampilkan kembali karakter dari wayang purwa tersebut dengansajian yang lebih modern sehingga mampu menarik perhatian dan minat pembacakhususnya yang berasal dari kalangan remaja. perancangan karakter-karakter inimenggunakan software 3D yaitu ‘google Sketchup’, yang walaupunmemungkinkan efisiensi waktu untuk penyelesaian, namun juga memilikikekurangan, yaitu terdapat kesulitan apabila digabungkan dengan ilustrasi manual,sehingga harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu sebelum proses drawing. Yogyakarta xix, 189 hal. : il. ; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Concept art, komik, karakter, wayang
NONE
spellingShingle Concept art, komik, karakter, wayang
NONE
EDIETYA, Oktian Chandra
Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend"
description Perancangan tugas akhir ini dibuat berdasarkan rasa suka penulis padakarakter Gundam, robot, dan cerita perang, penulis ingin membuat karakter baruyang berasal dari penggabungan karakter Gundam dengan tokoh wayang purwa.Pada perancangan karya tugas akhir ini, penulis membuat sebuah rancanganConcept art karakter untuk komik ‘Rakshasa; Face The Legend’ yang mengambilgenre ‘real robot war’, dan akan digunakan untuk menunjang karakter dan jalancerita dari komik tersebut.Perancangan concept art komik ‘Rakshasa; Face The Legend’menggunakan karakter/tokoh wayang sebagai inspirasi konsep desain karakterrobot utama, dan dengan tujuan mengangkat kembali komik Indonesia sebagaisalah satu budaya seni di Indonesia, dan memperkenalkannya agar masyarakatluas dan generasi muda mau membaca komik Indonesia. Penulis menggunakanpenjelasan sosok karakter wayang dari narasumber, dan menggambarkannyakembali menjadi bentuk baru, namun tetap menggunakan referensi dari wayangkulit purwa gagrak Surakarta.Penulis menggunakan pendekatan lebih modern dan lebih dekat denganmasyarakat seperti robot yang banyak digemari oleh anak-anak, remaja, dandewasa, sebagai bentuk pengenalan kembali dari tokoh-tokoh wayang. Penulismencoba menampilkan kembali karakter dari wayang purwa tersebut dengansajian yang lebih modern sehingga mampu menarik perhatian dan minat pembacakhususnya yang berasal dari kalangan remaja. perancangan karakter-karakter inimenggunakan software 3D yaitu ‘google Sketchup’, yang walaupunmemungkinkan efisiensi waktu untuk penyelesaian, namun juga memilikikekurangan, yaitu terdapat kesulitan apabila digabungkan dengan ilustrasi manual,sehingga harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu sebelum proses drawing.
format Tugas Akhir
author EDIETYA, Oktian Chandra
author_facet EDIETYA, Oktian Chandra
author_sort EDIETYA, Oktian Chandra
title Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend"
title_short Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend"
title_full Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend"
title_fullStr Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend"
title_full_unstemmed Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend"
title_sort perancangan concept art karakter untuk komik "rakshasa face the legend"
publisher ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40050
_version_ 1741201206299066368