Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang

Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah sebuah langgam Jawa yang diciptakanoleh Andjar Any yang pada umumnya dimainkan dalam sebuah sajian musikkeroncong dan karawitan Jawa dilantunkan dalam musik pentatonis dengan titi laraspelog patet nem. Salah satu instrumen musik diatonis dan gamelan Jawa adalah biol...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARIDEWI, Lintan
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jurusan Musik FSP ISI Ygyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40516
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40516
record_format oai_dc
spelling isilib-405162019-07-31T10:53:31Z Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang SARIDEWI, Lintan Yen Ing Tawang Ono Lintang Rebab dan Biola Interpretasi Jurusan Musik FSP ISI Ygyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40516 MS/Sar/i/2019 Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah sebuah langgam Jawa yang diciptakanoleh Andjar Any yang pada umumnya dimainkan dalam sebuah sajian musikkeroncong dan karawitan Jawa dilantunkan dalam musik pentatonis dengan titi laraspelog patet nem. Salah satu instrumen musik diatonis dan gamelan Jawa adalah bioladan rebab yang memiliki hubungan sesama alat musik gesek. Penulisan ini akanmenjelaskan menginterpretasikan permainan rebab dalam teknik permainan biolapada lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang. Dalam penulisan tugas akhir ini akandibahas penelitian pentatonis dibaca dengan kacamata musikologis. Metode kualitatifdengan pendekatan musikologis pada cakupan unsur ilmu di dalamnya sepertimelodi, dinamik, harmoni dan warna suara. Perbedaan nada pentatonis pelog patetnem yang dihasilkan dalam penalaan penelitian ini cenderung lebih rendah dari nadadiatonis yang menggunakan sistem tuning equal temperament, just intonation, meantonetemperament dan sistem perbandingan yang mempunyai standarisasi nada A440-445 hertz. Bentuk lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah incipient three-partsong form. Biola dan rebab memiliki peran penting dalam sebuah sajian musikkeroncong maupun karawitan Jawa. Biola sangat bisa menginterpretasikan permainanrebab dengan cara menyesuaikan pitch antara biola dengan gamelan terlebih dahulu,kemudian melatih dan menerapkan teknik-teknik kosokan, cengkok permainan rebabdan menciptakan rasa yang akan dibawakan pada permaianan tersebut dengan caramengetahui latar belakang isi lagu. Yogyakarta xiii, 76 hal.: ill.; 27 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Yen Ing Tawang Ono Lintang
Rebab dan Biola
Interpretasi
NONE
spellingShingle Yen Ing Tawang Ono Lintang
Rebab dan Biola
Interpretasi
NONE
SARIDEWI, Lintan
Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang
description Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah sebuah langgam Jawa yang diciptakanoleh Andjar Any yang pada umumnya dimainkan dalam sebuah sajian musikkeroncong dan karawitan Jawa dilantunkan dalam musik pentatonis dengan titi laraspelog patet nem. Salah satu instrumen musik diatonis dan gamelan Jawa adalah bioladan rebab yang memiliki hubungan sesama alat musik gesek. Penulisan ini akanmenjelaskan menginterpretasikan permainan rebab dalam teknik permainan biolapada lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang. Dalam penulisan tugas akhir ini akandibahas penelitian pentatonis dibaca dengan kacamata musikologis. Metode kualitatifdengan pendekatan musikologis pada cakupan unsur ilmu di dalamnya sepertimelodi, dinamik, harmoni dan warna suara. Perbedaan nada pentatonis pelog patetnem yang dihasilkan dalam penalaan penelitian ini cenderung lebih rendah dari nadadiatonis yang menggunakan sistem tuning equal temperament, just intonation, meantonetemperament dan sistem perbandingan yang mempunyai standarisasi nada A440-445 hertz. Bentuk lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah incipient three-partsong form. Biola dan rebab memiliki peran penting dalam sebuah sajian musikkeroncong maupun karawitan Jawa. Biola sangat bisa menginterpretasikan permainanrebab dengan cara menyesuaikan pitch antara biola dengan gamelan terlebih dahulu,kemudian melatih dan menerapkan teknik-teknik kosokan, cengkok permainan rebabdan menciptakan rasa yang akan dibawakan pada permaianan tersebut dengan caramengetahui latar belakang isi lagu.
format Tugas Akhir
author SARIDEWI, Lintan
author_facet SARIDEWI, Lintan
author_sort SARIDEWI, Lintan
title Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang
title_short Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang
title_full Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang
title_fullStr Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang
title_full_unstemmed Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang
title_sort interpretasi permainan rebab dalam teknik permainan biola pada lagu yen ing tawang ono lintang
publisher Jurusan Musik FSP ISI Ygyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40516
_version_ 1741201294922612736