Analisis Perbandingan Kemasan Program Acara Televisi Franchise “Eat Bulaga! Filipina” Dan “The New Eat Bulaga! Indonesia

Persaingan antar stasiun televisi untuk menampilkan program acara televisi terbaiknya sangatlah ketat, salah satunya dengan format program acara televisi variety show. The new Eat Bulaga! Indonesia salah satunya, program acara televisi ini merupakan program acara televisi franchise dari luar negeri,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIAWATI, Annisa Devi Nurrul
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSMR ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40761
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40761
record_format oai_dc
spelling isilib-407612019-10-31T13:34:31Z Analisis Perbandingan Kemasan Program Acara Televisi Franchise “Eat Bulaga! Filipina” Dan “The New Eat Bulaga! Indonesia KURNIAWATI, Annisa Devi Nurrul analisis perbandingan The New Eat Bulaga! Indonesia Eat Bulaga! Filipina Komparasi program franchise kemasan program FSMR ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40761 TV/Kur/a/2018 Persaingan antar stasiun televisi untuk menampilkan program acara televisi terbaiknya sangatlah ketat, salah satunya dengan format program acara televisi variety show. The new Eat Bulaga! Indonesia salah satunya, program acara televisi ini merupakan program acara televisi franchise dari luar negeri, “Eat Bulaga! Filipina”. Kedua program memiliki latarbelakang yang berbeda sehingga memerlukan penyesuaian untuk “Eat Bulaga! Filipina” ditayangkan di Indonesia. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah sara penyajian atau kemasan program acara televisinya. Maka penelitian ini memilih cara penyajian atau kemasan, elemen kemasan yang akan dianalisis berdasarkan teori dari Morissan. Penelitian dilakukan secara komparatif, membandingkan kemasan kedua program, untuk mengetahui sejauh mana persamaan dan perbedaannya. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dokumen dan observasi. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan temuan yang ditemukan dari kedua objek penelitian. Elemen kemasan yang diteliti terdiri dari; host, busana, setting, dan bumper. Hasil penelitian menujukkan bahwa persamaan dari kedua program cukup banyak, sedangkan perbedaan ada di beberapa bagian. Adanya persamaan dan perbedaan pada program ini bisa dikatakan diperoleh dari asal program acara televisi “Eat Bulaga! Filipina” yang di-franchise-kan, “The New Eat Bulaga! Indonesia” sebagai penerima franchise yang melakukan perubahan berdasarkan kesepakatan dengan pihak pemberi franchise. Yogyakarta xii, 132 hal.: ilus., lamp., 30 cm. S1/TV http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic analisis perbandingan
The New Eat Bulaga! Indonesia
Eat Bulaga! Filipina
Komparasi program franchise
kemasan program
S1/TV
spellingShingle analisis perbandingan
The New Eat Bulaga! Indonesia
Eat Bulaga! Filipina
Komparasi program franchise
kemasan program
S1/TV
KURNIAWATI, Annisa Devi Nurrul
Analisis Perbandingan Kemasan Program Acara Televisi Franchise “Eat Bulaga! Filipina” Dan “The New Eat Bulaga! Indonesia
description Persaingan antar stasiun televisi untuk menampilkan program acara televisi terbaiknya sangatlah ketat, salah satunya dengan format program acara televisi variety show. The new Eat Bulaga! Indonesia salah satunya, program acara televisi ini merupakan program acara televisi franchise dari luar negeri, “Eat Bulaga! Filipina”. Kedua program memiliki latarbelakang yang berbeda sehingga memerlukan penyesuaian untuk “Eat Bulaga! Filipina” ditayangkan di Indonesia. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah sara penyajian atau kemasan program acara televisinya. Maka penelitian ini memilih cara penyajian atau kemasan, elemen kemasan yang akan dianalisis berdasarkan teori dari Morissan. Penelitian dilakukan secara komparatif, membandingkan kemasan kedua program, untuk mengetahui sejauh mana persamaan dan perbedaannya. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dokumen dan observasi. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan temuan yang ditemukan dari kedua objek penelitian. Elemen kemasan yang diteliti terdiri dari; host, busana, setting, dan bumper. Hasil penelitian menujukkan bahwa persamaan dari kedua program cukup banyak, sedangkan perbedaan ada di beberapa bagian. Adanya persamaan dan perbedaan pada program ini bisa dikatakan diperoleh dari asal program acara televisi “Eat Bulaga! Filipina” yang di-franchise-kan, “The New Eat Bulaga! Indonesia” sebagai penerima franchise yang melakukan perubahan berdasarkan kesepakatan dengan pihak pemberi franchise.
format Tugas Akhir
author KURNIAWATI, Annisa Devi Nurrul
author_facet KURNIAWATI, Annisa Devi Nurrul
author_sort KURNIAWATI, Annisa Devi Nurrul
title Analisis Perbandingan Kemasan Program Acara Televisi Franchise “Eat Bulaga! Filipina” Dan “The New Eat Bulaga! Indonesia
title_short Analisis Perbandingan Kemasan Program Acara Televisi Franchise “Eat Bulaga! Filipina” Dan “The New Eat Bulaga! Indonesia
title_full Analisis Perbandingan Kemasan Program Acara Televisi Franchise “Eat Bulaga! Filipina” Dan “The New Eat Bulaga! Indonesia
title_fullStr Analisis Perbandingan Kemasan Program Acara Televisi Franchise “Eat Bulaga! Filipina” Dan “The New Eat Bulaga! Indonesia
title_full_unstemmed Analisis Perbandingan Kemasan Program Acara Televisi Franchise “Eat Bulaga! Filipina” Dan “The New Eat Bulaga! Indonesia
title_sort analisis perbandingan kemasan program acara televisi franchise “eat bulaga! filipina” dan “the new eat bulaga! indonesia
publisher FSMR ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40761
_version_ 1741201341428006912