Perancangan Identitas Visual Persewangi Banyuwangi

Di Indonesia sepak bola menjadi olahraga yang sangat digemari oleh semua lapisan masyarakat, aroma-aroma fanatisme senantiasa terasa di kala sebuah tim bermain bahkan hal ini terjadi di Liga 2 dan Liga 3 Indonesia. Keadaan fanatisme ini terkadang menjadi sebuah fenomena dimana set...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHID, Nur Muhammad Aminuddin
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
DKV
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40113
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40113
record_format oai_dc
spelling isilib-401132019-05-15T11:35:11Z Perancangan Identitas Visual Persewangi Banyuwangi WAHID, Nur Muhammad Aminuddin Persewangi identitas visual Sepak bola DKV Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40113 DK/Wah/p/2018 Di Indonesia sepak bola menjadi olahraga yang sangat digemari oleh semua lapisan masyarakat, aroma-aroma fanatisme senantiasa terasa di kala sebuah tim bermain bahkan hal ini terjadi di Liga 2 dan Liga 3 Indonesia. Keadaan fanatisme ini terkadang menjadi sebuah fenomena dimana setiap tim membuat sebuah citra identitas untuk kebutuhan tim, baik disengaja maupun tidak. Sebuah hal yang positif jika identitas tersebut dikerjakan secara konsisten sehingga membangun citra yang benar-benar kuat.Persewangi adalah sebuah tim yang berada di Banyuwangi Jawa Timur. Persewangi sendiri memiliki basis suporter yang lumayan kuat bahkan setelah tim ini dinyatakan degradasi ke Liga 3 Indonesia tahun 2018. Boleh disadari atau tidak tim-tim di Liga 3 lainya kebanyakan sudah memulai memperbaiki identitas visual mereka, maka dari itu meskipun tidak tampil di kasta tertinggi Persewangi tidak boleh mengabaikan identitas visual mereka. Perbedaan kasta tidak menjadi tolak ukur bagaimana sebuah tim bisa mengabaikan identitas visual, karena identitas visual berkaitan dengan kebutuhan tim itu sendiri maupun masyarakat Banyuwangi secara luas.Perancangan identitas visual Persewangi Banyuwangi bertujuan untuk membangun citra sebuah tim sepak bola daerah. Perancang mencoba memasukkan kebudayaan daerah sebagai unsur utama untuk dimasukkan keadalam perancangan ini, dengan pertimbangan budaya yang sudah sangat familier di Banyuwangi. Identitas visual tidak serta merta mampu menolong keadaan sebuah klub menjadi lebih baiksecara tiba-tiba. Keadaan tim yang sehat tetaplah berada di ruang lingkup manajemen tim itu sendiri, karena sifatnya membangun citra maka identitas visual erat kaitanya dengan masyarakat seperti penerapan media yang digunakan sebagai sarana penyebaran informas. Yogyakarta xxii, 160 hal.: ilus; jurnal cetak; 30 cm DK/Wah/p/2018 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Persewangi
identitas visual
Sepak bola
DKV
DK/Wah/p/2018
spellingShingle Persewangi
identitas visual
Sepak bola
DKV
DK/Wah/p/2018
WAHID, Nur Muhammad Aminuddin
Perancangan Identitas Visual Persewangi Banyuwangi
description Di Indonesia sepak bola menjadi olahraga yang sangat digemari oleh semua lapisan masyarakat, aroma-aroma fanatisme senantiasa terasa di kala sebuah tim bermain bahkan hal ini terjadi di Liga 2 dan Liga 3 Indonesia. Keadaan fanatisme ini terkadang menjadi sebuah fenomena dimana setiap tim membuat sebuah citra identitas untuk kebutuhan tim, baik disengaja maupun tidak. Sebuah hal yang positif jika identitas tersebut dikerjakan secara konsisten sehingga membangun citra yang benar-benar kuat.Persewangi adalah sebuah tim yang berada di Banyuwangi Jawa Timur. Persewangi sendiri memiliki basis suporter yang lumayan kuat bahkan setelah tim ini dinyatakan degradasi ke Liga 3 Indonesia tahun 2018. Boleh disadari atau tidak tim-tim di Liga 3 lainya kebanyakan sudah memulai memperbaiki identitas visual mereka, maka dari itu meskipun tidak tampil di kasta tertinggi Persewangi tidak boleh mengabaikan identitas visual mereka. Perbedaan kasta tidak menjadi tolak ukur bagaimana sebuah tim bisa mengabaikan identitas visual, karena identitas visual berkaitan dengan kebutuhan tim itu sendiri maupun masyarakat Banyuwangi secara luas.Perancangan identitas visual Persewangi Banyuwangi bertujuan untuk membangun citra sebuah tim sepak bola daerah. Perancang mencoba memasukkan kebudayaan daerah sebagai unsur utama untuk dimasukkan keadalam perancangan ini, dengan pertimbangan budaya yang sudah sangat familier di Banyuwangi. Identitas visual tidak serta merta mampu menolong keadaan sebuah klub menjadi lebih baiksecara tiba-tiba. Keadaan tim yang sehat tetaplah berada di ruang lingkup manajemen tim itu sendiri, karena sifatnya membangun citra maka identitas visual erat kaitanya dengan masyarakat seperti penerapan media yang digunakan sebagai sarana penyebaran informas.
format Tugas Akhir
author WAHID, Nur Muhammad Aminuddin
author_facet WAHID, Nur Muhammad Aminuddin
author_sort WAHID, Nur Muhammad Aminuddin
title Perancangan Identitas Visual Persewangi Banyuwangi
title_short Perancangan Identitas Visual Persewangi Banyuwangi
title_full Perancangan Identitas Visual Persewangi Banyuwangi
title_fullStr Perancangan Identitas Visual Persewangi Banyuwangi
title_full_unstemmed Perancangan Identitas Visual Persewangi Banyuwangi
title_sort perancangan identitas visual persewangi banyuwangi
publisher Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40113
_version_ 1741201218048360448