Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta
Metode Kodaly merupakan metode pendidikan musik yang sebenarnya adalah prinsip-prinsip umum dalam pendidikan musik yang dirumuskan oleh Zoltan Kodaly. Oleh karena wujud aslinya berupa prinsip umum, maka aspek metode Kodaly dapat ditemukan dalam berbagai bentuk pendidikan musik, termasuk juga paduan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40803 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-40803 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-408032019-11-09T18:20:26Z Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta NAZARA, Lukas Otodogo Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Metode Kodaly Paduan Suara Pendidikan Musik Mahasiswa FSP ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40803 MS/Naz/a/2018 Metode Kodaly merupakan metode pendidikan musik yang sebenarnya adalah prinsip-prinsip umum dalam pendidikan musik yang dirumuskan oleh Zoltan Kodaly. Oleh karena wujud aslinya berupa prinsip umum, maka aspek metode Kodaly dapat ditemukan dalam berbagai bentuk pendidikan musik, termasuk juga paduan suara. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (PSM UGM) adalah salah satu kelompok paduan suara yang telah membuktikan kesuksesan kegiatan pendidikan musik dalam bentuk prestasi yang telah mereka raih dalam berbagai ajang kompetisi paduan suara. PSM UGM tidak secara utuh memakai metode Kodaly dalam pendidikan musiknya namun di dalam pelaksanaan pendidikan musik PSM UGM terdapat aspek-aspek metode Kodaly yang secara alami diterapkan. Oleh karena itu penelitian ini akan mengungkap apa saja aspek-aspek metode Kodaly yang diterapkan secara alami dalam PSM UGM dan bagaimana cara penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan data kualitatif yang mengedepankan kondisi alami PSM UGM sebagai objek penelitian. Dengan demikian diperoleh aspek-aspek metode kodaly yang secara alami terdapat pada PSM UGM yaitu prinsip pendidikan musik hak semua orang yang diterapkan lewat pemilihan repertoar yang berkualitas dan pendidikan musik yang memiliki standar perkembangan murid yang terukur, prinsip pendidikan musik ekliktik yang diterapkan lewat pembelajaran musik lewat bernyanyi dan penggunaan solmisasi dengan sistem moveable do serta prinsip pendidikan musik menumbuhkan kecintaan terhadap musik yang diterapkan lewat suasana kelas yang menyenangkan untuk peserta didik. Yogyakarta xi, 79 hal.: ilus., lamp., 30 cm S1/MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Metode Kodaly Paduan Suara Pendidikan Musik Mahasiswa S1/MS |
spellingShingle |
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Metode Kodaly Paduan Suara Pendidikan Musik Mahasiswa S1/MS NAZARA, Lukas Otodogo Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta |
description |
Metode Kodaly merupakan metode pendidikan musik yang sebenarnya adalah prinsip-prinsip umum dalam pendidikan musik yang dirumuskan oleh Zoltan Kodaly. Oleh karena wujud aslinya berupa prinsip umum, maka aspek metode Kodaly dapat ditemukan dalam berbagai bentuk pendidikan musik, termasuk juga paduan suara. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (PSM UGM) adalah salah satu kelompok paduan suara yang telah membuktikan kesuksesan kegiatan pendidikan musik dalam bentuk prestasi yang telah mereka raih dalam berbagai ajang kompetisi paduan suara. PSM UGM tidak secara utuh memakai metode Kodaly dalam pendidikan musiknya namun di dalam pelaksanaan pendidikan musik PSM UGM terdapat aspek-aspek metode Kodaly yang secara alami diterapkan. Oleh karena itu penelitian ini akan mengungkap apa saja aspek-aspek metode Kodaly yang diterapkan secara alami dalam PSM UGM dan bagaimana cara penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan data kualitatif yang mengedepankan kondisi alami PSM UGM sebagai objek penelitian. Dengan demikian diperoleh aspek-aspek metode kodaly yang secara alami terdapat pada PSM UGM yaitu prinsip pendidikan musik hak semua orang yang diterapkan lewat pemilihan repertoar yang berkualitas dan pendidikan musik yang memiliki standar perkembangan murid yang terukur, prinsip pendidikan musik ekliktik yang diterapkan lewat pembelajaran musik lewat bernyanyi dan penggunaan solmisasi dengan sistem moveable do serta prinsip pendidikan musik menumbuhkan kecintaan terhadap musik yang diterapkan lewat suasana kelas yang menyenangkan untuk peserta didik. |
format |
Tugas Akhir |
author |
NAZARA, Lukas Otodogo |
author_facet |
NAZARA, Lukas Otodogo |
author_sort |
NAZARA, Lukas Otodogo |
title |
Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta |
title_short |
Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta |
title_full |
Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta |
title_fullStr |
Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta |
title_sort |
aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40803 |
_version_ |
1741201349329027072 |