PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN”
Mobile game adalah sebuah platform permainan interaktif melalui smartphone yang melibatkan pemain merasakan dunia dalam game. Menjamurnya pengguna smartphone memberikan kesempatan baik bagi pengembang mobile game. Namun, hal tersebut juga berarti menjamurnya aplikasi mobile game, karena itu perlu ad...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi DKV Jurusan Disain FSR ISI Yk
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40262 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-40262 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-402622019-06-18T14:34:55Z PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN” APRILIANI R., Wulanda Concept Art, Mobile Game, Cerita Rakyat, Ciung Wan Prodi DKV Jurusan Disain FSR ISI Yk 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40262 DK/Apr/p/2019 Mobile game adalah sebuah platform permainan interaktif melalui smartphone yang melibatkan pemain merasakan dunia dalam game. Menjamurnya pengguna smartphone memberikan kesempatan baik bagi pengembang mobile game. Namun, hal tersebut juga berarti menjamurnya aplikasi mobile game, karena itu perlu adanya promosi untuk menarik minat masyarakat.Metode yang digunakan dalam perancangan buku concept art ini adalah metode kualitatif, yaitu teknik pengumpulan data berdasarkan data primer dan sekunder. Data primer adalah teknik pengumpulan data yang diperoleh dari sumber asli seperti buku, narasumber, jurnal maupun literatur. Data-data tersebut antara lain: tipologi video game, model concept art, style karakter dan desain environment untuk game. Sedangkan data sekunder yaitu pengumpulan data dari berbagai sumber yang sudah ada, seperti kepustakaan atau media lainnya. Data tersebut antara lain: artikel atau berita mengenai perkembangan video game di Indonesia dan dokumentasi yang berkaitan dengan perancangan baik didapat melalui internet maupun pribadi.Concept art yaitu panduan yang didalamnya berisikan materi aset visual dan keterangan elemen-elemen concept art untuk sebuah game. Perancangan buku concept art ini dikerjakan dengan mengolah semua data yang didapat menjadi elemen-elemen concept art yaitu karakter, senjata, environment dan obyek lainnya. Gaya gambar realis dipadukan dengan perubahan gaya kartun bertema fantasi ala Japanese Role Playing Games bernuansa kode budaya Sunda. Elemen-elemen concept art tersebut dikerjakan dengan menggunakan aplikasi gambar digital, oleh sebab itu proses menggambar yang dilalui adalah sketsa, outline, menentukan warna dasar, shading dan terakhir pemberian efek atau finishing.Buku concept art ini bertujuan sebagai media promosi juga acuan bagi pengembang game, programmer dan artist dalam industri game. Selain itu, perancangan buku ini sebagai pengingat akan pelestarian cerita rakyat agar bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya. Buku concept art ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi setiap kalangan untuk turut melestarikan cerita rakyat dan mendukung perkembangan industri game Indonesia. Yogyakarta xxi + 146 hal.; ilus.: 30 cm DK/Apr/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Concept Art, Mobile Game, Cerita Rakyat, Ciung Wan DK/Apr/p/2019 |
spellingShingle |
Concept Art, Mobile Game, Cerita Rakyat, Ciung Wan DK/Apr/p/2019 APRILIANI R., Wulanda PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN” |
description |
Mobile game adalah sebuah platform permainan interaktif melalui smartphone yang melibatkan pemain merasakan dunia dalam game. Menjamurnya pengguna smartphone memberikan kesempatan baik bagi pengembang mobile game. Namun, hal tersebut juga berarti menjamurnya aplikasi mobile game, karena itu perlu adanya promosi untuk menarik minat masyarakat.Metode yang digunakan dalam perancangan buku concept art ini adalah metode kualitatif, yaitu teknik pengumpulan data berdasarkan data primer dan sekunder. Data primer adalah teknik pengumpulan data yang diperoleh dari sumber asli seperti buku, narasumber, jurnal maupun literatur. Data-data tersebut antara lain: tipologi video game, model concept art, style karakter dan desain environment untuk game. Sedangkan data sekunder yaitu pengumpulan data dari berbagai sumber yang sudah ada, seperti kepustakaan atau media lainnya. Data tersebut antara lain: artikel atau berita mengenai perkembangan video game di Indonesia dan dokumentasi yang berkaitan dengan perancangan baik didapat melalui internet maupun pribadi.Concept art yaitu panduan yang didalamnya berisikan materi aset visual dan keterangan elemen-elemen concept art untuk sebuah game. Perancangan buku concept art ini dikerjakan dengan mengolah semua data yang didapat menjadi elemen-elemen concept art yaitu karakter, senjata, environment dan obyek lainnya. Gaya gambar realis dipadukan dengan perubahan gaya kartun bertema fantasi ala Japanese Role Playing Games bernuansa kode budaya Sunda. Elemen-elemen concept art tersebut dikerjakan dengan menggunakan aplikasi gambar digital, oleh sebab itu proses menggambar yang dilalui adalah sketsa, outline, menentukan warna dasar, shading dan terakhir pemberian efek atau finishing.Buku concept art ini bertujuan sebagai media promosi juga acuan bagi pengembang game, programmer dan artist dalam industri game. Selain itu, perancangan buku ini sebagai pengingat akan pelestarian cerita rakyat agar bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya. Buku concept art ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi setiap kalangan untuk turut melestarikan cerita rakyat dan mendukung perkembangan industri game Indonesia. |
format |
Tugas Akhir |
author |
APRILIANI R., Wulanda |
author_facet |
APRILIANI R., Wulanda |
author_sort |
APRILIANI R., Wulanda |
title |
PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN” |
title_short |
PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN” |
title_full |
PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN” |
title_fullStr |
PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN” |
title_full_unstemmed |
PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN” |
title_sort |
perancangan concept art game “ciung wanara udagan kasampurnaan” |
publisher |
Prodi DKV Jurusan Disain FSR ISI Yk |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40262 |
_version_ |
1741201246295949312 |