Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Tembang “Lirilir” Sebagai Media Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Nilai Religius Pada Anak

Bebagai kasus yang tidak sejalan dengan etika, moralitas, dan perilaku yangmenunjukkan rendahnya karakter anak kian meningkat dari tahun ke tahun. Inimembuktikan bahwa pendidikan pembentukan karakter terpuji belum berhasil secaramenyeluruh tertanam pada tiap individu sedari masa kanak-kanak. Tembang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SIDDIQI, Nabila Nurul
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakart 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40596
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40596
record_format oai_dc
spelling isilib-405962019-09-02T10:10:58Z Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Tembang “Lirilir” Sebagai Media Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Nilai Religius Pada Anak SIDDIQI, Nabila Nurul Buku ilustrasi, lir-ilir, Islam Prodi DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakart 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40596 DK/Sid/p/2019 Bebagai kasus yang tidak sejalan dengan etika, moralitas, dan perilaku yangmenunjukkan rendahnya karakter anak kian meningkat dari tahun ke tahun. Inimembuktikan bahwa pendidikan pembentukan karakter terpuji belum berhasil secaramenyeluruh tertanam pada tiap individu sedari masa kanak-kanak. Tembang ‘Lir-Ilir’memiliki lirik yang mendalam mengenai kehidupan seorang muslim. Maka dari itutembang ini dapat dijadikan mediator dakwah anak dalam memberikan pengetahuanmengenai adab seorang muslim yang sesuai dengan aturan Islam yang ada.Perancangan ini dibuat untuk memberikan wawasan ilmu pengetahuantentang moralitas beragama pada anak sekaligus memperkenalkan Wali Sanga dalamsejarah perkembangan Islam di daerah Jawa. Buku ini dirancang dengan teknik digital,sedangkan kontennya didapat dari hasil pengamatan, studi pustaka, dan wawancarayang kemudian dibuat dengan pendekatan yang menyenangkan, mudah dipahami, dangaya visual yang khas. Selain itu unsur interaktif di setiap halamannya membuat anakikut aktif dalam menanggapi informasi yang disajikan.Penulis meyakini bahwa media buku ilustrasi interaktif ini bisa ikut andildalam mencegah peningkatan kasus yang tidak sejalan dengan etika dan moralitasberagama pada anak. Buku ini memberikan social impact yang cukup besar. Hal inidikarena pendidikan yang tertanam sedari masa kanak-kanak akan memberikan efekyang cukup signifikan dalam memperbaiki generasi muslim kedepannya. Yogyakarta xii, 116 hal. : il. ; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Buku ilustrasi, lir-ilir, Islam
NONE
spellingShingle Buku ilustrasi, lir-ilir, Islam
NONE
SIDDIQI, Nabila Nurul
Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Tembang “Lirilir” Sebagai Media Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Nilai Religius Pada Anak
description Bebagai kasus yang tidak sejalan dengan etika, moralitas, dan perilaku yangmenunjukkan rendahnya karakter anak kian meningkat dari tahun ke tahun. Inimembuktikan bahwa pendidikan pembentukan karakter terpuji belum berhasil secaramenyeluruh tertanam pada tiap individu sedari masa kanak-kanak. Tembang ‘Lir-Ilir’memiliki lirik yang mendalam mengenai kehidupan seorang muslim. Maka dari itutembang ini dapat dijadikan mediator dakwah anak dalam memberikan pengetahuanmengenai adab seorang muslim yang sesuai dengan aturan Islam yang ada.Perancangan ini dibuat untuk memberikan wawasan ilmu pengetahuantentang moralitas beragama pada anak sekaligus memperkenalkan Wali Sanga dalamsejarah perkembangan Islam di daerah Jawa. Buku ini dirancang dengan teknik digital,sedangkan kontennya didapat dari hasil pengamatan, studi pustaka, dan wawancarayang kemudian dibuat dengan pendekatan yang menyenangkan, mudah dipahami, dangaya visual yang khas. Selain itu unsur interaktif di setiap halamannya membuat anakikut aktif dalam menanggapi informasi yang disajikan.Penulis meyakini bahwa media buku ilustrasi interaktif ini bisa ikut andildalam mencegah peningkatan kasus yang tidak sejalan dengan etika dan moralitasberagama pada anak. Buku ini memberikan social impact yang cukup besar. Hal inidikarena pendidikan yang tertanam sedari masa kanak-kanak akan memberikan efekyang cukup signifikan dalam memperbaiki generasi muslim kedepannya.
format Tugas Akhir
author SIDDIQI, Nabila Nurul
author_facet SIDDIQI, Nabila Nurul
author_sort SIDDIQI, Nabila Nurul
title Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Tembang “Lirilir” Sebagai Media Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Nilai Religius Pada Anak
title_short Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Tembang “Lirilir” Sebagai Media Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Nilai Religius Pada Anak
title_full Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Tembang “Lirilir” Sebagai Media Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Nilai Religius Pada Anak
title_fullStr Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Tembang “Lirilir” Sebagai Media Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Nilai Religius Pada Anak
title_full_unstemmed Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Tembang “Lirilir” Sebagai Media Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Nilai Religius Pada Anak
title_sort perancangan buku ilustrasi interaktif tembang “lirilir” sebagai media pembentukan karakter dan pemahaman nilai religius pada anak
publisher Prodi DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakart
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40596
_version_ 1741201309990649856