Strategi pemasaran musik indie di era digital ( Studi Kasus : Multatuli)

Perkembangan teknologi sangat berdampak pada strategi pemasaran musik yang digunakan oleh para pelaku industri musik saat ini. Penelitian ini berusaha mengetahui strategi yang digunakan band indie saat ini dalam memasarkan musik mereka. Salah satu band yang menjadi studi kasus dalam penelitian ini a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANTOSA, Heribertus Agus Budi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40795
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Perkembangan teknologi sangat berdampak pada strategi pemasaran musik yang digunakan oleh para pelaku industri musik saat ini. Penelitian ini berusaha mengetahui strategi yang digunakan band indie saat ini dalam memasarkan musik mereka. Salah satu band yang menjadi studi kasus dalam penelitian ini adalah Multatuli. Multatuli adalah salah satu band indie asal Yogyakarta yang menyambut perkembangan teknologi dengan pemanfaatan yang tepat guna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara untuk mengetahui strategi pemasaran musik Multatuli dan konsep musik yang dibangun Multatuli. Berdasar hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa terdapat cara-cara yang tidak lagi efektif digunakan untuk pemasaran musik di era digital dewasa ini. Sejauh ini Multatuli telah melakukan semua langkah pemasaran musik yang lazim digunakan. Hal yang berbeda dalam langkah pemasaran Multatuli adalah penggunaan video lirik dan segmentasi target pendengar. Kedua langkah tersebut terbukti membuat Multatuli dapat menjaring massa untuk menjadi pendengarnya. Konsep musik yang dibangun Multatuli banyak terkait dengan kritik sosial kehidupan masyarakat di era digital dewasa ini.