Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa

Sekitar 110 pasang Elang Jawa berkurang dalam kurun waktu lima tahun mulai 2004 hingga tahun 2010. Hal ini menjelaskan bahwa sekitar 22 pasang ElangJawa berkurang setiap tahunnya, yang disebabkan adanyaperburuan liar,eksploitasi hutan,serta konversi lahan.Permasalahan inimenyebabkan gangguan kelesta...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LAKSONO, Guntur
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: Jur Desain Komunikasi isual FSR ISI ogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41719
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-41719
record_format oai_dc
spelling isilib-417192020-03-30T11:18:30Z Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa LAKSONO, Guntur Elang Jawa motiongraphic Kampanye sosial Jur Desain Komunikasi isual FSR ISI ogyakarta 2019 id Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41719 DK/Lak/p/2019 Sekitar 110 pasang Elang Jawa berkurang dalam kurun waktu lima tahun mulai 2004 hingga tahun 2010. Hal ini menjelaskan bahwa sekitar 22 pasang ElangJawa berkurang setiap tahunnya, yang disebabkan adanyaperburuan liar,eksploitasi hutan,serta konversi lahan.Permasalahan inimenyebabkan gangguan kelestarian satwa Elang Jawa yang pada akhirnya mengakibatkan kelangkaan. Berdasarkan hal tersebut, tindakan kampanye untuk membangun kepedulian perlu dilakukan. Karya Tugas Akhir Motion Graphicdengan judul “Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa” bertujuan untuk membantu peran pemerintah dalam mencegahpopulasisatwa langka Elang Jawa dari kepunahan,serta memberikan informasi, edukasi, dan ajakan kepadatarget audiens untuk ikutmensukseskan kampanye ini. Metodepengumpulan data bersumber dari wawancara, literatur, jurnal, dan artikel online. Analisis data menggunakan pendekatan 5W+1H untuk menentukan tujuan perancangan target audiens, dan metode pemecahan masalah. Dalam perancangan Motion Graphicini menerapkan gaya Flat Designsebagai gaya Motion Graphicsekaligus gaya ilustrasi, tipografi, storyboarddan layout. Serta menentukan warna yang di aplikasikan di setiap media. Media promosi yang digunakan meliputi media-media Desain Komunikasi Visual yang berkaitan dengan kampanye, seperti kaos, poster, pin, sticker,hingga web banner. Tahapanstoryboarddikerjakan melalui tahapan sketsa penjaringan ide berdasarkan referensi data visual yang didapatkan, yang kemudian diolah secara digital. Yogyakarta xvii+124hal., ilus., lamp.; 21cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Elang Jawa
motiongraphic
Kampanye sosial
NONE
spellingShingle Elang Jawa
motiongraphic
Kampanye sosial
NONE
LAKSONO, Guntur
Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa
description Sekitar 110 pasang Elang Jawa berkurang dalam kurun waktu lima tahun mulai 2004 hingga tahun 2010. Hal ini menjelaskan bahwa sekitar 22 pasang ElangJawa berkurang setiap tahunnya, yang disebabkan adanyaperburuan liar,eksploitasi hutan,serta konversi lahan.Permasalahan inimenyebabkan gangguan kelestarian satwa Elang Jawa yang pada akhirnya mengakibatkan kelangkaan. Berdasarkan hal tersebut, tindakan kampanye untuk membangun kepedulian perlu dilakukan. Karya Tugas Akhir Motion Graphicdengan judul “Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa” bertujuan untuk membantu peran pemerintah dalam mencegahpopulasisatwa langka Elang Jawa dari kepunahan,serta memberikan informasi, edukasi, dan ajakan kepadatarget audiens untuk ikutmensukseskan kampanye ini. Metodepengumpulan data bersumber dari wawancara, literatur, jurnal, dan artikel online. Analisis data menggunakan pendekatan 5W+1H untuk menentukan tujuan perancangan target audiens, dan metode pemecahan masalah. Dalam perancangan Motion Graphicini menerapkan gaya Flat Designsebagai gaya Motion Graphicsekaligus gaya ilustrasi, tipografi, storyboarddan layout. Serta menentukan warna yang di aplikasikan di setiap media. Media promosi yang digunakan meliputi media-media Desain Komunikasi Visual yang berkaitan dengan kampanye, seperti kaos, poster, pin, sticker,hingga web banner. Tahapanstoryboarddikerjakan melalui tahapan sketsa penjaringan ide berdasarkan referensi data visual yang didapatkan, yang kemudian diolah secara digital.
format Partitur/Praktek Musik
author LAKSONO, Guntur
author_facet LAKSONO, Guntur
author_sort LAKSONO, Guntur
title Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa
title_short Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa
title_full Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa
title_fullStr Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa
title_full_unstemmed Perancangan Motion Graphic Kampanye Perlindungan Satwa Langka Elang Jawa
title_sort perancangan motion graphic kampanye perlindungan satwa langka elang jawa
publisher Jur Desain Komunikasi isual FSR ISI ogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41719
_version_ 1741201518082654208