Perancangan Infografis Bergerak Sebagai Media Edukasi Seni Rupa Postmodernisme Di Indonesia
Pokok permasalahan perancangan ini dimulai dari munculnya kegelisahanatas kehidupan manusia sekarang yang ditampilkan melalui pencitraan yangmenarik atau bahkan lelucon yang dapat diterima sebagai sebuah realitas.Praktik tersebut disebut-sebut sebagai bagian dari seni rupa postmodernisme.Postmoderni...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40804 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pokok permasalahan perancangan ini dimulai dari munculnya kegelisahanatas kehidupan manusia sekarang yang ditampilkan melalui pencitraan yangmenarik atau bahkan lelucon yang dapat diterima sebagai sebuah realitas.Praktik tersebut disebut-sebut sebagai bagian dari seni rupa postmodernisme.Postmodernisme memiliki daya tarik yang positif sekaligus daya guna bagianalisis budaya populer. Objek-objek seni dalam masyarakat kebudayaanpostmodern merupakan bagian dari kebudayaan materi budaya populer.Postmodernisme, konsumerisme dan objek-objek estetik didalam masyarakatkonsumer adalah mata rantai yang tidak bisa dipisahkan. Postmodernismememiliki lima idiom estetik, yaitu pastiche, parodi, kitsch, camp dan skizofrenia.Perancangan ini menggunakan infografis bergerak sebagai media edukasipenyampaian pesan kepada khalayak. Infografis bergerak tentu saja dapatmenghidupkan konten infografis perancangan ini. Umumnya, jika ada suara latarbelakang, orang dapat menikmati narasi yang disajikan dalam satu sajian yangmenarik. Secara umum, infografis ini mempunyai peluang untuk didistribusikanseluas-luasnya secara online; masyarakat populer saat ini adalah masyarakatyang membagikan karya dan respon terbaik mereka di ajang online.Kata kunci: postmodern, postmodernisme, online, pastiche, parodi, kitsch,camp, skizofrenia, budaya populer, infografis, infografisbergerak |
---|