Mitos Nyai Kendhit Sebagai Subjek Drawing
Tema mitos Nyai Kendhit berawal dari renungan atas eksploitasi alam dikawasan Merapi, khususnya di Kabupaten Magelang yang mengakibatkankerusakan lingkungan alam yang seharusnya tidak terjadi jika dilakukan sesuaidengan nilai-nilai kebudayaan. Sikap eksploitatif tersebut tidak lepas darifenomena keh...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40825 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tema mitos Nyai Kendhit berawal dari renungan atas eksploitasi alam dikawasan Merapi, khususnya di Kabupaten Magelang yang mengakibatkankerusakan lingkungan alam yang seharusnya tidak terjadi jika dilakukan sesuaidengan nilai-nilai kebudayaan. Sikap eksploitatif tersebut tidak lepas darifenomena kehidupan era globalisasi yang mengubah pola hidup tidak lagimengacu pada moril, emosi dan kebiasaan atau tradisi, tampak juga padamasyarakat Jawa dimana pandangan lingkungan sosialnya menjadi lebihmengedepankan raisonalitas yaitu berkehendak atas pertimbangan, efisiensi, danmateriil, sehingga memicu persoalan lingkungan sosial dan krisis lingkungan alamyang silih berganti seakan tidak memberikan jeda. Konsep ide dalam penciptaankarya seni yang berjudul Mitos Nyai Kendhit Sebagai Subjek Drawing berpijakpada pesan etika moral dari mitos Nyai Kendhit, dengan tujuan menjadikan pesanetika moral dalam mitos Nyai Kendhit sebagai refleksi, serta menjadi mediasosialisasi nilai budaya kearifan lokal mengenai etika moral hubungan harmonisantara manusia dengan alam khususnya air, ditengah pola kehidupan saat ini yangpenuh ego dan sifat eksploitasi. Oleh sebab itu diharapkan melalui karya yangberjudul Mitos Nyai Kendhit Sebagai Subjek Drawing dapat mendorongtimbulnya kesadaran humanistik dan menghargai lingkungan alam dalammenjalani hidup bahkan saling melengkapi antara nilai-nilai budaya masa laludengan budaya hari ini. |
---|