Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta

Metode Kodaly merupakan metode pendidikan musik yang sebenarnya adalah prinsip-prinsip umum dalam pendidikan musik yang dirumuskan oleh Zoltan Kodaly. Oleh karena wujud aslinya berupa prinsip umum, maka aspek metode Kodaly dapat ditemukan dalam berbagai bentuk pendidikan musik, termasuk juga paduan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NAZARA, Lukas Otodogo
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40803
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40803
record_format oai_dc
spelling isilib-408032019-11-09T18:20:26Z Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta NAZARA, Lukas Otodogo Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Metode Kodaly Paduan Suara Pendidikan Musik Mahasiswa FSP ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40803 MS/Naz/a/2018 Metode Kodaly merupakan metode pendidikan musik yang sebenarnya adalah prinsip-prinsip umum dalam pendidikan musik yang dirumuskan oleh Zoltan Kodaly. Oleh karena wujud aslinya berupa prinsip umum, maka aspek metode Kodaly dapat ditemukan dalam berbagai bentuk pendidikan musik, termasuk juga paduan suara. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (PSM UGM) adalah salah satu kelompok paduan suara yang telah membuktikan kesuksesan kegiatan pendidikan musik dalam bentuk prestasi yang telah mereka raih dalam berbagai ajang kompetisi paduan suara. PSM UGM tidak secara utuh memakai metode Kodaly dalam pendidikan musiknya namun di dalam pelaksanaan pendidikan musik PSM UGM terdapat aspek-aspek metode Kodaly yang secara alami diterapkan. Oleh karena itu penelitian ini akan mengungkap apa saja aspek-aspek metode Kodaly yang diterapkan secara alami dalam PSM UGM dan bagaimana cara penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan data kualitatif yang mengedepankan kondisi alami PSM UGM sebagai objek penelitian. Dengan demikian diperoleh aspek-aspek metode kodaly yang secara alami terdapat pada PSM UGM yaitu prinsip pendidikan musik hak semua orang yang diterapkan lewat pemilihan repertoar yang berkualitas dan pendidikan musik yang memiliki standar perkembangan murid yang terukur, prinsip pendidikan musik ekliktik yang diterapkan lewat pembelajaran musik lewat bernyanyi dan penggunaan solmisasi dengan sistem moveable do serta prinsip pendidikan musik menumbuhkan kecintaan terhadap musik yang diterapkan lewat suasana kelas yang menyenangkan untuk peserta didik. Yogyakarta xi, 79 hal.: ilus., lamp., 30 cm S1/MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Metode Kodaly
Paduan Suara
Pendidikan Musik
Mahasiswa
S1/MS
spellingShingle Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Metode Kodaly
Paduan Suara
Pendidikan Musik
Mahasiswa
S1/MS
NAZARA, Lukas Otodogo
Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta
description Metode Kodaly merupakan metode pendidikan musik yang sebenarnya adalah prinsip-prinsip umum dalam pendidikan musik yang dirumuskan oleh Zoltan Kodaly. Oleh karena wujud aslinya berupa prinsip umum, maka aspek metode Kodaly dapat ditemukan dalam berbagai bentuk pendidikan musik, termasuk juga paduan suara. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (PSM UGM) adalah salah satu kelompok paduan suara yang telah membuktikan kesuksesan kegiatan pendidikan musik dalam bentuk prestasi yang telah mereka raih dalam berbagai ajang kompetisi paduan suara. PSM UGM tidak secara utuh memakai metode Kodaly dalam pendidikan musiknya namun di dalam pelaksanaan pendidikan musik PSM UGM terdapat aspek-aspek metode Kodaly yang secara alami diterapkan. Oleh karena itu penelitian ini akan mengungkap apa saja aspek-aspek metode Kodaly yang diterapkan secara alami dalam PSM UGM dan bagaimana cara penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan data kualitatif yang mengedepankan kondisi alami PSM UGM sebagai objek penelitian. Dengan demikian diperoleh aspek-aspek metode kodaly yang secara alami terdapat pada PSM UGM yaitu prinsip pendidikan musik hak semua orang yang diterapkan lewat pemilihan repertoar yang berkualitas dan pendidikan musik yang memiliki standar perkembangan murid yang terukur, prinsip pendidikan musik ekliktik yang diterapkan lewat pembelajaran musik lewat bernyanyi dan penggunaan solmisasi dengan sistem moveable do serta prinsip pendidikan musik menumbuhkan kecintaan terhadap musik yang diterapkan lewat suasana kelas yang menyenangkan untuk peserta didik.
format Tugas Akhir
author NAZARA, Lukas Otodogo
author_facet NAZARA, Lukas Otodogo
author_sort NAZARA, Lukas Otodogo
title Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta
title_short Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta
title_full Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta
title_fullStr Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta
title_full_unstemmed Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta
title_sort aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40803
_version_ 1741201349329027072