Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor
Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyakragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada halyang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkanbelom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi D4 Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40485 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-40485 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-404852019-07-23T11:48:34Z Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor Malik, Faris Maulana membuat riff mengaplikasikan mengolah Prodi D4 Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40485 D4/MS/Mal/p/2018 Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyakragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada halyang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkanbelom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues) karya Antonio-Carlos Jobim.Dengan adanya masalah tersebut penulis mempunyai ide untuk mencarijawaban dari bagaimana cara mengolah dan mengaplikasikan Modes Ionian System,Harmonic Minor System, Melodic Minor System dan Symmetric Scale pada lagu ChegaDe Saudade (No More Blues) ditinjau dari progres akor dan bagaimana cara membuatlick atau riff panjangnya 2 sampai 4 birama bahkan lebih pada lagu tersebut. Untukmencari jawaban tersebut penulis menggunakan metode modal (modes), phrasing,variasi dan tanda istirahat, offbeat dan onbeat, akor ii – V – I, ghost note, ritmis, passingharmonies, trinada subtitusi, dan ritmis yang sama dalam setiap birama. Setelahditetapkan metode maka mulai dilakukan analisis. Analisis dilakukan dengan caramembahas progresi akor yang relasi dengan modes tersebut, dengan cara melihatpemahaman riff pada lagu Chega De Saudade (No More Blues).Kesimpulan yang diperoleh bahwa dengan menggunakan metode-metodetersebut penulis bisa menerapkan modes kedalam improvisasi pada lagu Chega DeSaudade (No More Blues) yang ditinjau dari progresi akor. Yogyakarta xiii, 42 hal.: ill.; 27 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
membuat riff mengaplikasikan mengolah NONE |
spellingShingle |
membuat riff mengaplikasikan mengolah NONE Malik, Faris Maulana Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor |
description |
Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyakragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada halyang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkanbelom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues) karya Antonio-Carlos Jobim.Dengan adanya masalah tersebut penulis mempunyai ide untuk mencarijawaban dari bagaimana cara mengolah dan mengaplikasikan Modes Ionian System,Harmonic Minor System, Melodic Minor System dan Symmetric Scale pada lagu ChegaDe Saudade (No More Blues) ditinjau dari progres akor dan bagaimana cara membuatlick atau riff panjangnya 2 sampai 4 birama bahkan lebih pada lagu tersebut. Untukmencari jawaban tersebut penulis menggunakan metode modal (modes), phrasing,variasi dan tanda istirahat, offbeat dan onbeat, akor ii – V – I, ghost note, ritmis, passingharmonies, trinada subtitusi, dan ritmis yang sama dalam setiap birama. Setelahditetapkan metode maka mulai dilakukan analisis. Analisis dilakukan dengan caramembahas progresi akor yang relasi dengan modes tersebut, dengan cara melihatpemahaman riff pada lagu Chega De Saudade (No More Blues).Kesimpulan yang diperoleh bahwa dengan menggunakan metode-metodetersebut penulis bisa menerapkan modes kedalam improvisasi pada lagu Chega DeSaudade (No More Blues) yang ditinjau dari progresi akor. |
format |
Tugas Akhir |
author |
Malik, Faris Maulana |
author_facet |
Malik, Faris Maulana |
author_sort |
Malik, Faris Maulana |
title |
Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor |
title_short |
Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor |
title_full |
Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor |
title_fullStr |
Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor |
title_full_unstemmed |
Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor |
title_sort |
pengolahan modes dalam improvisasi pada lagu chega de saudade (no more blues) karya antonio-carlos jobim ditinjau dari progresi akor |
publisher |
Prodi D4 Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40485 |
_version_ |
1741201289009692672 |