Studi Persepsi Mahasiswa di Yogyakarta Terhadap Logo-logo Perayaan HUT-RI ke-70 hingga ke-72

Logo merupakan sebuah gambar atau simbol yang berfungsi sebagaiidentitas visual. Identitas visual ini haruslah mampu merefleksikan citra positifterhadap sesuatu yang diwakilinya. Indonesia dalam perayaan kemerdekaanmencoba menerapkan sebuah identitas visual dalam bentuk logo HUTKemerdekaan. Sebagai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRASAJATAMA, Danang
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40334
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Logo merupakan sebuah gambar atau simbol yang berfungsi sebagaiidentitas visual. Identitas visual ini haruslah mampu merefleksikan citra positifterhadap sesuatu yang diwakilinya. Indonesia dalam perayaan kemerdekaanmencoba menerapkan sebuah identitas visual dalam bentuk logo HUTKemerdekaan. Sebagai negara yang besar, indonesia haruslah memiliki logo HUTKemerdekaan dengan kualitas yang baik dari segala segi. Namun, masyarakatindonesia sebagai target audience dari logo ini memiliki latar belakang yangberbeda-beda sehingga menyebabkan persepsi yang berbeda-beda pula. Perbedaanpersepsi ini mengakibatkan berbedaan pendapat mengenai kualitas logo yang ada.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui persepsi terhadap logo-logo HUTKemerdekaan Indonesia, terutama logo HUT ke-70, 71, dan 72 RI. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Data terlebih dahuludikumpulkan dengan penyebaran kuisioner. Mahasiswa di Yogyakarta menjadiresponden dalam penelitian ini. Selanjutnya data dianalisis dan dijabarkanmenggunakan teknik Strategi Eksplanatoris Sekuensial. Secara umum, respondenpenelitian memberi apresiasi positif terhadap kehadiran logo HUT ke-70, 71, dan72 RI. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor, seperti perubahan secara signifikanpada tampilan dan tema logo.