Perempuan Sebagai Ide Dasar Komposisi Musik Nareswari
Nareswari merupakan sebuah karya seni musik etnis yang bercerita tentang ke-perempuan-an yang bersumber pada sudut pandang Jawa, Ken Arok, dan Hindu. Bentuk komposisi karya ini menggunakan bentuk perpaduan antara vokal dan instrumental. Penggarapan karya ini menggunakan idiom gamelan Jawa dan Bali d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 Etnomusikologi Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Yk
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40714 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-40714 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-407142019-10-17T15:11:39Z Perempuan Sebagai Ide Dasar Komposisi Musik Nareswari NARESWARA, Rekyan Wimba Nareswari, perempuan Prodi S-1 Etnomusikologi Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Yk 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40714 EG/Nar/p/2019 Nareswari merupakan sebuah karya seni musik etnis yang bercerita tentang ke-perempuan-an yang bersumber pada sudut pandang Jawa, Ken Arok, dan Hindu. Bentuk komposisi karya ini menggunakan bentuk perpaduan antara vokal dan instrumental. Penggarapan karya ini menggunakan idiom gamelan Jawa dan Bali dengan latar belakang laras slendro dan pelog. Proses pembuatan karya ini menggunakan metode penciptaan Alma M. Hawkins yang meliputi eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Metode tersebut digunakan sebagai landasan berkarya untuk mengubah wacana kontekstual ke dalam tekstual, yaitu karya musik. Ide non musikal tentang perempuan dari sudut pandang Hindu, Jawa, dan Ken Arok dihadirkan dalam bentuk komposisi musik etnis menggunakan metode tersebut. Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa komposisi ini adalah gambaran wacana ke-perempuan-an yang diwacanakan dalam bentuk komposisi musik etnis. Yogyakarta xiii + 62 hal.; ilus.: 30 cm EG/Nar/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Nareswari, perempuan EG/Nar/p/2019 |
spellingShingle |
Nareswari, perempuan EG/Nar/p/2019 NARESWARA, Rekyan Wimba Perempuan Sebagai Ide Dasar Komposisi Musik Nareswari |
description |
Nareswari merupakan sebuah karya seni musik etnis yang bercerita tentang ke-perempuan-an yang bersumber pada sudut pandang Jawa, Ken Arok, dan Hindu. Bentuk komposisi karya ini menggunakan bentuk perpaduan antara vokal dan instrumental. Penggarapan karya ini menggunakan idiom gamelan Jawa dan Bali dengan latar belakang laras slendro dan pelog. Proses pembuatan karya ini menggunakan metode penciptaan Alma M. Hawkins yang meliputi eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Metode tersebut digunakan sebagai landasan berkarya untuk mengubah wacana kontekstual ke dalam tekstual, yaitu karya musik. Ide non musikal tentang perempuan dari sudut pandang Hindu, Jawa, dan Ken Arok dihadirkan dalam bentuk komposisi musik etnis menggunakan metode tersebut. Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa komposisi ini adalah gambaran wacana ke-perempuan-an yang diwacanakan dalam bentuk komposisi musik etnis. |
format |
Tugas Akhir |
author |
NARESWARA, Rekyan Wimba |
author_facet |
NARESWARA, Rekyan Wimba |
author_sort |
NARESWARA, Rekyan Wimba |
title |
Perempuan Sebagai Ide Dasar Komposisi Musik Nareswari |
title_short |
Perempuan Sebagai Ide Dasar Komposisi Musik Nareswari |
title_full |
Perempuan Sebagai Ide Dasar Komposisi Musik Nareswari |
title_fullStr |
Perempuan Sebagai Ide Dasar Komposisi Musik Nareswari |
title_full_unstemmed |
Perempuan Sebagai Ide Dasar Komposisi Musik Nareswari |
title_sort |
perempuan sebagai ide dasar komposisi musik nareswari |
publisher |
Prodi S-1 Etnomusikologi Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Yk |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40714 |
_version_ |
1741201332110360576 |