Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa

Sekitar 110 pasang Elang Jawa berkurang dalam kurun waktu lima tahun mulai 2004 hingga tahun 2010. Hal ini menjelaskan bahwa sekitar 22 pasang ElangJawa berkurang setiap tahunnya, yang disebabkan adanyaperburuan liar,eksploitasi hutan,serta konversi lahan.Permasalahan inimenyebabkan gangguan kelesta...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LAKSONO, Guntur
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: Jur Desain Komunikasi isual FSR ISI ogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41719
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Sekitar 110 pasang Elang Jawa berkurang dalam kurun waktu lima tahun mulai 2004 hingga tahun 2010. Hal ini menjelaskan bahwa sekitar 22 pasang ElangJawa berkurang setiap tahunnya, yang disebabkan adanyaperburuan liar,eksploitasi hutan,serta konversi lahan.Permasalahan inimenyebabkan gangguan kelestarian satwa Elang Jawa yang pada akhirnya mengakibatkan kelangkaan. Berdasarkan hal tersebut, tindakan kampanye untuk membangun kepedulian perlu dilakukan. Karya Tugas Akhir Motion Graphicdengan judul “Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa” bertujuan untuk membantu peran pemerintah dalam mencegahpopulasisatwa langka Elang Jawa dari kepunahan,serta memberikan informasi, edukasi, dan ajakan kepadatarget audiens untuk ikutmensukseskan kampanye ini. Metodepengumpulan data bersumber dari wawancara, literatur, jurnal, dan artikel online. Analisis data menggunakan pendekatan 5W+1H untuk menentukan tujuan perancangan target audiens, dan metode pemecahan masalah. Dalam perancangan Motion Graphicini menerapkan gaya Flat Designsebagai gaya Motion Graphicsekaligus gaya ilustrasi, tipografi, storyboarddan layout. Serta menentukan warna yang di aplikasikan di setiap media. Media promosi yang digunakan meliputi media-media Desain Komunikasi Visual yang berkaitan dengan kampanye, seperti kaos, poster, pin, sticker,hingga web banner. Tahapanstoryboarddikerjakan melalui tahapan sketsa penjaringan ide berdasarkan referensi data visual yang didapatkan, yang kemudian diolah secara digital.