Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukaan Karakter
Pembelajaran Konstruktivisme merupakan suatu konsep pembelajaran yang didasarkan pada filosofis bahwa pengetahuan yang didapatkan dari proses belajar merupakan hasil konstruksi pmbelajar. Artinya bahwa pengetahuan merupakan konstruksi yang dibangun oleh peserta didik dengan didasarkan pada pengetahu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Buku Teks |
Language: | Indonesian |
Published: |
Alfabeta
2015
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40820 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pembelajaran Konstruktivisme merupakan suatu konsep pembelajaran yang didasarkan pada filosofis bahwa pengetahuan yang didapatkan dari proses belajar merupakan hasil konstruksi pmbelajar. Artinya bahwa pengetahuan merupakan konstruksi yang dibangun oleh peserta didik dengan didasarkan pada pengetahuan awal yang dimiliki, dipadukan dengan pengetahuan baru atau pengalaman baru yang dimilikinya. Belajar merupakan proses mengkonstruksi pengetahuan melalui tahapan asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi. Buku ini memberi gambaran tentang perubahan paradigma pembelajaran terkait dengan pandanga pembelajaran berpusat pada guru ke arah pembelajaran berpusat pada siswa, pandangan tentang pembelajaran berbasis buku teks atau materi ke arah pembelajaran ke arah kontekstual atau riset, dan pandangan tentang pembelajaran kognisi ke arah pembelajaran efektif, psikomotor dan konitif. Bagaimana seorang pendidik mengembangkan profesionalismenya menjadi seorang guru? Metode seperti apa yang harus dipahami oleh seorang guru dalam mengimplementasikan pembelajaran konstruktivisme? Penilaian proses belajar seperti apa yang harus dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran kontruktivisme? |
---|