Pembelajaran Paduan Suara Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 2 Sewon
Penggunaan media belajar jarang diterapkan dalam proses pembelajaran sementara fasilitas tersedia dan memadai. Berdasarkan hal tersebut maka dipandang perlu adanya pendayagunaan alat teknologi sebagai media ajar untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakur...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41736 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penggunaan media belajar jarang diterapkan dalam proses pembelajaran sementara fasilitas tersedia dan memadai. Berdasarkan hal tersebut maka dipandang perlu adanya pendayagunaan alat teknologi sebagai media ajar untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuer di SMP Negeri 2 Sewon. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sewon. Proses pembelajaran paduan suara adalah objek dalam penelitian ini, sedangkan subjek penelitiannya adalah peserta paduan suara SMP Negeri 2 Sewon dan guru Seni Budayanya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisa deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan datanya meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumen, sedangkan validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran paduan suara dengan metode ceramah, demonstrasi, dan imitasi, materi (Padamu Pahlawan dan Cikcik Periook), dan media audiovisualcukup memberikan pengaruh terhadap efektvitas pembelajaran tersebut. Selain sebagai variasi dalam kegiatan pembelajaran, juga membantu peran guru sebagai penyampai materi ajar dan dapat menuntut siswa lebih aktif dalam pembelajaran paduan suara |
---|