Eksploitasi Penerapan Ornamentasi Untuk Gitar Klasik Transkripsi Violin Sonata No. 1 BWV 1001 Karya J.S Bach
Ornamen merupakan aspek penting pada karya musik Periode Barok. Pada periode Barok, ornamen yang tidak sepenuhnya tertulis pada partitur membuka kesempatan bagi penyaji musik untuk dapat memproduksi ornamen. Melalui hal ini, pilihan ornamen menjadi luas dan mempunyai banyak kemungkinan. Hal tersebut...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Partitur/Praktek Musik |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jur. Musik FSP ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41544 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-41544 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-415442020-02-27T11:23:37Z Eksploitasi Penerapan Ornamentasi Untuk Gitar Klasik Transkripsi Violin Sonata No. 1 BWV 1001 Karya J.S Bach WARDHANA, Panggiring Yohan ornamentasi non chord tones single string Eksplorasi Jur. Musik FSP ISI Yogyakarta 2019 id Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41544 MS/War/e/2019 Ornamen merupakan aspek penting pada karya musik Periode Barok. Pada periode Barok, ornamen yang tidak sepenuhnya tertulis pada partitur membuka kesempatan bagi penyaji musik untuk dapat memproduksi ornamen. Melalui hal ini, pilihan ornamen menjadi luas dan mempunyai banyak kemungkinan. Hal tersebut kontradiktif di lingkungan sekitar penulis yang masih banyak ditemukan gagasan mengenai ornamen tertulis dan hanya berputar-putar di wilayah jenis ornamen bukan cara memproduksi ornamen sendiri lewat teori-teori yang ada. Karena itu, penulis berupaya untuk memperoleh pemahaman mengenai ornamen melalui media gitar klasik lewat repertoar transkripsi Violin Sonata no.1 BWV 1001. Para akademisi seperti Frederick Neumann dan Robert Donnington telah banyak menyinggung ornamen. Oleh karena itu dengan aspek-aspek yang telah diulas secara mendalam lewat studi oleh Frederick Neumann dan Robert Donnington, Penerapan ornamentasi yang berpegang kepada aspek harmoni seperti akord, melodi , non chord tones serta alternatif tehnnik double string pada gitar klasik, memungkinkan terjadinya perluasan ornamentasi yang ada pada notasi tertulis. Dari hasil analisis motif dan eksplorasi teknik, penulis menemukan kemungkinan ornamentasi di gitar klasik baik dengan teknik double string atau single string.Kata kunci: ornamentasi, eksplorasi, non chord tones, single string, double string.. Yogyakarta xi+35 hal.; 21cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
ornamentasi non chord tones single string Eksplorasi NONE |
spellingShingle |
ornamentasi non chord tones single string Eksplorasi NONE WARDHANA, Panggiring Yohan Eksploitasi Penerapan Ornamentasi Untuk Gitar Klasik Transkripsi Violin Sonata No. 1 BWV 1001 Karya J.S Bach |
description |
Ornamen merupakan aspek penting pada karya musik Periode Barok. Pada periode Barok, ornamen yang tidak sepenuhnya tertulis pada partitur membuka kesempatan bagi penyaji musik untuk dapat memproduksi ornamen. Melalui hal ini, pilihan ornamen menjadi luas dan mempunyai banyak kemungkinan. Hal tersebut kontradiktif di lingkungan sekitar penulis yang masih banyak ditemukan gagasan mengenai ornamen tertulis dan hanya berputar-putar di wilayah jenis ornamen bukan cara memproduksi ornamen sendiri lewat teori-teori yang ada. Karena itu, penulis berupaya untuk memperoleh pemahaman mengenai ornamen melalui media gitar klasik lewat repertoar transkripsi Violin Sonata no.1 BWV 1001. Para akademisi seperti Frederick Neumann dan Robert Donnington telah banyak menyinggung ornamen. Oleh karena itu dengan aspek-aspek yang telah diulas secara mendalam lewat studi oleh Frederick Neumann dan Robert Donnington, Penerapan ornamentasi yang berpegang kepada aspek harmoni seperti akord, melodi , non chord tones serta alternatif tehnnik double string pada gitar klasik, memungkinkan terjadinya perluasan ornamentasi yang ada pada notasi tertulis. Dari hasil analisis motif dan eksplorasi teknik, penulis menemukan kemungkinan ornamentasi di gitar klasik baik dengan teknik double string atau single string.Kata kunci: ornamentasi, eksplorasi, non chord tones, single string, double string.. |
format |
Partitur/Praktek Musik |
author |
WARDHANA, Panggiring Yohan |
author_facet |
WARDHANA, Panggiring Yohan |
author_sort |
WARDHANA, Panggiring Yohan |
title |
Eksploitasi Penerapan Ornamentasi Untuk Gitar Klasik Transkripsi Violin Sonata No. 1 BWV 1001 Karya J.S Bach |
title_short |
Eksploitasi Penerapan Ornamentasi Untuk Gitar Klasik Transkripsi Violin Sonata No. 1 BWV 1001 Karya J.S Bach |
title_full |
Eksploitasi Penerapan Ornamentasi Untuk Gitar Klasik Transkripsi Violin Sonata No. 1 BWV 1001 Karya J.S Bach |
title_fullStr |
Eksploitasi Penerapan Ornamentasi Untuk Gitar Klasik Transkripsi Violin Sonata No. 1 BWV 1001 Karya J.S Bach |
title_full_unstemmed |
Eksploitasi Penerapan Ornamentasi Untuk Gitar Klasik Transkripsi Violin Sonata No. 1 BWV 1001 Karya J.S Bach |
title_sort |
eksploitasi penerapan ornamentasi untuk gitar klasik transkripsi violin sonata no. 1 bwv 1001 karya j.s bach |
publisher |
Jur. Musik FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41544 |
_version_ |
1741201485219233792 |