Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tito Sebagai Materi Pembelajaran Siswa SMP

Salah satu dampak globalisasi yang terjadi di wilayah Surabaya adalah hilangnya lahan bermain untuk anak-anak karena banyak dibangun gedung tinggi dan perumahan, disamping kurangnya minat generasi muda untuk melestarikan kesenian Ludruk. Fenomena inilah yang melatar belakangi terciptanya drama “Tito...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AZIZAH, Nuril
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: Jur. Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41521
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Salah satu dampak globalisasi yang terjadi di wilayah Surabaya adalah hilangnya lahan bermain untuk anak-anak karena banyak dibangun gedung tinggi dan perumahan, disamping kurangnya minat generasi muda untuk melestarikan kesenian Ludruk. Fenomena inilah yang melatar belakangi terciptanya drama “Tito”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan nilai pendikan karakter yang terkandung dalam drama “Tito”. Penelitian ini Menggunakan metode penelitian kualitatif yang diperoleh melalui teknik dan instrumen pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Teknik validasi dan reliabilitas menggunakan triangulasi sumber, teknik, bahan refrensi. Indikator capaiannya memperoleh data nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam drama “Tito”. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian tentang penciptaan kreatif, struktur, tekstur drama “Tito”. Adapun pembahasan penelitian ini adalah tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam drama “Tito”. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut yaitu nilai jujur, disiplin, kreatif, bersahabat, cinta lingkungan. Ditarik kesimpulan bahwa drama “Tito” sebagai materi pembelajaran seni budaya yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter untuk menanamkan karakter yang baik pada siswa setingkat SMP.