Pernikahan Dini Sebagai Studi Kasus Maraknya Perceraian Dini di Banyuwangi Sumber Inspirasi Penciptaan Karana Smara

Komposisi Karana Smara merupakan bentuk representasi sebuahperjalanan riwayat hidup seorang Dinda. Karana Smara diartikan sebagai sebabasmara yang dalam prilaku masa remaja tidak bertumpu pada tuntunan positif,hingga kebebasan bergaul mengakibatkan melompatnya masa yang belumwaktunya dan berakhir pa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRANATA, Wahyu Tredy
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi Etnomusikologi Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40528
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Komposisi Karana Smara merupakan bentuk representasi sebuahperjalanan riwayat hidup seorang Dinda. Karana Smara diartikan sebagai sebabasmara yang dalam prilaku masa remaja tidak bertumpu pada tuntunan positif,hingga kebebasan bergaul mengakibatkan melompatnya masa yang belumwaktunya dan berakhir pada perceraian. Sepanjang pengetahuan penulis, fenomenasosial tersebut sangat penting untuk disebarluaskan, yang salah satunya melaluikomposisi musik. Berdasarkan gejala atau permasalahan tersebut, gagasan yangmenjadi penawar dalam karya musik etnis yang bertajuk Karana Smara adalahbagaimana mewujudkan ide atau gagasan yang mengacu pada tahapan sikluskehidupan Dinda menjadi satu narasi dalam bentuk musik etnis yang berjudulKarana Smara. Hal ini sekaligus menjadi tujuan penulis dalam komposisi musiketnis.Penciptaan sebuah karya komposisi musik tentu memerlukan metode sabagailandasan guna mewujudkan sebuah bentuk karya seni yang ideal. Pada kesempatanini metode yang digunakan mengacu pada teori Alma M. Hawkins. Teori ini seringdigunakan dalam komposisi karya-karya seni sebelumnya, yang menjadi kitab sucidi Jurusan Seni Tari. Namun demikian teori ini bisa diaplikasikan dalam penciptaanmusik etnis. Adapun teori penciptaan ini meliputi ekplorasi, improvisasi danpembantukan atau komposisi.Penyajian komposisi Karana Smara merupakan sebuah campuran antarainstrumen etnis, modern dan olahan vocal yang mengacu pada konsep bentuksandyagita. Selain itu juga diadopsi beberapa pola atau motif tabuhan dari beberapatradisi seperti Banyuwangi, karawitan Jawa dan Bali, yang kemudiandikembangkan dengan teknik-teknik penggarapan musik. Bentuk penyajian yangada dalam karya komposisi musik etnis Karana Smara mengacu pada peristiwayang telah dikaji berdasarkan riwayat atau perjalanan Dinda, secara garis besarterdapat tiga bagian suasana peristiwa dalam karya ini yaitu suasana peristiwapercintaan, perceraian dan kebijaksanaan.