Pembelajaran Ensambel Musik Untuk Anak Autis di Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, termasuk anak berkebutuhan khusus, seperti anak penyandang autis. Salah satu sekolah yang menangani anak autis yaitu Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta. SLB Fredofios memiliki program pembelajaran musik yang mana siswa penyandang autis mampu bermain mu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FARHAH, Della Mauhibah
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40684
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, termasuk anak berkebutuhan khusus, seperti anak penyandang autis. Salah satu sekolah yang menangani anak autis yaitu Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta. SLB Fredofios memiliki program pembelajaran musik yang mana siswa penyandang autis mampu bermain musik secara ensamble dengan cukup baik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan metode pembelajaran ensambel musik untuk anak autis di Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran dan metode yang digunakan dalam pembelajaran ensambel musik untuk anak autis. Penelitian ini melibatkan 6 siswa autis, 1 guru musik, dan 1 wakil kepala sekolah sebagai informan. Batasan masalah dalam penelitian ini yakni proses pembelajaran ensambel musik untuk anak autis serta kendala dan hambatan. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran ensambel musik untuk anak autis di Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta menggunakan metode ABA (applied behaviour analysis) sebagai pendekatan komunikasi guru terhadap anak autis serta metode demonstasi, imitas, dan teknik solmisasi untuk mengajar ensambel msuik.