Tayangan Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Episode Korupsi Dalam Kajian Semiotika
Iklan televisi rokok Djarum 76 episode “Korupsi” ini merupakan objek penelitian yang dipilih oleh penulis karena iklan ini mengandung unsur humor di dalamnya. Iklan ini mengandung unsur humor yang bersifat menyindir tentang masalah social yang di dalamnya banyak terkandung substansi penandaan yang m...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40292 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-40292 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-402922019-06-27T09:41:46Z Tayangan Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Episode Korupsi Dalam Kajian Semiotika ANAFRY, Diva Ayu semiotik Televisi Iklan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40292 DK/Ana/t/2019 Iklan televisi rokok Djarum 76 episode “Korupsi” ini merupakan objek penelitian yang dipilih oleh penulis karena iklan ini mengandung unsur humor di dalamnya. Iklan ini mengandung unsur humor yang bersifat menyindir tentang masalah social yang di dalamnya banyak terkandung substansi penandaan yang mengandung kritik. Penelitian terhadap iklan ini bertujuan untuk mencari makna apa yang terdapat di dalam iklan rokok djarum 76. Penelitian kemudian dilakukan dengan menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes dengan mengidentifikasinya ke dalam bentuk denotasi dan konotasi untuk mencari makna yang terkandung di dalam iklan dan kemudian menganalisis sesuai dengan konteks dan mitosnya. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa iklan Rokok Djarum 76 ini mengupayakan agar audiens dapat menerima iklan menjadi sebuah parodi yang dapat mengesampingkan kesan sarkas dengan humor dan iklan tersebut lebih mendapat tempat di masyarakat sekaligus memanfaatkan celah dari perundang-undangan yang dibuat oleh pemerintah untuk melakukan promosi iklan rokok Yogyakarta x+158 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
semiotik Televisi Iklan NONE |
spellingShingle |
semiotik Televisi Iklan NONE ANAFRY, Diva Ayu Tayangan Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Episode Korupsi Dalam Kajian Semiotika |
description |
Iklan televisi rokok Djarum 76 episode “Korupsi” ini merupakan objek penelitian yang dipilih oleh penulis karena iklan ini mengandung unsur humor di dalamnya. Iklan ini mengandung unsur humor yang bersifat menyindir tentang masalah social yang di dalamnya banyak terkandung substansi penandaan yang mengandung kritik. Penelitian terhadap iklan ini bertujuan untuk mencari makna apa yang terdapat di dalam iklan rokok djarum 76. Penelitian kemudian dilakukan dengan menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes dengan mengidentifikasinya ke dalam bentuk denotasi dan konotasi untuk mencari makna yang terkandung di dalam iklan dan kemudian menganalisis sesuai dengan konteks dan mitosnya. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa iklan Rokok Djarum 76 ini mengupayakan agar audiens dapat menerima iklan menjadi sebuah parodi yang dapat mengesampingkan kesan sarkas dengan humor dan iklan tersebut lebih mendapat tempat di masyarakat sekaligus memanfaatkan celah dari perundang-undangan yang dibuat oleh pemerintah untuk melakukan promosi iklan rokok |
format |
Tugas Akhir |
author |
ANAFRY, Diva Ayu |
author_facet |
ANAFRY, Diva Ayu |
author_sort |
ANAFRY, Diva Ayu |
title |
Tayangan Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Episode Korupsi Dalam Kajian Semiotika |
title_short |
Tayangan Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Episode Korupsi Dalam Kajian Semiotika |
title_full |
Tayangan Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Episode Korupsi Dalam Kajian Semiotika |
title_fullStr |
Tayangan Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Episode Korupsi Dalam Kajian Semiotika |
title_full_unstemmed |
Tayangan Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Episode Korupsi Dalam Kajian Semiotika |
title_sort |
tayangan iklan televisi rokok djarum 76 episode korupsi dalam kajian semiotika |
publisher |
Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40292 |
_version_ |
1741201252480450560 |