Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang
Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah sebuah langgam Jawa yang diciptakanoleh Andjar Any yang pada umumnya dimainkan dalam sebuah sajian musikkeroncong dan karawitan Jawa dilantunkan dalam musik pentatonis dengan titi laraspelog patet nem. Salah satu instrumen musik diatonis dan gamelan Jawa adalah biol...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jurusan Musik FSP ISI Ygyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40516 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-40516 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-405162019-07-31T10:53:31Z Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang SARIDEWI, Lintan Yen Ing Tawang Ono Lintang Rebab dan Biola Interpretasi Jurusan Musik FSP ISI Ygyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40516 MS/Sar/i/2019 Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah sebuah langgam Jawa yang diciptakanoleh Andjar Any yang pada umumnya dimainkan dalam sebuah sajian musikkeroncong dan karawitan Jawa dilantunkan dalam musik pentatonis dengan titi laraspelog patet nem. Salah satu instrumen musik diatonis dan gamelan Jawa adalah bioladan rebab yang memiliki hubungan sesama alat musik gesek. Penulisan ini akanmenjelaskan menginterpretasikan permainan rebab dalam teknik permainan biolapada lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang. Dalam penulisan tugas akhir ini akandibahas penelitian pentatonis dibaca dengan kacamata musikologis. Metode kualitatifdengan pendekatan musikologis pada cakupan unsur ilmu di dalamnya sepertimelodi, dinamik, harmoni dan warna suara. Perbedaan nada pentatonis pelog patetnem yang dihasilkan dalam penalaan penelitian ini cenderung lebih rendah dari nadadiatonis yang menggunakan sistem tuning equal temperament, just intonation, meantonetemperament dan sistem perbandingan yang mempunyai standarisasi nada A440-445 hertz. Bentuk lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah incipient three-partsong form. Biola dan rebab memiliki peran penting dalam sebuah sajian musikkeroncong maupun karawitan Jawa. Biola sangat bisa menginterpretasikan permainanrebab dengan cara menyesuaikan pitch antara biola dengan gamelan terlebih dahulu,kemudian melatih dan menerapkan teknik-teknik kosokan, cengkok permainan rebabdan menciptakan rasa yang akan dibawakan pada permaianan tersebut dengan caramengetahui latar belakang isi lagu. Yogyakarta xiii, 76 hal.: ill.; 27 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Yen Ing Tawang Ono Lintang Rebab dan Biola Interpretasi NONE |
spellingShingle |
Yen Ing Tawang Ono Lintang Rebab dan Biola Interpretasi NONE SARIDEWI, Lintan Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang |
description |
Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah sebuah langgam Jawa yang diciptakanoleh Andjar Any yang pada umumnya dimainkan dalam sebuah sajian musikkeroncong dan karawitan Jawa dilantunkan dalam musik pentatonis dengan titi laraspelog patet nem. Salah satu instrumen musik diatonis dan gamelan Jawa adalah bioladan rebab yang memiliki hubungan sesama alat musik gesek. Penulisan ini akanmenjelaskan menginterpretasikan permainan rebab dalam teknik permainan biolapada lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang. Dalam penulisan tugas akhir ini akandibahas penelitian pentatonis dibaca dengan kacamata musikologis. Metode kualitatifdengan pendekatan musikologis pada cakupan unsur ilmu di dalamnya sepertimelodi, dinamik, harmoni dan warna suara. Perbedaan nada pentatonis pelog patetnem yang dihasilkan dalam penalaan penelitian ini cenderung lebih rendah dari nadadiatonis yang menggunakan sistem tuning equal temperament, just intonation, meantonetemperament dan sistem perbandingan yang mempunyai standarisasi nada A440-445 hertz. Bentuk lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah incipient three-partsong form. Biola dan rebab memiliki peran penting dalam sebuah sajian musikkeroncong maupun karawitan Jawa. Biola sangat bisa menginterpretasikan permainanrebab dengan cara menyesuaikan pitch antara biola dengan gamelan terlebih dahulu,kemudian melatih dan menerapkan teknik-teknik kosokan, cengkok permainan rebabdan menciptakan rasa yang akan dibawakan pada permaianan tersebut dengan caramengetahui latar belakang isi lagu. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SARIDEWI, Lintan |
author_facet |
SARIDEWI, Lintan |
author_sort |
SARIDEWI, Lintan |
title |
Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang |
title_short |
Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang |
title_full |
Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang |
title_fullStr |
Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang |
title_full_unstemmed |
Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang |
title_sort |
interpretasi permainan rebab dalam teknik permainan biola pada lagu yen ing tawang ono lintang |
publisher |
Jurusan Musik FSP ISI Ygyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40516 |
_version_ |
1741201294922612736 |