Pengaruh Pembelajaran Euritmik Melalui Stimulasi Musik Dangdut Koplo Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Musik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kemlagi Mojokerto

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group de...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: UTOMO, Evi Ratna Sari Sandra Wahyu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40681
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40681
record_format oai_dc
spelling isilib-406812019-10-08T08:39:07Z Pengaruh Pembelajaran Euritmik Melalui Stimulasi Musik Dangdut Koplo Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Musik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kemlagi Mojokerto UTOMO, Evi Ratna Sari Sandra Wahyu pembelajaran euritmik, musik dangdut koplo, minat Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40681 MS/Uto/p/2019 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto yang berjumlah 188 peserta didik. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 32 peserta didik kelompok eksperimen dan 32 peserta didik kelompok kontrol. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dengan tingkat signifikansi homogenitas populasi menggunakan uji Levene’s sebesar 0,255. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik. Validitas instrumen penelitian didasarkan pada validitas isi dan validitas konstruk. Pengukuran validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken V, sedangkan pengukuran validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfirmatori. Reliabilitas instrumen penelitian menggunakan teknik Alpha Cronbach dan teknik Cohen’s Kappa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis ANOVA. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Saphiro-Wilk’s dan uji homogenitas menggunakan uji Levene’s.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil analisis menggunakan uji ANOVA kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat posttest dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut menunjukkan bahwa nilai < 0,05. Hasil penelitian dibuktikan berdasarkan nilai rata-rata minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik kelompok ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol pada saat posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Yogyakarta xii + 145 hal.; ilus.: 30 cm MS/Uto/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic pembelajaran euritmik, musik dangdut koplo, minat
MS/Uto/p/2019
spellingShingle pembelajaran euritmik, musik dangdut koplo, minat
MS/Uto/p/2019
UTOMO, Evi Ratna Sari Sandra Wahyu
Pengaruh Pembelajaran Euritmik Melalui Stimulasi Musik Dangdut Koplo Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Musik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kemlagi Mojokerto
description Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto yang berjumlah 188 peserta didik. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 32 peserta didik kelompok eksperimen dan 32 peserta didik kelompok kontrol. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dengan tingkat signifikansi homogenitas populasi menggunakan uji Levene’s sebesar 0,255. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik. Validitas instrumen penelitian didasarkan pada validitas isi dan validitas konstruk. Pengukuran validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken V, sedangkan pengukuran validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfirmatori. Reliabilitas instrumen penelitian menggunakan teknik Alpha Cronbach dan teknik Cohen’s Kappa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis ANOVA. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Saphiro-Wilk’s dan uji homogenitas menggunakan uji Levene’s.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil analisis menggunakan uji ANOVA kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat posttest dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut menunjukkan bahwa nilai < 0,05. Hasil penelitian dibuktikan berdasarkan nilai rata-rata minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik kelompok ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol pada saat posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.
format Tugas Akhir
author UTOMO, Evi Ratna Sari Sandra Wahyu
author_facet UTOMO, Evi Ratna Sari Sandra Wahyu
author_sort UTOMO, Evi Ratna Sari Sandra Wahyu
title Pengaruh Pembelajaran Euritmik Melalui Stimulasi Musik Dangdut Koplo Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Musik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kemlagi Mojokerto
title_short Pengaruh Pembelajaran Euritmik Melalui Stimulasi Musik Dangdut Koplo Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Musik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kemlagi Mojokerto
title_full Pengaruh Pembelajaran Euritmik Melalui Stimulasi Musik Dangdut Koplo Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Musik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kemlagi Mojokerto
title_fullStr Pengaruh Pembelajaran Euritmik Melalui Stimulasi Musik Dangdut Koplo Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Musik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kemlagi Mojokerto
title_full_unstemmed Pengaruh Pembelajaran Euritmik Melalui Stimulasi Musik Dangdut Koplo Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Musik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kemlagi Mojokerto
title_sort pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di sekolah menengah pertama negeri 1 kemlagi mojokerto
publisher Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40681
_version_ 1741201325971996672