Penerapan Metode Solfegio Sebagai Upaya Meningkatkan Pembeajaran Ansambel Musik Anak di Sekolah Dasar Negeri Minggiran Yogyakarta
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode solfegio serta bagaimana efektivitas penerapan metode solfegio dalam pembelajaran ansambel musik anak di SD Negeri Minggiran. Terdapat beberapa permasalahan yang menjadi alasan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40690 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode solfegio serta bagaimana efektivitas penerapan metode solfegio dalam pembelajaran ansambel musik anak di SD Negeri Minggiran. Terdapat beberapa permasalahan yang menjadi alasan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam sehingga mendapatkan hasil yang dapat digunakan sebagai referensi tambahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif sebagai pendekatan dalam menggali data serta tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa penerapan metode solfegio dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran ansambel musik anak di SD Negeri Minggiran, yaitu kemampuan siswa dalam membaca notasi musik. Metode solfegio terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca notasi musik. Selain itu penerapan metode ini juga efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa serta meningkatkan musikalitas siswa. |
---|