Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia Untuk Media Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar
Pada era globalisasi saat ini, peradaban manusia di berbagai penjuru dunia hidup dimana gaya hidup manusianya menjadi semakin sama dan seragam. Di masa yang seperti ini, Indonesia juga merasakan dampak globalisasi yang mengikis rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Perancangan ini bertujuan untuk m...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40368 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-40368 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-403682019-07-10T10:35:14Z Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia Untuk Media Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar MUHAMMAD, Mirza Maulana Warisan Budaya media pembelajaran desain komunikasi visual FSR ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40368 DK/Muh/p/2017 Pada era globalisasi saat ini, peradaban manusia di berbagai penjuru dunia hidup dimana gaya hidup manusianya menjadi semakin sama dan seragam. Di masa yang seperti ini, Indonesia juga merasakan dampak globalisasi yang mengikis rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Perancangan ini bertujuan untuk memberikan media pembelajaran alternatif bagi generasi muda Indonesia tentang berbagai warisan budaya nya yang sangat beragam ini dilengkapi dengan informasi & lokasi di tiap-tiap propinsinya. Atlas ini juga diharapkan menjadi media alternative pembelajaran geografi di sekolah yang bisa membangkitkan rasa cinta tanah air yang mudah dipelajari dimana saja. Saat ini perkembangan penggunaan peta/atlas sudah bergeser dari buku kedalam bentuk aplikasi di smartphone yang memiliki tujuan praktis. Namun belum bisa menjadi media pembelajaran yang dapat dijangkau diseluruh wilayah di Indonesia. Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia dirancang menjadi media pembelajaran yang mengajak generasi muda untuk belajar sambil bermain. Media ini dirasa mampu menjadi media pembelajaran yang efektif melalui pendekatan desain komunikasi visual yang menarik perhatian anak-anak di sekolah dasar sebagai target audiens utama. Sehingga perancangan ini dapat menjadi kunci bagi generasi muda untuk lebih memahami warisan budaya Indonesia dalam konsep keruangannya sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia serta memberi dorongan terhadap generasi muda Indonesia untuk menjunjung dan melestarikan sejarah serta kebudayaan yang merupakan bagian yang tak terpisahkan sebagai jati diri bangsa Indonesia. Yogyakarta xxxvi, 304 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Warisan Budaya media pembelajaran desain komunikasi visual NONE |
spellingShingle |
Warisan Budaya media pembelajaran desain komunikasi visual NONE MUHAMMAD, Mirza Maulana Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia Untuk Media Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar |
description |
Pada era globalisasi saat ini, peradaban manusia di berbagai penjuru dunia hidup dimana gaya hidup manusianya menjadi semakin sama dan seragam. Di masa yang seperti ini, Indonesia juga merasakan dampak globalisasi yang mengikis rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Perancangan ini bertujuan untuk memberikan media pembelajaran alternatif bagi generasi muda Indonesia tentang berbagai warisan budaya nya yang sangat beragam ini dilengkapi dengan informasi & lokasi di tiap-tiap propinsinya. Atlas ini juga diharapkan menjadi media alternative pembelajaran geografi di sekolah yang bisa membangkitkan rasa cinta tanah air yang mudah dipelajari dimana saja. Saat ini perkembangan penggunaan peta/atlas sudah bergeser dari buku kedalam bentuk aplikasi di smartphone yang memiliki tujuan praktis. Namun belum bisa menjadi media pembelajaran yang dapat dijangkau diseluruh wilayah di Indonesia. Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia dirancang menjadi media pembelajaran yang mengajak generasi muda untuk belajar sambil bermain. Media ini dirasa mampu menjadi media pembelajaran yang efektif melalui pendekatan desain komunikasi visual yang menarik perhatian anak-anak di sekolah dasar sebagai target audiens utama. Sehingga perancangan ini dapat menjadi kunci bagi generasi muda untuk lebih memahami warisan budaya Indonesia dalam konsep keruangannya sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia serta memberi dorongan terhadap generasi muda Indonesia untuk menjunjung dan melestarikan sejarah serta kebudayaan yang merupakan bagian yang tak terpisahkan sebagai jati diri bangsa Indonesia. |
format |
Tugas Akhir |
author |
MUHAMMAD, Mirza Maulana |
author_facet |
MUHAMMAD, Mirza Maulana |
author_sort |
MUHAMMAD, Mirza Maulana |
title |
Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia Untuk Media Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar |
title_short |
Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia Untuk Media Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar |
title_full |
Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia Untuk Media Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar |
title_fullStr |
Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia Untuk Media Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar |
title_full_unstemmed |
Perancangan Atlas Warisan Budaya Indonesia Untuk Media Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar |
title_sort |
perancangan atlas warisan budaya indonesia untuk media pembelajaran anak di sekolah dasar |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2017 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40368 |
_version_ |
1741201266581700608 |