Transformasi Origami Bentuk Ayam dalam Karya Keramik Seni

Origami adalah seni melipat kertas dari Jepang, namun pada zaman sekarang origami semakin terkikis di zaman melenial ini. Belajar membuat origami dengan konsisten dapat bermanfaat diantaranya dapat meningkatkan kreativitas dan motoric halus anak, karena membuat origami membutuhkan ketelitian dan ima...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PAHLEVI, Marhafis Lutfi Anggrianor
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40099
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40099
record_format oai_dc
spelling isilib-400992019-05-14T11:29:23Z Transformasi Origami Bentuk Ayam dalam Karya Keramik Seni PAHLEVI, Marhafis Lutfi Anggrianor keramik seni Origami FSR ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40099 KKR/Pah/t/2019 Origami adalah seni melipat kertas dari Jepang, namun pada zaman sekarang origami semakin terkikis di zaman melenial ini. Belajar membuat origami dengan konsisten dapat bermanfaat diantaranya dapat meningkatkan kreativitas dan motoric halus anak, karena membuat origami membutuhkan ketelitian dan imajinasi sehingga saraf otak akan bekerja dengan baik. Selain origami dalam penciptaan ini tersirat sebuah pesan yang ingin disampaikan ke pada masyarakat terhadap binatang yang diberi perwarna kimia contohnya pada ayam warna-warni. Tujuan pembuatan karya ini adalah memberikan kritikan tentang penggunan bahan perwarna kimia baik itu makanan ataupun mahluk hidup, demi meraup keuntungan semata tampa memperhatikan kesehatan konsumennya. Metode Pendekatan yang digunakan adalah Estetika dan Semiotika. Metode Penciptaan yang dipakai menggunakan metode Practice-Based Research dan Tiga Tahap Enam Langkah Proses penciptaan Seni Kriya. Proses penciptaan ini menggunakan tanah liat stoneware, selanjutnya di bentuk menggunakan teknik slab (lempeng) dengan cara menggeroll tanah liat sampai berbentuk lempengan. Tanah liat yang sudah berbentuk lempengan, selanjutnya di potong-potong sesuai pola yang sudah dibuat terlebih dahulu. Selanjutnya potongan disatukan dengan air plastis dan pada saat magel (kondisi tanah setengah kering) dilapisi engobe pada permukan karya. Selanjutnya karya akan melalui proses pembakaran biskut, selanjutnya masuk proses finishing dengan menggunakan glasir yang berwarna-warni dengan cara disemprot dan dikuas. Selanjutnya karya akan melalui proses pembakaran glasir. Karya yang dihasilkan berjumlah delapan karya, dua diantaranya adalah karya instalasi yang digantung dan disusun dalam jumlah banyak. Judul-judul yang dihasilkan adalah karya pertama dengan judul “Melarikan Diri”, karya kedua dengan judul “Kasih Sayang Ibu”, karya ketiga dengan judul “Rutinitas”, karya keempat dengan judul “Bang Ning Jo”, karya kelima dengan judul “Jaga Kadang”, karya keenam dengan judul “Ayam Jaman Now”, karya ketujuh dengan judul “Cross Cricle”, dan kedelapan dengan judul “Di Siksa”. Semua karya ini menggunakan tanah liat stoneware, selanjutnya dikerjakan dengan teknik slab, dilapisi engobe, melalui pembakaran biskuit, finishing glasir oksida, dan pembakaran glasir. Kata Kunci: Transformasi, Origami, Bentuk Ayam, Keramik Yogyakarta xvii+120 hal.; ilus.; bib.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic keramik seni
Origami
NONE
spellingShingle keramik seni
Origami
NONE
PAHLEVI, Marhafis Lutfi Anggrianor
Transformasi Origami Bentuk Ayam dalam Karya Keramik Seni
description Origami adalah seni melipat kertas dari Jepang, namun pada zaman sekarang origami semakin terkikis di zaman melenial ini. Belajar membuat origami dengan konsisten dapat bermanfaat diantaranya dapat meningkatkan kreativitas dan motoric halus anak, karena membuat origami membutuhkan ketelitian dan imajinasi sehingga saraf otak akan bekerja dengan baik. Selain origami dalam penciptaan ini tersirat sebuah pesan yang ingin disampaikan ke pada masyarakat terhadap binatang yang diberi perwarna kimia contohnya pada ayam warna-warni. Tujuan pembuatan karya ini adalah memberikan kritikan tentang penggunan bahan perwarna kimia baik itu makanan ataupun mahluk hidup, demi meraup keuntungan semata tampa memperhatikan kesehatan konsumennya. Metode Pendekatan yang digunakan adalah Estetika dan Semiotika. Metode Penciptaan yang dipakai menggunakan metode Practice-Based Research dan Tiga Tahap Enam Langkah Proses penciptaan Seni Kriya. Proses penciptaan ini menggunakan tanah liat stoneware, selanjutnya di bentuk menggunakan teknik slab (lempeng) dengan cara menggeroll tanah liat sampai berbentuk lempengan. Tanah liat yang sudah berbentuk lempengan, selanjutnya di potong-potong sesuai pola yang sudah dibuat terlebih dahulu. Selanjutnya potongan disatukan dengan air plastis dan pada saat magel (kondisi tanah setengah kering) dilapisi engobe pada permukan karya. Selanjutnya karya akan melalui proses pembakaran biskut, selanjutnya masuk proses finishing dengan menggunakan glasir yang berwarna-warni dengan cara disemprot dan dikuas. Selanjutnya karya akan melalui proses pembakaran glasir. Karya yang dihasilkan berjumlah delapan karya, dua diantaranya adalah karya instalasi yang digantung dan disusun dalam jumlah banyak. Judul-judul yang dihasilkan adalah karya pertama dengan judul “Melarikan Diri”, karya kedua dengan judul “Kasih Sayang Ibu”, karya ketiga dengan judul “Rutinitas”, karya keempat dengan judul “Bang Ning Jo”, karya kelima dengan judul “Jaga Kadang”, karya keenam dengan judul “Ayam Jaman Now”, karya ketujuh dengan judul “Cross Cricle”, dan kedelapan dengan judul “Di Siksa”. Semua karya ini menggunakan tanah liat stoneware, selanjutnya dikerjakan dengan teknik slab, dilapisi engobe, melalui pembakaran biskuit, finishing glasir oksida, dan pembakaran glasir. Kata Kunci: Transformasi, Origami, Bentuk Ayam, Keramik
format Tugas Akhir
author PAHLEVI, Marhafis Lutfi Anggrianor
author_facet PAHLEVI, Marhafis Lutfi Anggrianor
author_sort PAHLEVI, Marhafis Lutfi Anggrianor
title Transformasi Origami Bentuk Ayam dalam Karya Keramik Seni
title_short Transformasi Origami Bentuk Ayam dalam Karya Keramik Seni
title_full Transformasi Origami Bentuk Ayam dalam Karya Keramik Seni
title_fullStr Transformasi Origami Bentuk Ayam dalam Karya Keramik Seni
title_full_unstemmed Transformasi Origami Bentuk Ayam dalam Karya Keramik Seni
title_sort transformasi origami bentuk ayam dalam karya keramik seni
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40099
_version_ 1741201215434260480