Analisis Representasi Surealisme Dalam Film Being John Malkovich (1999)
Penelitian ini meletakkan perhatian pada representasi surealisme dalam film produksi Hollywood. Pada saat kelahiran sinema surealis, sebagian besar sineas Perancis tak lagi mengikuti dan terpengaruh dengan tradisi Sinema Amerika Klasik yang sebelumnya sangat ditiru. Sebagian besar telah menggunakan...
Gorde:
Egile nagusia: | |
---|---|
Formatua: | Tugas Akhir |
Hizkuntza: | Indonesian |
Argitaratua: |
FSMR ISI Yk.
2017
|
Gaiak: | |
Sarrera elektronikoa: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40409 |
Etiketak: |
Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
|
Gaia: | Penelitian ini meletakkan perhatian pada representasi surealisme dalam film produksi Hollywood. Pada saat kelahiran sinema surealis, sebagian besar sineas Perancis tak lagi mengikuti dan terpengaruh dengan tradisi Sinema Amerika Klasik yang sebelumnya sangat ditiru. Sebagian besar telah menggunakan gaya sinema ini dan lahir firma-firma yang aktif dalam penghasilan film-film yang berunsurkan surealisme. Disamping itu, kondisi perfilman Hollywood menurun. Namun, Hollywood tak kehabisan akal dan mencoba menggunakan pendekatan-pendekatan sinema terdahulu, salah satunya surealisme. Film Being John Malkovich menjadi objek yang diteliti dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan penelitian menggunakan semiologi Ferdinand de Saussure untuk menganalisa teks (terlihat dalam film) yang secara sederhana, petanda (signified) lebih mengacu pada ‘konsep’, sedangkan penanda (signifier) lebih pada aspek materi dari ‘konsep’ – yang terdiri dari audio dan visual. Selanjutnya, konsep representasi digunakan dalam tahapan analisis wacana – pembacaan lanjutan dari hasil analisi teks dengan analisis bahasa film Christian Metz. Unsur surealisme dapat dilihat pada aspek naratif yakni plot cerita dan karakter, serta dari segi sinematik yakni setting, kostum, pemain dan pergerakannya, serta dialog. |
---|