Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Unisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran seni di SMP Negeri 2 Sewon Bantul belum sesuai dengan karakter kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi dan hal tersebut mengakibatkan anak bosan, meskipun di sekolah tersebut...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JUWITARAHMI, Vianazir
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Ygyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40526
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40526
record_format oai_dc
spelling isilib-405262019-08-02T14:52:08Z Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Unisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon JUWITARAHMI, Vianazir Bernyanyi Unisono Metode Inkuiri efektivitas Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Ygyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40526 PSP/Rah/e/2019 Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran seni di SMP Negeri 2 Sewon Bantul belum sesuai dengan karakter kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi dan hal tersebut mengakibatkan anak bosan, meskipun di sekolah tersebut sudah tersedia media yang mendukung penggunaan metode inkuiri. Fokus penelitian ini adalah cara penerapan metode inkuiri tersebut dan ingin mengetahui efektivitasnya terhadap pelaksanaan proses dan hasil pembelajarannya.Sampel penelitian adalah kelas VII G Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sewon. Bernyanyi unisono dijadikan objek penelitiannya, sedangkan subjek atau informan penelitiannya adalah guru seni musik dan siswa kelas tersebut. instrumen pengumpulan datanya meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan, mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan April. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Tujuan metode ini adalah memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu siklus yang terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan perbaikan. Penelitian terdiri atas tiga siklus; pertama penyampaian materi teori dasar musik, kedua latihan birama, dan ketiga praktik bernyanyi unisono.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri pada pembelajaran seni musik materi seni bernyanyi unisono dalam tiga siklus sudah dapat merubah proses pembelajaran tersebut. Penggunaan metode ini efektif untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran; guru sudah secara nyaman menggunakan metode dan medianya, siswa menjadi lebih aktif, dan nilai praktik bernyanyi unisono kelas ini meningkat. Yogyakarta xv, 122 hal.: ill.; 27 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Bernyanyi Unisono
Metode Inkuiri
efektivitas
NONE
spellingShingle Bernyanyi Unisono
Metode Inkuiri
efektivitas
NONE
JUWITARAHMI, Vianazir
Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Unisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon
description Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran seni di SMP Negeri 2 Sewon Bantul belum sesuai dengan karakter kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi dan hal tersebut mengakibatkan anak bosan, meskipun di sekolah tersebut sudah tersedia media yang mendukung penggunaan metode inkuiri. Fokus penelitian ini adalah cara penerapan metode inkuiri tersebut dan ingin mengetahui efektivitasnya terhadap pelaksanaan proses dan hasil pembelajarannya.Sampel penelitian adalah kelas VII G Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sewon. Bernyanyi unisono dijadikan objek penelitiannya, sedangkan subjek atau informan penelitiannya adalah guru seni musik dan siswa kelas tersebut. instrumen pengumpulan datanya meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan, mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan April. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Tujuan metode ini adalah memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu siklus yang terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan perbaikan. Penelitian terdiri atas tiga siklus; pertama penyampaian materi teori dasar musik, kedua latihan birama, dan ketiga praktik bernyanyi unisono.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri pada pembelajaran seni musik materi seni bernyanyi unisono dalam tiga siklus sudah dapat merubah proses pembelajaran tersebut. Penggunaan metode ini efektif untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran; guru sudah secara nyaman menggunakan metode dan medianya, siswa menjadi lebih aktif, dan nilai praktik bernyanyi unisono kelas ini meningkat.
format Tugas Akhir
author JUWITARAHMI, Vianazir
author_facet JUWITARAHMI, Vianazir
author_sort JUWITARAHMI, Vianazir
title Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Unisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon
title_short Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Unisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon
title_full Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Unisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon
title_fullStr Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Unisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon
title_full_unstemmed Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Unisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon
title_sort efektivitas metode inkuiri untuk pembelajaran bernyanyi unisono siswa kelas vii g smp negeri 2 sewon
publisher Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Ygyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40526
_version_ 1741201296793272320