Analisis Improvisasi “Straight No Chaser” Karya Thelonious Monk (Sebuah Studi Menemukan Orisinalitas Bermusik)
Tujuan dari karya tulis ini adalah membahas cara improvisasi yang dilakukan Monk dalam menimbulkan kekhasan bermusik. Cara analisis menggunakan teori klasifikasi set-class. Berdasar hasil analisis, Monk memiliki perbedaan mencolok dibanding rekan musisi lain pada masanya melalui caranya memainkan pi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41673 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-41673 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-416732020-03-17T11:31:36Z Analisis Improvisasi “Straight No Chaser” Karya Thelonious Monk (Sebuah Studi Menemukan Orisinalitas Bermusik) PRATAMA, Valerianus Chandra Bima kebaruan Thelonious Monk Improvisasi FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41673 MS/Pra/a/2019 Tujuan dari karya tulis ini adalah membahas cara improvisasi yang dilakukan Monk dalam menimbulkan kekhasan bermusik. Cara analisis menggunakan teori klasifikasi set-class. Berdasar hasil analisis, Monk memiliki perbedaan mencolok dibanding rekan musisi lain pada masanya melalui caranya memainkan piano yang justru menghindari legato. Selain itu, cara Monk menciptakan kebaruan yaitu dengan penghindaran penggunaan harmoni secara fungsional yang umumnya sebagai iringan saja. Monk justru menggunakan harmoni ke dalam melodi lewat teknik superimposed dan garis melodi dengan dominasi interval sekonde di dalamnya. Yogyakarta x+70 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
kebaruan Thelonious Monk Improvisasi NONE |
spellingShingle |
kebaruan Thelonious Monk Improvisasi NONE PRATAMA, Valerianus Chandra Bima Analisis Improvisasi “Straight No Chaser” Karya Thelonious Monk (Sebuah Studi Menemukan Orisinalitas Bermusik) |
description |
Tujuan dari karya tulis ini adalah membahas cara improvisasi yang dilakukan Monk dalam menimbulkan kekhasan bermusik. Cara analisis menggunakan teori klasifikasi set-class. Berdasar hasil analisis, Monk memiliki perbedaan mencolok dibanding rekan musisi lain pada masanya melalui caranya memainkan piano yang justru menghindari legato. Selain itu, cara Monk menciptakan kebaruan yaitu dengan penghindaran penggunaan harmoni secara fungsional yang umumnya sebagai iringan saja. Monk justru menggunakan harmoni ke dalam melodi lewat teknik superimposed dan garis melodi dengan dominasi interval sekonde di dalamnya. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PRATAMA, Valerianus Chandra Bima |
author_facet |
PRATAMA, Valerianus Chandra Bima |
author_sort |
PRATAMA, Valerianus Chandra Bima |
title |
Analisis Improvisasi “Straight No Chaser” Karya Thelonious Monk (Sebuah Studi Menemukan Orisinalitas Bermusik) |
title_short |
Analisis Improvisasi “Straight No Chaser” Karya Thelonious Monk (Sebuah Studi Menemukan Orisinalitas Bermusik) |
title_full |
Analisis Improvisasi “Straight No Chaser” Karya Thelonious Monk (Sebuah Studi Menemukan Orisinalitas Bermusik) |
title_fullStr |
Analisis Improvisasi “Straight No Chaser” Karya Thelonious Monk (Sebuah Studi Menemukan Orisinalitas Bermusik) |
title_full_unstemmed |
Analisis Improvisasi “Straight No Chaser” Karya Thelonious Monk (Sebuah Studi Menemukan Orisinalitas Bermusik) |
title_sort |
analisis improvisasi “straight no chaser” karya thelonious monk (sebuah studi menemukan orisinalitas bermusik) |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41673 |
_version_ |
1741201509496913920 |