Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja

Inkonsistensi identitas visual PSIM Jogja memberi persepsi yang berbeda di kalangan penggemar dan suporter Brajamusti. Dalam perjalanannya, identitas visual PSIM Jogja sering tampil tidak konsisten pada berbagai media branding, dan itu merupakan suatu kesalahan fatal dalam membangunsebuah brand. Tuj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIZKIZHA, Ditya Fajar
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
DKV
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40243
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40243
record_format oai_dc
spelling isilib-402432019-06-17T14:26:36Z Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja RIZKIZHA, Ditya Fajar identitas visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja DKV PPS ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40243 TES/DK/Riz/p/2019 Inkonsistensi identitas visual PSIM Jogja memberi persepsi yang berbeda di kalangan penggemar dan suporter Brajamusti. Dalam perjalanannya, identitas visual PSIM Jogja sering tampil tidak konsisten pada berbagai media branding, dan itu merupakan suatu kesalahan fatal dalam membangunsebuah brand. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang komunikasi visual yang nantinya dapat menghadirkan konsistensi identitas baru bagi klub PSIM Jogja, serta membangun brand awareness yang dapat merefleksikan sejarah perjuangan dan budaya Jawa, sehingga menghasilkan brand equity dalam mempromosikan klub sepakbola PSIM Jogja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan historis dan kultural. Data penelitian didapatkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan narasumber manajemen PSIM Jogja serta suporter Brajamusti.Proses dalam perancangan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu, tahap ide, tahap perancangan, dan tahap pelaksanaan dengan kerangka berfikir design thinking. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perancangan ini merupakan usaha dalam membangun unsur lokalitas sebagai jati diri yang dapat menjadi patokan nilai-nilai sejarah dan kebudayaan yang dimiliki sebagai kekuatan dalam membentuk sebuah identitas. Pendekatan dari sisi historis dan kultural membuat rebranding ini terlihat lebih filosofis, karena warisan budaya dapat membentuk keaslian dan kredibilitas yang tidak bisa ditiru, serta memberi kesan umur panjang sehingga dapat membentuk masa depan. Yogyakarta xiii, 130 hal.: ilus; katalog; lamp. jurnal cetak; TES/DK/Riz/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic identitas visual
Rebranding
Klub Sepakbola PSIM Jogja
DKV
TES/DK/Riz/p/2019
spellingShingle identitas visual
Rebranding
Klub Sepakbola PSIM Jogja
DKV
TES/DK/Riz/p/2019
RIZKIZHA, Ditya Fajar
Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja
description Inkonsistensi identitas visual PSIM Jogja memberi persepsi yang berbeda di kalangan penggemar dan suporter Brajamusti. Dalam perjalanannya, identitas visual PSIM Jogja sering tampil tidak konsisten pada berbagai media branding, dan itu merupakan suatu kesalahan fatal dalam membangunsebuah brand. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang komunikasi visual yang nantinya dapat menghadirkan konsistensi identitas baru bagi klub PSIM Jogja, serta membangun brand awareness yang dapat merefleksikan sejarah perjuangan dan budaya Jawa, sehingga menghasilkan brand equity dalam mempromosikan klub sepakbola PSIM Jogja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan historis dan kultural. Data penelitian didapatkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan narasumber manajemen PSIM Jogja serta suporter Brajamusti.Proses dalam perancangan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu, tahap ide, tahap perancangan, dan tahap pelaksanaan dengan kerangka berfikir design thinking. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perancangan ini merupakan usaha dalam membangun unsur lokalitas sebagai jati diri yang dapat menjadi patokan nilai-nilai sejarah dan kebudayaan yang dimiliki sebagai kekuatan dalam membentuk sebuah identitas. Pendekatan dari sisi historis dan kultural membuat rebranding ini terlihat lebih filosofis, karena warisan budaya dapat membentuk keaslian dan kredibilitas yang tidak bisa ditiru, serta memberi kesan umur panjang sehingga dapat membentuk masa depan.
format Tugas Akhir
author RIZKIZHA, Ditya Fajar
author_facet RIZKIZHA, Ditya Fajar
author_sort RIZKIZHA, Ditya Fajar
title Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja
title_short Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja
title_full Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja
title_fullStr Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja
title_full_unstemmed Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja
title_sort perancangan komunikasi visual rebranding klub sepakbola psim jogja
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40243
_version_ 1741201242660536320