Penciptaan Karya Film Animasi “Ketika Harus Memilih” Dengan Teknik Digital Dua Dimensi
Latar belakang penciptaan karya animasi 2D dengan judul “Ketika Harus Memilih” sebab kegelisahan karena turunnya budaya tolong menolong antar sesama manusia, dan tumbuh suburnya sikap individual dikalangan remaja. Karena itu penulis ingin menyampaikan bahwa tolong menolong sangat penting dalam kehid...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSMR ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40680 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Latar belakang penciptaan karya animasi 2D dengan judul “Ketika Harus Memilih” sebab kegelisahan karena turunnya budaya tolong menolong antar sesama manusia, dan tumbuh suburnya sikap individual dikalangan remaja. Karena itu penulis ingin menyampaikan bahwa tolong menolong sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, dan ingin menyampaikan maksud tersebut kepada penonton dengan cara yang menyenangkan. Karya animasi 2D dengan judul “Ketika Harus Memilih” adalah animasi pendek yang menceritakan tentang perjalanan seseorang yang berprofesi sebagai tukang besi atau pandai besi yang harus mengantarkan pedang karena ketidak tepatnya waktu pengerjaan. Pembuatan Film animasi “Ketika Harus Memilih” menggunakan teknik digital dengan cara menggambar satu tiap gerakannya atau biasa disebut dengan teknik frame by frame. Metode yang digunakan dalam pembuatan animasi frame by frame dimulai dari menggambar terlebih dahulu gerakan kunci yang disebut keyframe. lalu dilanjutkan dengan menggambar setiap gerakan penting di antara gambar keyframe yang disebut breakdown dan yang terakhir menambahkan gerakan penengah yang disebut in between. Dari ketiga metode itulah animator membuat sebuah ilusi gerakan. |
---|