Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”
Gaya hidup bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Gaya hidup sebagai referensi kebudayaan modern memberikan pengaruhnya terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”. Penamp...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40460 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-40460 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-404602019-07-22T08:39:44Z Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” MAHMUDA, Miftah Afif Televisi Iklan desain komunikasi visual FSR ISI Yk. 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40460 DK/Mah/s/2014 Gaya hidup bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Gaya hidup sebagai referensi kebudayaan modern memberikan pengaruhnya terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”. Penampilan visual iklan yang didominasi oleh gemerlap kota metropolitan mengacu pada modernitas gaya hidup masyarakat Indonesia. Faktor konsumtivisme dalam gaya hidup modern masyarakat Indonesia, dimunculkan dalam gaya fashion, pemilihan setting, properti dan tentu saja, talent yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana gaya hidup modern masyarakat Indonesia memberikan pengaruhnya terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” melalui objek-objek yang dapat merepresentasikan konsumtivisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan realita gaya hidup modern pada anak muda Indonesia, dan kemudian mencari pengaruhnya terhadap visualisasi iklan. Kajian penelitian ini akan menggunakan pendekatan sosiologi desain untuk mencari makna di balik objek-objek gaya hidup modern dalam iklan. Dengan memahami makna sosial objek-objek tersebut, peneliti akan menjelaskan bagaimana visualisasi iklan terbentuk mengikuti realita gaya hidup dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya pengaruh gaya hidup modern masyarakat Indonesia terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”. Visualisasi iklan yang muncul dipengaruhi oleh berbagai gaya fashion, gemerlap perkotaan, pusat perbelanjaan, alat transportasi, dan realita sosial kemasyarakatan di Indonesia. Gaya desain dalam iklan memberikan kesan dan mendeskripsikan kehidupan masyarakat yang sedang berlangsung. Yogyakarta xviii, 168 hal.: ilus., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Televisi Iklan desain komunikasi visual NONE |
spellingShingle |
Televisi Iklan desain komunikasi visual NONE MAHMUDA, Miftah Afif Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” |
description |
Gaya hidup bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Gaya hidup sebagai referensi kebudayaan modern memberikan pengaruhnya terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”. Penampilan visual iklan yang didominasi oleh gemerlap kota metropolitan mengacu pada modernitas gaya hidup masyarakat Indonesia. Faktor konsumtivisme dalam gaya hidup modern masyarakat Indonesia, dimunculkan dalam gaya fashion, pemilihan setting, properti dan tentu saja, talent yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana gaya hidup modern masyarakat Indonesia memberikan pengaruhnya terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” melalui objek-objek yang dapat merepresentasikan konsumtivisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan realita gaya hidup modern pada anak muda Indonesia, dan kemudian mencari pengaruhnya terhadap visualisasi iklan. Kajian penelitian ini akan menggunakan pendekatan sosiologi desain untuk mencari makna di balik objek-objek gaya hidup modern dalam iklan. Dengan memahami makna sosial objek-objek tersebut, peneliti akan menjelaskan bagaimana visualisasi iklan terbentuk mengikuti realita gaya hidup dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya pengaruh gaya hidup modern masyarakat Indonesia terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”. Visualisasi iklan yang muncul dipengaruhi oleh berbagai gaya fashion, gemerlap perkotaan, pusat perbelanjaan, alat transportasi, dan realita sosial kemasyarakatan di Indonesia. Gaya desain dalam iklan memberikan kesan dan mendeskripsikan kehidupan masyarakat yang sedang berlangsung. |
format |
Tugas Akhir |
author |
MAHMUDA, Miftah Afif |
author_facet |
MAHMUDA, Miftah Afif |
author_sort |
MAHMUDA, Miftah Afif |
title |
Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” |
title_short |
Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” |
title_full |
Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” |
title_fullStr |
Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” |
title_full_unstemmed |
Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” |
title_sort |
studi pengaruh gaya hidup modern masyarakat indonesia terhadap visualisasi iklan televisi tri indie+ versi “anak cowok” dan “anak cewek” |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2014 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40460 |
_version_ |
1741201283841261568 |