Membidik peluang bisnis musik di Daerah studi kasus Sekolah Musik The Royal of potential music (RPM) Pimpinan Fajar Brian Lasawon di Pacitan

Bidang seni musik sering kali dianggap kurang strategis oleh sekelompok masyarakat untuk dijadikan tumpuan hidup, alasannya sangat klasik yaitu kurang terjaminnya kesejahteraan di hari tua. Berangkat dari kondisi tersebut, maka diadakan sebuah penelitian studi kasus tentang Fajar Brian Lasawon, seor...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HANANGUN, Riva Pugar
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
RPM
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40839
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-40839
record_format oai_dc
spelling isilib-408392019-11-18T15:14:52Z Membidik peluang bisnis musik di Daerah studi kasus Sekolah Musik The Royal of potential music (RPM) Pimpinan Fajar Brian Lasawon di Pacitan HANANGUN, Riva Pugar RPM Fajar Brian Lasawon Strategi Bisnis Musik FSP ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40839 MS/Han/m/2018 Bidang seni musik sering kali dianggap kurang strategis oleh sekelompok masyarakat untuk dijadikan tumpuan hidup, alasannya sangat klasik yaitu kurang terjaminnya kesejahteraan di hari tua. Berangkat dari kondisi tersebut, maka diadakan sebuah penelitian studi kasus tentang Fajar Brian Lasawon, seorang sarjana Jurusan Musik ISI Yogyakarta yang beradaptasi dengan bekal keilmuwan musiknya untuk dapat bersaing di tengah masyarakat Kota Pacitan. Ia mendirikan sebuah usaha bisnis berbetuk lembaga pendidikan non formal di bidang musik bernama The Royal of Optential Music (RPM). Melalui metode penelitian kualitatif wawancara pada Lasawon dan beberapa konsumennya serta observasi langsung di RPM, maka diperoleh data mengenai strategi bagaimana ia menggunakan keilmuan musiknya yang di kemas dalam metode pendidikan musik berbasis pada musik populer serta strategi pemasarannya untuk merekrut para peserta didiknya. Dalam menggunakan ilmu musiknya untuk digunakan dalam pembelajaran di RPM, Lasawon secara inisiatif mengubah aransemen bentuk solo menjadi ansambel dan pembuatan materi musik yang sederhana namun tepat dengan anak - anak sebagai siswanya. Diketahui strategi tersebut ialah ; manajemen human resource untuk mengelola sekolah musiknya, penggunaan media sosial dan banner dalam strategi pemasarannya, model pembelajaran indoor dan outdoor serta latar belakang pendidikan formal musik untuk menambah nilai jual di mata konsumennya. Dengan demikian, RPM memiliki peluang untuk berkembang, sehingga Lasawon dapat meningkatkan taraf hidupnya dan mampu bertahan di tengah masyarakat KOta Pacitan. Yogyakarta xiv, 171 hal.: ilus., lamp., 30 cm S1/MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic RPM
Fajar Brian Lasawon
Strategi
Bisnis
Musik
S1/MS
spellingShingle RPM
Fajar Brian Lasawon
Strategi
Bisnis
Musik
S1/MS
HANANGUN, Riva Pugar
Membidik peluang bisnis musik di Daerah studi kasus Sekolah Musik The Royal of potential music (RPM) Pimpinan Fajar Brian Lasawon di Pacitan
description Bidang seni musik sering kali dianggap kurang strategis oleh sekelompok masyarakat untuk dijadikan tumpuan hidup, alasannya sangat klasik yaitu kurang terjaminnya kesejahteraan di hari tua. Berangkat dari kondisi tersebut, maka diadakan sebuah penelitian studi kasus tentang Fajar Brian Lasawon, seorang sarjana Jurusan Musik ISI Yogyakarta yang beradaptasi dengan bekal keilmuwan musiknya untuk dapat bersaing di tengah masyarakat Kota Pacitan. Ia mendirikan sebuah usaha bisnis berbetuk lembaga pendidikan non formal di bidang musik bernama The Royal of Optential Music (RPM). Melalui metode penelitian kualitatif wawancara pada Lasawon dan beberapa konsumennya serta observasi langsung di RPM, maka diperoleh data mengenai strategi bagaimana ia menggunakan keilmuan musiknya yang di kemas dalam metode pendidikan musik berbasis pada musik populer serta strategi pemasarannya untuk merekrut para peserta didiknya. Dalam menggunakan ilmu musiknya untuk digunakan dalam pembelajaran di RPM, Lasawon secara inisiatif mengubah aransemen bentuk solo menjadi ansambel dan pembuatan materi musik yang sederhana namun tepat dengan anak - anak sebagai siswanya. Diketahui strategi tersebut ialah ; manajemen human resource untuk mengelola sekolah musiknya, penggunaan media sosial dan banner dalam strategi pemasarannya, model pembelajaran indoor dan outdoor serta latar belakang pendidikan formal musik untuk menambah nilai jual di mata konsumennya. Dengan demikian, RPM memiliki peluang untuk berkembang, sehingga Lasawon dapat meningkatkan taraf hidupnya dan mampu bertahan di tengah masyarakat KOta Pacitan.
format Tugas Akhir
author HANANGUN, Riva Pugar
author_facet HANANGUN, Riva Pugar
author_sort HANANGUN, Riva Pugar
title Membidik peluang bisnis musik di Daerah studi kasus Sekolah Musik The Royal of potential music (RPM) Pimpinan Fajar Brian Lasawon di Pacitan
title_short Membidik peluang bisnis musik di Daerah studi kasus Sekolah Musik The Royal of potential music (RPM) Pimpinan Fajar Brian Lasawon di Pacitan
title_full Membidik peluang bisnis musik di Daerah studi kasus Sekolah Musik The Royal of potential music (RPM) Pimpinan Fajar Brian Lasawon di Pacitan
title_fullStr Membidik peluang bisnis musik di Daerah studi kasus Sekolah Musik The Royal of potential music (RPM) Pimpinan Fajar Brian Lasawon di Pacitan
title_full_unstemmed Membidik peluang bisnis musik di Daerah studi kasus Sekolah Musik The Royal of potential music (RPM) Pimpinan Fajar Brian Lasawon di Pacitan
title_sort membidik peluang bisnis musik di daerah studi kasus sekolah musik the royal of potential music (rpm) pimpinan fajar brian lasawon di pacitan
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40839
_version_ 1741201355969658880