Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor

Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyakragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada halyang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkanbelom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Malik, Faris Maulana
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi D4 Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40485
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyakragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada halyang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkanbelom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues) karya Antonio-Carlos Jobim.Dengan adanya masalah tersebut penulis mempunyai ide untuk mencarijawaban dari bagaimana cara mengolah dan mengaplikasikan Modes Ionian System,Harmonic Minor System, Melodic Minor System dan Symmetric Scale pada lagu ChegaDe Saudade (No More Blues) ditinjau dari progres akor dan bagaimana cara membuatlick atau riff panjangnya 2 sampai 4 birama bahkan lebih pada lagu tersebut. Untukmencari jawaban tersebut penulis menggunakan metode modal (modes), phrasing,variasi dan tanda istirahat, offbeat dan onbeat, akor ii – V – I, ghost note, ritmis, passingharmonies, trinada subtitusi, dan ritmis yang sama dalam setiap birama. Setelahditetapkan metode maka mulai dilakukan analisis. Analisis dilakukan dengan caramembahas progresi akor yang relasi dengan modes tersebut, dengan cara melihatpemahaman riff pada lagu Chega De Saudade (No More Blues).Kesimpulan yang diperoleh bahwa dengan menggunakan metode-metodetersebut penulis bisa menerapkan modes kedalam improvisasi pada lagu Chega DeSaudade (No More Blues) yang ditinjau dari progresi akor.