Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor

Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyakragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada halyang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkanbelom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Malik, Faris Maulana
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi D4 Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40485
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40485
record_format oai_dc
spelling isilib-404852019-07-23T11:48:34Z Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor Malik, Faris Maulana membuat riff mengaplikasikan mengolah Prodi D4 Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40485 D4/MS/Mal/p/2018 Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyakragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada halyang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkanbelom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues) karya Antonio-Carlos Jobim.Dengan adanya masalah tersebut penulis mempunyai ide untuk mencarijawaban dari bagaimana cara mengolah dan mengaplikasikan Modes Ionian System,Harmonic Minor System, Melodic Minor System dan Symmetric Scale pada lagu ChegaDe Saudade (No More Blues) ditinjau dari progres akor dan bagaimana cara membuatlick atau riff panjangnya 2 sampai 4 birama bahkan lebih pada lagu tersebut. Untukmencari jawaban tersebut penulis menggunakan metode modal (modes), phrasing,variasi dan tanda istirahat, offbeat dan onbeat, akor ii – V – I, ghost note, ritmis, passingharmonies, trinada subtitusi, dan ritmis yang sama dalam setiap birama. Setelahditetapkan metode maka mulai dilakukan analisis. Analisis dilakukan dengan caramembahas progresi akor yang relasi dengan modes tersebut, dengan cara melihatpemahaman riff pada lagu Chega De Saudade (No More Blues).Kesimpulan yang diperoleh bahwa dengan menggunakan metode-metodetersebut penulis bisa menerapkan modes kedalam improvisasi pada lagu Chega DeSaudade (No More Blues) yang ditinjau dari progresi akor. Yogyakarta xiii, 42 hal.: ill.; 27 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic membuat riff
mengaplikasikan
mengolah
NONE
spellingShingle membuat riff
mengaplikasikan
mengolah
NONE
Malik, Faris Maulana
Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor
description Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyakragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada halyang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkanbelom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues) karya Antonio-Carlos Jobim.Dengan adanya masalah tersebut penulis mempunyai ide untuk mencarijawaban dari bagaimana cara mengolah dan mengaplikasikan Modes Ionian System,Harmonic Minor System, Melodic Minor System dan Symmetric Scale pada lagu ChegaDe Saudade (No More Blues) ditinjau dari progres akor dan bagaimana cara membuatlick atau riff panjangnya 2 sampai 4 birama bahkan lebih pada lagu tersebut. Untukmencari jawaban tersebut penulis menggunakan metode modal (modes), phrasing,variasi dan tanda istirahat, offbeat dan onbeat, akor ii – V – I, ghost note, ritmis, passingharmonies, trinada subtitusi, dan ritmis yang sama dalam setiap birama. Setelahditetapkan metode maka mulai dilakukan analisis. Analisis dilakukan dengan caramembahas progresi akor yang relasi dengan modes tersebut, dengan cara melihatpemahaman riff pada lagu Chega De Saudade (No More Blues).Kesimpulan yang diperoleh bahwa dengan menggunakan metode-metodetersebut penulis bisa menerapkan modes kedalam improvisasi pada lagu Chega DeSaudade (No More Blues) yang ditinjau dari progresi akor.
format Tugas Akhir
author Malik, Faris Maulana
author_facet Malik, Faris Maulana
author_sort Malik, Faris Maulana
title Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor
title_short Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor
title_full Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor
title_fullStr Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor
title_full_unstemmed Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor
title_sort pengolahan modes dalam improvisasi pada lagu chega de saudade (no more blues) karya antonio-carlos jobim ditinjau dari progresi akor
publisher Prodi D4 Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40485
_version_ 1741201289009692672