Manajemen Mutu Pendidikan

Berdasarkan data dari dalam buku ini dijelaskan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masi jauh yang diharapkan. Dalam persepektif makro faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan yaitu faktor kurikulum, kebijakan pendidikan, fasilitas pendidikan, dan aplikasi teknologi informasi dan komukasi, sedangkan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: HADIS, Abdul, NURHAYATI
Format: Buku Teks
Language:Indonesian
Published: Alfabeta 2014
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40835
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Berdasarkan data dari dalam buku ini dijelaskan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masi jauh yang diharapkan. Dalam persepektif makro faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan yaitu faktor kurikulum, kebijakan pendidikan, fasilitas pendidikan, dan aplikasi teknologi informasi dan komukasi, sedangkan dalam perspekti mikro faktor yang mempengaruhi ialah guru yang profesional dan guru yang sejahaterah. Supervisi adalah upaya bantuan kepada guru agar guru pengajaran pada dasarnya mengandung makna praktis. Tujuan supervisi adalah untuk memantau dang mengawasi kinerja para staf sekolah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Dalam upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru di sekolah banyak faktor yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah yaitu selain faktor internal juga faktor eksternal. Urgensi mutu dapat dilihat dalam dua persepektif, yaitu manajemen operasional dan pemasaran. Berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa manajemen mutu sangat berpengaruh terhadap kinerja. Mutu proses belajar mengajar diartikan sebagai mutu dari aktivitas mengajar yang dilakukan oleh guru dan mutu aktivitas belajar yang dilakukan oleh peserta didik. Sedangkan mutu hasil proses belajar mengajar ialah mutu dari aktivitas mengajar yang dilakukan oleh guru dan mutu aktivitas mengajar yang dilakukan oleh peserta didik.