Lagu Gundhul-Gundhul Pacul Sebagai Materi Pembelajaran Violin Grade 1 Di Kursus Musik
Pembelajaran violin di kurus musik Ethnictro Yogyakarta menggunakan metode dari Suzuki. Metode Suzuki adalah suatu metode yang dicetuskan oleh Shinichi Suzuki. Metode Suzuki menggunakan konsep Mother Tongue Approach, yang terinspirasi dari prinsip dasar pembelajaran bahasa ibu. Dalam penggunaan meto...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40664 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pembelajaran violin di kurus musik Ethnictro Yogyakarta menggunakan metode dari Suzuki. Metode Suzuki adalah suatu metode yang dicetuskan oleh Shinichi Suzuki. Metode Suzuki menggunakan konsep Mother Tongue Approach, yang terinspirasi dari prinsip dasar pembelajaran bahasa ibu. Dalam penggunaan metode Suzuki di kursus musik ini, peneliti menemukan beberapa kendala dalam buku Suzuki Violin School 1 diantaranya, terdapat beberapa lagu yang kurang familiar untuk siswa sehingga terkadang siswa sulit untuk memahaminya. Hal tersebut yang menghambat proses pembelajaran. selanjutnya terkadang siswa merasa bosan dengan materi bahan lagu yang ada pada buku lagu tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu peneliti sekaligus sebagai pengajar terjun langsung ke lapangan untuk mengamati kegiatan belajar selama proses penelitian. Dengan mengetahui kendala tersebut peneliti menawarkan lagu Gundhul-Gundhul Pacul sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran violin. |
---|